Olah Buntut Sapi Jadi Empuk Tak Berbau, Ini 4 Triknya

Reporter :
Minggu, 11 Agustus 2019 08:02
Olah Buntut Sapi Jadi Empuk Tak Berbau, Ini 4 Triknya
Jangan sampai buntut menjadi alot atau malah berbau.

Dream - Sop buntut atau buntut panggang biasanya jadi sajian istimewa saat Idul Adha. Mengolah bagian tubuh sapi yang satu ini memang agak sedikit menantang.

Bagi Sahabat Dream yang ingin mengolah buntut harus tahu trik-triknya. Jangan sampai buntut menjadi alot atau malah berbau.

Agar buntut sapi bisa empuk saat direbus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebenarnya tidak terlalu sulit. Selengkapnya langsung saja simak infonya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Hilangkan bagian lemak

 Sop buntut spesial

Buntut sapi perlu dibersihkan terlebih dahulu. Hilangkan bagian lemaknya dengan menggosok-gosoknya di bawah air mengalir. Bersihkan lemak yang masih tertinggal dengan menggunakan pisau. Buntut sapi yang bersih dan bebas lemak ini nantinya bisa digunakan untuk menghasilkan sop buntut dengan kuah yang lebih bening.

2 dari 5 halaman

Cuci dengan air panas

 Sop Buntut Garang Asem

Buntut sapi yang sudah dibersihkan dan dihilangkan bagian lemaknya bisa dicuci dengan air panas sebagai proses terakhir pembilasan. Buntut sapi yang sudah benar-benar bersih setelah dicuci dengan air panas bisa langsung kita rebus.

3 dari 5 halaman

Dua kali proses

Sangat disarankan untuk merebus buntut sapi dua kali. Proses perebusan pertama berfungsi untuk menghilangkan bau prengsi. Dalam proses ini, didihkan air yang sudah diisi daun salam, daun jeruk, dan jahe. Setelah direbus selama 15 menit, air rebusan bisa dibuang. Lalu, lanjut ke proses perebusan kedua.

 Sop Buntut Legendaris `Buruan` Para Artis

Dalam proses perebusan kedua, air yang baru dididihkan, kemudian masukkan buntut sapi. Di sini kita juga bisa memasukkan aneka bumbu sesuai dengan resep dan hidangan yang ingin kita buat.

4 dari 5 halaman

Direbus dengan api kecil

Bila kita tak memiliki panci presto, kita bisa menggunakan panci biasa untuk merebus buntut sapi. Gunakan api kecil saja untuk merebus agar daging tidak menciut dan bisa menjadi lebih empuk. Biasanya butuh waktu sekitar 8 jam untuk merebus buntut sapi sampai benar-benar empuk.

 Sop Buntut Pekalongan Maknyoss

Dalam proses perebusan ini kita bisa saja mengganti airnya sesuai dengan kebutuhan, mungkin dua kali atau tiga kali. Buntut sapi yang sudah direbus bisa diolah sesuai selera dengan lebih mudah.

Kita bisa menggorengnya, membakarnya, atau langsung mengolahnya menjadi sup. Selamat memasak, Sahabat Dream!

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela

5 dari 5 halaman

Tergoda Pedasnya Buntut Sapi Rica-rica

Dream – Olahan buntut sapi selalu terasa istimewa. Jika biasanya dimasak dengan cara dibakar atau dibuat sop, buntut juga bisa diolah dengan bumbu rica-rica pedas. Menu menggoda ini disajikan dalam program Food and Beverage Promo of Three Months di Pesonna Hotel Semarang.

" Menu buntut sapi yang merupakan masakan khas Jawa di padukan dengan bumbu pedas rica-rica, masakan khas Manado yang menggoyang lidah. Ini merupakan menu fusion kedua dari Executive Chef setelah sebelumnya sukses menyajikan Spaghetti Rendang,” ujar Public Relations Pesonna Hotel Semarang, Twinika Sativa, dalam rilis yang diterima Dream.co.id.

 Tergoda Pedasnya Buntut Sapi Rica-rica

Executive Chef Pesonna Hotel Semarang, Arinto Kuswinarto, mengungkap, buntut pedas tersebut disajikan dengan nasi putih. Level pedas rica-rica tentunya disesuaikan, tidak terlalu ekstrem.

“ Memasuki musim penghujan, Buntut Sapi Rica Rica sangatlah cocok disantap karena sensasi pedas dan lezatnya olahan buntut ini bisa menghangatkan tubuh dan menambah selera makan,” kata Arinto.

Buntut Sapi Rica Rica dibanderol seharga Rp60.000,- net/porsi. Ada juga kudapan ringan Opera Cake. Cake dengan tekstur lembut, perpaduan manis dengan sedikit rasa pahit khas kopi serta cokelat pekat.

 opera cake

Aroma wangi kopi, cokelat dan almond berpadu dengan harum. Kue yang berlapis-lapis ini terdiri dari almond sponge cake, buttercream, dan chocolate glaze. Menu ini dibanderol Rp35.000,- net/porsi.

Penasaran mencicipinya, Sahabat Dream?

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi