Cara Memasak Ini Bisa Bikin Makanan Jadi `Racun` Buat Tubuh

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 8 Januari 2020 06:12
Cara Memasak Ini Bisa Bikin Makanan Jadi `Racun` Buat Tubuh
Ada beberapa cara memasak yang sebenarnya tak terlalu sehat.

Dream - Makanan sehat kini jadi pilihan banyak orang. Kesadaran untuk menjaga kesehatan semakin tinggi.

Penting diketahui, dalam memilih makanan sehat bukan hanya beradarkan bahan-bahannya saja, tapi juga cara pengolahannya.

Ada beberapa cara memasak yang sebenarnya tak terlalu sehat, tapi seringkali tak disadari. Memang, rasa makanan jadi lebih nikmat dengan cara memasak ini.

Demi mewujudkan gaya hidup lebih sehat, sebaiknya pelan-pelan dikurangi. Apa saja cara masak yang sebaiknya dikurangi? Yuk, cari tahu Sahabat Dream.

 

1 dari 6 halaman

Membakar hingga hitam

Daging mentah dan kurang matang berisiko bagi kesehatan, tetapi daging matang juga bisa beracun. Memasak makanan pada suhu yang sangat tinggi, bisa membuat daging hangus hingga kehitaman.

Penelitian menunjukkan, cara memasak dengan membakar memproduksi zat kimia dan yang mungkin terkait dengan kanker. Amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) adalah dua bahan kimia yang terbentuk ketika daging dimasak dengan metode suhu tinggi. Seperti memanggang atau menggoreng wajan.

Zat kimia ini dapat menyebabkan perubahan pada DNA yang dapat meningkatkan risiko kanker. HCA terbentuk ketika asam amino dan kreatin (zat yang ditemukan dalam daging dan otot) bereaksi terhadap suhu tinggi.

 

 

2 dari 6 halaman

Deep Fried

Deep Fried merupakan teknik memasakan dengan banyak minyak dan super panas. Biasanya untuk menggoreng kentang dan ayam tepung yang garing. Bahaya memasak ini bukan hanya tentang tambahan kalori yang digoreng untuk makanan.

Cara masak ini juga bisa memicu munculnya zat kimia berbahaya. Zat kimia ini terbentuk ketika makanan diolah dengan digoreng dalam minyak yang panas dan banyak.

Zat tersebut adalah acrylamie. Menurut American Cancer Society, acrylamide muncul karena pengolahan makanan dengan digoreng.

 

3 dari 6 halaman

Memanaskan Minyak yang Salah

Minyak zaitun extra-virgin adalah bahan penting untuk mengolah makanan sehat pokok dapur utama. Pemanasan minyak zaitun tidak membuatnya beracun, tetapi itu tidak berlaku untuk minyak biasa lainnya.

Minyak yang tinggi lemak tak jenuh ganda (seperti minyak jagung, bunga matahari, dan minyak kedelai) cenderung rusak dan menghasilkan senyawa yang berpotensi berbahaya pada panas tinggi.

 Minyak ZaitunMinyak Zaitun © Shutterstock

Senyawa ini termasuk peroksida lipid, yang dapat menghancurkan sel-sel sehat, dan akrolein dan aldehida, yang telah terbukti meningkatkan risiko beberapa kanker.

Efek toksik ini adalah akibat dari penguraian dan pengoksidasi minyak selama suhu tinggi, seperti saat menggoreng atau menumis. Minyak zaitun justru lebih stabil pada suhu tinggi. Jadi, pastikan mengolah minyak yang digunakan dengan tepat.

Sumber: Martha Stewart

4 dari 6 halaman

Hindari 4 Kesalahan Saat Masak Pakai Microwave

Dram - Microwave merupakan pilihan alat masak bagi mereka yang sangat suka kepraktisan. Biasanya jadi pilihan tepat untuk di apartemen, di kantor atau di rumah yang terlalu sering mengolah makanan dengan resep rumit.

 © Dream

Tak ada asap, menjadikan microwave alat masak yang kerap diandalkan jika ingin rumah bebas residu udara. Penggunaan dengan tepat sangat penting agar microwave tahan lama dan keamanan makanan terjaga.

Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mengolah makanan dengan microwave. Sahabat Dream wajib tahu.

 

5 dari 6 halaman

Makanan tidak ditutup

Penutup tidak hanya mencegah makanan menyiprat dan mengotori microwave, tapi juga membuat level kematangan di tiap sisi merata. Untuk itu sebelum mengolah makanan di microwave tutup dengan rapat.

 Resep Ayam Bakar SederhanaResep Ayam Bakar Sederhana © Pixabay

Cari tutup yang pas untuk suhu microwave, bukan penutup plastik. Penutup juga akan membuat uap tetap masuk dan membantu proses pemasakan dengan semburan panas yang stabil.

Gunakan penutup dengan bahan yang tidak tepat

Selalu cari wadah dan penutup yang memang bisa digunakan dalam microwave. Hindari yang berbahan plastik. Jika menggunakan wadah keramik atau kaca, pastikan cukup kuat menahan panas microwave.

 Letak Microwave Terbaik Agar Terlihat Apik dan AmanLetak Microwave Terbaik Agar Terlihat Apik dan Aman © © MEN

Hindari memasukkan material plastik dan kantong kertas dalam microwave, karena keduanya mungkin memiliki bahan kimia yang tidak aman yang dapat dilepaskan ke dalam saat diolah dalam microwave.

 

6 dari 6 halaman

Tidak memindahkan makanan ke wadah lain

Untuk kepraktisan, biasanya kita langsung mengonsumsi makanan langsung dari wadah setelah makanan dikeluarkan dari microwave. Akan lebih sehat jika makanan dipindah dulu ke wadah lain.

 MicrowaveMicrowave © © MEN

Pasalnya gelombang mikro di microwave memanaskan segalanya, bukan hanya makanan. Sebaiknya pindahkan makanan ke wadah lain yang bukan dari microwave.

Makanan langsung dimakan setelah keluar dari microwave

Untuk hasil terbaik dan dan teraman diamkan dulu sebentar makanan setelah diolah di microwave. Jangan langsung memakannya. Biarkan uapnya keluar dan menciptakan tekstur serta rasa yang optimal.

Sumber: Eat This

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna