Cilok Legit dan Matang hingga ke Dalam, Ini Resepnya

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 12 Januari 2020 06:02
Cilok Legit dan Matang hingga ke Dalam, Ini Resepnya
Perpaduan rasa asin, gurih, dan pedas membuat lidah sulit menolak.

Dream - Cuaca dingin seperti sekarang membuat kita jadi ingin makan lebih banyak. Nah, menu yang pas jadi camilan saat dingin adalah cilok, yang merupakan jajanan khas Bandung.

Perpaduan rasa asin, gurih, dan pedas membuat lidah sulit menolak. Sahabat Dream bisa membuatnya sendiri di rumah, apalagi kini banyak yang menjual bahan cilok praktis.

Ada trik penting agar cilok tidak keras, legit serta matang hingga ke dalam. Pastikan kamu melakukan empat hal berikut, saat mengolahnya.

 

1 dari 4 halaman

Perbandingan bahan yang pas

 Bikin Cilok Ala Rumahan, Enak & Murah MeriahBikin Cilok Ala Rumahan, Enak & Murah Meriah © © MEN

Saat mencampurkan bahan, pastikan perbandingan bahan antara tepung terigu dan tapioka. Jika ingin cilok yang kenyal, gunakan perbandingan 1:1, bila ingin lebih empuk, kurangi tapioka dan tambah terigunya.

 

2 dari 4 halaman

Gunakan air panas

Cara ini tak boleh diabaikan, setelah mencampurkan bahan, campurkan bahan dengan menuang air panas. Air panas membuat adonan menjadi setengah matang sehingga akan membuat cilok matang sempurna ketika direbus atau dikukus. Air panas juga memudahkan adonan dibentuk.

 

3 dari 4 halaman

Jangan terlalu besar

 CilokCilok © Shutterstock

Kesalahan yang sering dilakukan orang adalah membuat bulatan cilok yang terlalu besar. Buat cilok yang kecil-kecil saja agar mudah matang dan matangnya hingga ke dalam sehingga tak perlu khawatir tidak matang bagian dalamnya.

 

4 dari 4 halaman

Beri isian

Jika ingin membuat cilok yang agak besar, sebaiknya beri isian sehingga tidak murni bahan cilok. Bisa gunakan isian telur puyuh, daging, sosis bahkan keju. Mengisi cilok dengan isian akan membuat cilok ukuran besar pun tetap matang hingga ke dalam.

Laporan Febi Anindya/ Sumber: Fimela

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis