Panduan Menyeduh Kopi Dijamin Nikmat, Penasaran?

Reporter :
Selasa, 16 Juli 2019 06:48
Panduan Menyeduh Kopi Dijamin Nikmat, Penasaran?
Menyeduh kopi boleh dibilang bagian dari karya seni.

Dream - Kopi, bagi sebagian orang adalah minuman wajib. Bisa dikonsumsi pagi, sore atau malam hari. Tak ada waktu yang salah untuk menikmati secangkir kopi nikmat.

Bahkan banyak yang menganggap jika tak minum kopi, kesehariannya terasa tidak lengkap. Apalagi jika yang dinikmati adalah sajian kopi dari biji berkualitas dan dengan cara menyeduh yang tepat.

Menyeduh kopi boleh dibilang bagian dari karya seni. Prosesnya bukan sekedar mencampurkan air panas dengan bubuk kopi, tapi dilakukan dengan cara tertentu, sehingga rasa kopi yang dihasilkan lebih enak.

Iwan Kurniansya, training officer Excelso dalam acara Coffee Appreciation beberapa waktu lalu memberikan tips bagaimana menyeduh kopi yang enak di rumah. Berikut panduannya.

1 dari 5 halaman

1. Gunakan wadah yang bersih

 Dapatkan Kopi Ala Cafe di Rumah

Pastikan gelas tak ada sisa minuman sebelumnya atau berbau. Pasalnya kopi sangat sensitif terhadap sesuatu yang memiliki bau yang menyengat, hal ini mengakibatkan menurunnya kualitas kopi.

2 dari 5 halaman

2. Masak air sampai 100 derajat celcius

Tunggu air hingga mendidih dan diamkan selama 2 menit. Untuk kopi jenis Robusta cukup 85-90 derajat celcius.

 biji kopi luwak

3 dari 5 halaman

3. Takaran yang pas

Untuk kopi sebanyak 20 gram maka air yang kita pakai 300 ml. Hal ini agar rasa dan karakter kopi jadi optimal.

 Penikmat Kopi Terbesar Dunia Berasal dari Negara Muslim

4 dari 5 halaman

4. Gunakan gelas keramik

Jika membuat kopi panas sajikan dengan menggunakan gelas yang terbuat dari keramik, hal ini mampu mempertahankan kehangatan kopi lebih lama dibandingkan dengan menggunakan gelas berbahan lain.

 Berapa Gelas Kopi Sebaiknya Diminum Dalam Sehari?

Namun untuk mendapatkan rasa sesuai keinginan, ada banyak faktor yang mempengaruhi selain cara menyeduh. Seperti jenis kopi, air yang digunakan, takaran dan lainnya.

Selamat menyeduh kopi, Sahabat Dream!

(Sah, Laporan Vika Novianti)

5 dari 5 halaman

Inikah Kopi Termahal di Dunia?

Dream - Penggila kopi pasti bersedia membayar mahal untuk secangkir kopi yang sempurna. Sahabat Dream juga peminum kopi?

Dari beragam jenis kopi yang pernah diseruput, mungkin kamu bakal penasaran dengan kopi yang disajikan oleh Klatch Coffee, kedai kopi di California, Amerika Serikat.

 Inikah Kopi Termahal di Dunia?

Kedai ini baru saja memenangkan lelang biji kopi organik Elida Geisha Natural yang disebut-sebuat sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Harganya dalam kondisi mentah mencapai US $803 per 450 gram atau Rp11,5 juta.

Untuk biji kopi yang sudah dipanggang harganya mencapai US $1.200 per 450 gram atau Rp17,2 juta.

Klatch Coffee baru saja membeli membeli 4,5 kg biji kopi tersebut. Biji kopi yang dilelang hanya 10 persen dari 100 pon yang dihasilkan.

Lelang kopi berkualitas ini dilakukan oleh Specialty Coffee Association of Panama. Bagi yang penasaran dengan rasanya kopi ini dijual per cangkir. Harganya US $75 atau Rp 1 juta.

Duh, jadi penasaran rasa kopi seharga sejuta.

(Sah, Sumber: CNN)

 

Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting