Cara Simpel Bikin Pempek Dos Tanpa Ikan

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 4 Januari 2022 06:12
Cara Simpel Bikin Pempek Dos Tanpa Ikan
Segera bikin sendiri di rumah.

Dream - Pempek merupakan hidangan khas Palembang yang disukai banyak orang. Rasanya sangat gurih, merupakan campuran ikan dan terigu yang disiram dengan kuah asam pedas atau cuko.

Ikan memang merupakan bahan utama untuk membuat pempek, tapi bisa juga membuat pempek versi tanpa ikan, yaitu pempek dos. Harganya memang jauh lebih murah, dan cara membuatnya juga cukup simpel.

Ingin membuatnya? Sahabat Dream bisa mengikuti resep dari Instagram @sibungbung, yang kerap membagikan cara-cara simpel membuat camilan lezat. Pertama, ia mencampur tepung terigu, tepung beras, ebi, garam, sedikit gula dan bubuk kaldu.

Adonan pempek dos© Instagram @sibungbung

Aduk rata campuran tersebut. Lalu masak air hingga mendidih, setelah itu siram ke campuran tepung. Aduk rata kembali, setelah rata masukkan satu butir telur dan uleni.

 

1 dari 2 halaman

Biarkan agak dingin, tambahkan tepung sagu. Uleni adonan pakai tangan, sampai halus. Bentuk adonan dan rebus di air mendidih. Setelah matang, tiriskan, diamkan lalu goreng.

Untuk membuat kuahnya campurkan air dengan gula merah, asam jawa, dan garam. Haluskan rawit hijau dan bawang putih, tambahkan sedikit air gula merah. Untuk lebih jelas, berikut videonya.

2 dari 2 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Beri Komentar