Olahan Saus Marinara Nikmat untuk Beragam Jenis Pasta

Reporter :
Kamis, 31 Oktober 2019 10:10
Olahan Saus Marinara Nikmat untuk Beragam Jenis Pasta
Ingin membuatnya sendiri di rumah? Berikut resepnya.

Dream - Olahan pasta selalu bisa mengundang selera makan. Kunci kenikmatan menu asal Italia terletak dari sausnya. Ada berbagai macam saus pasta yang mudah dibuat seperti marinara dan bolognese.

Kedua saus ini sekilas terlihat sama, tapi sebenarnya berbeda. Bolognese menggunakan campuran daging, sementara marinara hanya menggunakan tomat. Meski demikian, saus marinara memiliki cita rasa gurih.

Dibandingkan bolognese, penggunaan saus tomat pada marinara sebenarnya lebih pekat. Ingin membuatnya sendiri di rumah? Berikut resepnya.

1 dari 5 halaman

Resep Saus Marinara

Bahan:

- 3 buah tomat merah
- 3 sdm saus tomat
- 2 buah bawang bombay, cincang
- 2 siung bawang putih
- 2 sdm olive oil
- 1 sdt oregano kering
- 1/4 sdt cabai bubuk
- garam dan gula secukupnya
- Keju parmesan parut secukupnya (optional)

 

 

 

2 dari 5 halaman

Cara membuat:

 Pasta saus marinara

- Rebus air hingga mendidih. Kerat kulit tomat menyilang, masukkan dan rebus hingga kulitnya agak mengelupas. Ini tanda tomat matang dan bisa dihancurkan dengan mudah.

- Angkat dan tiriskan. Kupas tomat dan hancurkan.

- Tumis bawang bombay dan bawang putih sebentar dengan sedikit minyak zaitun, masukkan tomat dan saus tomat. Aduk rata. Tuang sedikit air jika terlalu kering. Masak hingga meletup-letup.

- Masukkan oregano, garam dan gula secukupnya. Aduk rata. Masak terus hingga saus mengental dan sedap.

Tips
Umumnya saus marinara dimasak hingga kurang lebih 45 menit untuk mendapatkan rasa yang kuat dan tercampur rata. Jadi, sebelum memasak pasta, buat dulu saus marinara.

Dalam beberapa kesempatan, saus marinara sering dikombinasikan dengan seafood seperti udang, cumi, atau kerang. Bisa disesuaikan selera.

Laporan Febi Anindya/ Sumber: Fimela.com

3 dari 5 halaman

Kunci Olahan Pasta Jadi Lebih Gurih dan Lezat

Dream - Pasta merupakan hidangan Italia yang sangat populer. Selain lezat, pasta juga mudah dibuat. Namun ternyata memasak pasta tak sekadar merebusnya saja di dalam air.

Menurut pakar pasta Italia, Giovanni Rana, pasta harus dimasak sesuai dengan petunjuk di bagian kemasan. Hal ini dilakukan karena pasta memiliki tekstur yang berbeda di setiap daerah.

Contohnya pasta dari Italia bagian utara yang cenderung lebih lunak. Sedangkan masyarakat bagian selatan menyukai pasta yang lebih keras.

 Pasta

 

4 dari 5 halaman

Perhatikan Jumlah Sausnya

Selain teknik merebus, Giovanno menyarankan untuk memperhatikan jumlah saus pasta. Sahabat Dream tidak perlu menuangkan terlalu banyak saus ke dalam pasta.

" Ketika Anda membuat pasta, cukup tambahkan minyak zaitun extra virgin dan taburan parmigiana reggiano. Jika ingin lebih meningkatkan rasa, gunakan saus instan tetapi hanya satu sendok kecil saja,” kata Giovanno, dilansir dari Mirror.

Tak perlu teknik khusus untuk merebus pasta sederhana, namun jika ingin membuat pasta isi seperti tortellini dan raviolli, pastikan untuk mengisi pasta dengan jumlah secukupnya.

 Pasta 

Hal ini dilakukan untuk menjaga komposisi rasa. Jangan sampai isian pasta terlalu menutupi cita rasa asli pasta dan saus itu sendiri.

Selamat mencoba, Sahabat Dream!

(Sah, Laporan: Ratih Permata Sari)

 

5 dari 5 halaman

Pasta Buntel, Resto `Italia-Jawa` Gibran Jokowi

Dream - Muda, sukses, dan besar dari keluarga orang nomor satu di Indonesia. Dialah Gibran Rakabuming Raka seorang pengusaha sukses dengan menggeluti bisnis kuliner milik pribadinya.

Anak sulung dari putra Presiden Joko Widodo ini merintis usaha kulinernya itu mulai dari nol. Dan keberhasilan itu tidak bisa begitu saja diraih.

Tanpa menenteng nama besar orangtua, Gibran telah berhasil mecuri hari para pecinta kuliner. Dan kemudia ia membuka beberapa cabang usaha makanan di Kota asalnya, Solo.

 Pasta Buntel, Resto 'Italia-Jawa' Milik Putra Jokowi

Setelah perusahaan cateringnya berbuahkan hasil, kemudian Gibran meluncurkan jajanan Markobar yaitu martabak dengan 8 rasa berbeda.

Dalam hitungan bulan, Markobar langsung melejit dan memiliki penggemar yang akhirnya merebak ke kota-kota lain seperti Jakarta dan Semarang.

Meski telah sukses, Gibran tak puas begitu saja. Ia kembali mencari terobosan dan inovasi kuliner. Akhirnya, bersama dengan beberapa putra-putra Solo lainnya, ia membuka Kafe Pasta Buntel.

Dimana olahan makanan khas Negara Italia ini diracik memakai bumbu dapur dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa.

Yang uniknya lagi, cara memasak pasta buntel tentu beda dengan pasta kebanyakan. Pasta dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas bara api.

Walhasil, ketika di buka, aroma gurih dari daun pisang akan langsung kamu cium berpadu dengan wangi bumbu-bumbunya.

Ingin tahu lokasi dan menu favorit resto Gibran Rakabuming Raka? Baca di sini... (Ism) 

 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone