Jangan Cemas Kolesterol Naik, Ini Trik Memasak Kentang Balado untuk Menu Lebaran

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 10 Mei 2021 19:45
Jangan Cemas Kolesterol Naik, Ini Trik Memasak Kentang Balado untuk Menu Lebaran
Menu satu ini memang cocok disantap bareng ketupat dan opor ayam.

Dream - Lebaran menjadi momentum bagi umat Islam untuk saling berkunjung dan maaf-memaafkan. Aktivitas ini kurang afdhol rasanya tanpa suguhan makanan khas Hari Raya Idul Fitri.

Di Indonesia, makanan lebaran identik dengan aneka kue kering, ketupat, dan opor ayam. Makanan lain yang bisa digabungkan dengan menu ini adalah kentang balado.

Rasanya yang pedas dan gurih, nikmat dimakan bersama dengan ketupat. Sayangnya, makan terlalu banyak kentang balado bisa menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah.

Untuk mengurangi risikonya, lakukan beberapa tips berikut.

 

1 dari 2 halaman

Pilih minyak goreng

Sebelum dijadikan balado, kentang dikupas kemudian dipotong-potong sesuai selera. Potongan kentang ini kemudian digoreng hingga lunak dan gunakan minyak goreng baru agar hasilnya sedap.

Jangan menggunakan minyak goreng bekas. Segera ganti minyak bila telah menghitam.

Pilih minyak yang lebih sehat seperti minyak kelapa atau minyk zaitun. Minyak kelapa mengandung vitamin D dan vitamin E. Sedangkan minyak zaitun memiliki antioksidan polifenol yang baik untuk jantung.

Kentang Balado© Dream.co.id

Ganti jeroan

Kentang balado biasanya dicampur dengan hati ampel sapi saat membuatnya. Rasanya memang lebih enak tapi ternyata meningkatkan kadar lemak jenuh dan kolesterol darah.

Lebih baik mengganti jeroan dengan produk lainnya. Misalnya daging yang telah disuwir-suwir atau telur puyuh. Untuk vegetarian, ganti saja jeroan dengan tempe atau kacang polong saat memasak kentang balado.

 

© Dream
2 dari 2 halaman

Kurangi penggunaan santan

Santan mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Terlalu banyak mengonsumsinya justru tak baik untuk kesehatan. Padahal, masakan khas Idul Fitri seperti opor ayam atau kentang balado biasanya menggunakan santan.

Saat memasak kentang balado, minimalkan penggunaan santan. Kamu bisa menggantinya dengan susu rendah lemak untuk memberikan rasa gurih da creamy yang mirip dengan santan.

Kentang Balado, Kuliner Lokal untuk Menu Hari Raya Lebaran© MEN

Kurangi porsi nasi

Kentang sudah mengandung karbohidrat yang lebih baik dbandingkan nasi. Jadi daripada mengonsumsi dua karbohidrat secara bersamaan, sebaiknya mengurangi nasi saat menyantap kentang balado.

Seimbangkan dengan sayuran dan buah-buahan

Serat yang cukup dapat membuat perut kita lebih cepat kenyang. Alhasil, konsumsi makanan berat jadi dikurangi dan mencegah produksi kolesterol berlebih.

Serat bisa kita temukan di berbagai macam buah dan sayuran. Meski kentang memiliki serat yang lebih baik daripada nasi, kandungannya tetap kalah bila dibandingkan sayuran dan buah-buahan. Jadi, selalu awali menyantap kentang balado dengan makanan kaya serat.

Beri Komentar