Olahan Kerang Bersih dan Tak Amis, Simak Caranya

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 13 Mei 2020 12:33
Olahan Kerang Bersih dan Tak Amis, Simak Caranya
Saat membeli kerang, pastikan cari yang segar.

Dream - Kerang laut sangat kaya akan protein. Rasanya juga sangat nikmat. Bisa ditumis, digoreng, bahkan dipanggang.

Sayang, banyak orang malas untuk memasak kerang karena terkadang aromanya yang begitu menyengat atau amis.

Ada juga yang merasa kerang menyerap banyak kotoran. Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan trik mudah, yaitu membersihkannya dengan tepat. Saat membeli kerang, pastikan cari yang segar.

Kerang yang sudah lama akan berbau tak sedap. Untuk kerang yang masih di cangkang, bersihkan di bawah air mengalir sambil menyikatnya dengan sikat yang agak besar. Bisa juga menggunakan kerang lain dan saling gosokkan cangkangnya. Cara ini akan membantu membersihkannya pasir dan kotoran.

 

1 dari 5 halaman

Olah dengan Lemon

Setelah bersih, baru kerang bisa diolah. Bagi yang suka olahan berkuah, rebus kerang dengan air, lalu masukkan perasan satu jeruk lemon. Hal ini akan menghilangkan bau amisnya.

Kerang© Unsplash

Tambahkan bawang putih yang telah digeprek, daun salam, peterseli dan thyme. Rebus selama 2 hingga 10 menit, tergantung jenis kerangnya. Berikan waktu lebih lama jika cangkang belum terbuka.

Bisa ditambahkan dengan bahan lain seperi udang, ikan atau tahu. Untuk sayurannya, tambahkan jamur, bisa juga potongan daun bawang dan tomat. Hidangan kerang meski diolah sederhana, selalu berkesan istimewa.

Sumber: Foodal

2 dari 5 halaman

Cari Menu Seafood Nikmat di Bandung? Intip Rekomendasinya

Dream - Cuaca Bandung yang dingin di malam hari, memang paling pas menikmati hidangan seafood. Perpaduan rasa gurih hidangan laut dengan bumbu pedas istimewa bisa menghangatkan malam Sahabat Dream.

Menu seafood yang enak di Bandung cukup beragam. Mulai dari ikan, udang, kerang, hingga kepiting. Aneka seafood diolah dengan beraneka macam bumbu sehingga bisa dipastikan kamu tak akan bosan menyantapnya.

Soal harga juga bervariasi, kamu bisa menemukan restoran dengan menu seafood enak di Bandung dengan harga yang murah maupun yang sedikit mahal. Intip saja rekomendasi seafood nikmat di Bandung rekomendasi dari PergiKuliner.

 

3 dari 5 halaman

Parit 9 Seafood

Menu yang terkenal di kedai ini adalah udang goreng telor asin. Udang segar yang ditumis dengan saus telur asin super gurih. Menu lainnya yang juga wajib dicoba adalah ikan steam Hong Kong.

Parit 9 Seafood© PergiKuliner

Foto: @qluvfood via PergiKuliner

Ikan kerapu yang baru diolah, dimasak dengan kuah segar. Campuran bumbu saus tiram, kecap asin ikan, minyak wijen, dan bawang putih begitu nikmat di lidah. Lokasinya ada di Jl. Anggrek No. 61, Riau, Bandung

 

 

4 dari 5 halaman

GoShip

Bagi yang mencari menu seafood dengan harga terjangkau bisa datang ke sini. Harga di GoShip cukup terjangkau di bawah Rp50 ribu per orang.

GoShip© PergiKuliner

Foto : Christ the Eater via PergiKuliner

Menu yang wajib dicoba adalah seafood platter yang terdiri dari dua pilihan saus, yaitu saus asam manis dan saus padang. Harga per porsinya Rp40 ribu dengan isian kerang dan kepiting kecil. Lokasinya ada di Jl. Karapitan No. 52, Karapitan, Bandung.

 

 

5 dari 5 halaman

Chef Epi - Hotel Sheo

Bagi penyuka kepiting dengan olahan unik wajib datang ke sini dan mencicipi menu Butter Crab. Kepiting dengan saus khas disajika bersama Garlic Noodle dan Mantau. Kepitingnya berukuran besar dan segar.

Butter Crab© PergiKuliner

Foto: Fadhlur Rohman via PergiKuliner

Dimasak dengan rempah-rempah khas Italia yang rasanya sedikit pedas. Mau coba? Bisa datang ke Chef Epi di Hotel Sheo Jl. Ciumbuleuit No. 152, Ciumbuleuit, Bandung

 

Lihat rekomendasi lainnya di sini.

Beri Komentar