Kunci Menggoreng Dada Ayam Nikmat, Bebas Alot

Reporter :
Minggu, 25 Agustus 2019 06:03
Kunci Menggoreng Dada Ayam Nikmat, Bebas Alot
Jangan sampai mengolahnya dengan keliru.

Dream - Dada ayam selalu jadi menu andalan untuk mereka yang ingin berdiet dan menerapkan hidup sehat. Tanpa kulit, kandungan proteinnya sangat tinggi dan membuat kenyang lebih lama.

Bagian daging yang tak memiliki tulang ini pun bisa diolah dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan digoreng. Tapi kalau cara menggorengnya keliru, daging akan terasa alot.

Supaya dada ayam tidak alot saat digoreng, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Sahabat Dream pun tak perlu bingung lagi saat mengolahnya.

1 dari 5 halaman

1. Tak Perlu Direbus Dulu

Jika olahan ayam goreng yang akan kita buat tidak menggunakan banyak bumbu yang kuat, maka daging dada ayam tak perlu direbus dulu. Dada ayam bisa langsung digoreng untuk mempertahankan tekstur juicy yang kaya rasa.

 Kunci Membuat Olahan Dada Ayam dengan Rasa Nikmat

Tentu saja daging harus dicuci terlebih dahulu. Bisa dimarinasi terlebih dahulu dengan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk menghilangkan bau amisnya.

2 dari 5 halaman

2. Kulitnya Tak Perlu Dilepas

 Dada ayam

Bagian kulitnya tak perlu dilepas. Dada ayam dengan kulit yang masih menempel bisa langsung digoreng. Dengan cara ini, kelembapan daging bisa terjaga dan meningkatkan rasa gurih alaminya. Jika memang tak suka dengan kulit ayam, setelah digoreng kulit ayam bisa langsung dilepas saja.

3 dari 5 halaman

3. Digoreng Sekitar 10 Menit Saja

 Dada ayam

Dada ayam tak butuh waktu terlalu lama untuk digoreng atau dipanggang. Untuk mendapatkan tekstur yang empuk dan tidak alot, biasanya cukup butuh waktu sekitar 10 menit saja untuk menggorengnya. Setelah matang, ayam goreng bisa ditiriskan lalu didiamkan sekitar 10 menit baru kemudian disantap.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

4 dari 5 halaman

Kunci Membuat Olahan Dada Ayam dengan Rasa Nikmat

Dream - Demi menjaga berat badan stabil, begitu juga tekanan darah dan kolesterol, kita harus pintar-pintar dalam memilih sumber protein hewani. Makanan dengan menu hewani memang memiliki rasa yang sangat gurih dan menggugah selera.

 Dada ayam

Sayangnya, kandungan lemak di dalamnya begitu tinggi. Untuk itu cobalah lebih selektif dalam memilih menu makanan. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah dada ayam. Sumber protein ini sangat sehat, hanya sedikit lemak dan sangat mengenyangkan.

Dada ayam tentunya harus diolah secara tepat agar lebih kaya rasa dan menggugah selera. Cobalah untuk membuat steak dada ayam dengan langkah-langkah berikut.

Bahan:

- 500 gram dada ayam tanpa tulang
- 2 sendok teh minyak zaitun
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
- Oregano
- Kaldu jamur tanpa MSG

5 dari 5 halaman

Cara membuat:

1. Pertama-tama, sayat dada ayam di setiap sisi. Lalu oleskan ayam dengan sedikit minyak zaitun. Taburi garam, merica, kaldu jamur dan oregano. Diamkan 15 hingga 30 menit di kulkas.

2. Setelah itu, anaskan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam wajan dengan api sedang, masukkan dada ayam dan masak sampai tepinya berubah kecoklatan, sekitar 10 menit.

3. Balik ke sisi lain, lalu tutup panci, kecilkan api dan masak selama 10 menit. Matikan.

4. Diamkan ayam panggang selama kurang lebih 5 menit sebelum memotongnya. Cara ini dilakukan untuk menjadikan daging ayam menjadi kenyal dan juicy.

Agar lebih mengenyangkan, sajikan dengan salad sayur yang terdiri daun selada, wortel, dan kubis ungu dan jagung. Selamat mencoba!

Kamu juga bisa menambahkan ayam panggang ini ke salad Caesar atau membuat salad ayam atau sandwich klub. Mudah bukan? 

Laporan: Mega Rasmiyati/ Sumber: FoodRepublic

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie