Resep Ayam Bakar Bumbu Bacem, Segera Bikin di Rumah

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 18 Februari 2021 10:12
Resep Ayam Bakar Bumbu Bacem, Segera Bikin di Rumah
Pasti jadi ingin makan lagi dan lagi.

Dream - Perpaduan manis dan gurih identik dengan bumbu bacem. Bagi penyuka hidangan manis, lauk baceman selalu membangkitkan nafsu makan. Jika biasanya tempe dan tahu yang dibumbu bacem, bagaimana kalau kali ini membuat ayam bakar bumbu bacem.

Cara membuatnya tak jauh berbeda hanya bahan utamanya saja diganti. Akan lebih baik jika potongan ayam dibuat tak terlalu besar agar bumbu mudah meresap. Lihat resep detailnya dan segera bikin di rumah.

Bahan:
- 1 kg daging ayam
- 500 ml air kelapa
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas lengkuas, digeprek
- 3 sdm air asam jawa

Bumbu halus:
- 3 siung bawang putih
- 6 butir bawang merah
- 1 ruas kunyit
- 1 sdm ketumbar
- garam secukupnya
- 2 sdm gula jawa serut

 

1 dari 6 halaman

Cara Membuat:

Ayam bacem© Shutterstock

- Rendam daging ayam dalam air kelapa
- Tambahkan bumbu halus, daun salam, lengkuas dan air asam jawa
- Rebus sampai air menyusut dan daging ayam empuk
- Angkat dan tiriskan ayam, lalu panggang atau bakar dengan bara kecil.
- Sajikan dengan sambal favorit.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

2 dari 6 halaman

Cerita Kenikmatan Ayam Goreng Korea Berlumur Bumbu Khas

Dream - Ayam tepung gurih lalu berlumur bumbu lengket dengan cita rasa manis dan pedas dengan taburan wijen kerap hadir di banyak serial drama Korea. Bukan untuk makan nasi, tapi dijadikan camilan untuk bersantai.

Mungkin Sahabat Dream juga sangat menyukai menu satu ini. Banyak kedai Korea bermunculan di Indonesia yang menyajikan menu ayam goreng Korea. Seperti yang kita tahu, ayam goreng tepung dengan bumbu gurih merupakan hidangan khas Amerika Serikat.

Lalu bagaimana bisa begitu populer di Korea dengan bumbu khasnya? Dulu, olahan ayam di Korea hanya dengan direbus dan dicampur ginseng. Dikutip dari Korea Herald, lalu pada akhir 1960-an ketika Myeongdong Yeongyang Center di Seoul dibuka, mulai dijual ayam utuh yang dipanggang dalam oven listrik.

Korean Chicken© Pixabay

Ayam goreng tepung mulai populer di Korea pada 1970-an seiring dengan pertumbuhan ekonomi, munculnya minyak goreng, dan peningkatan pesat dalam peternakan ayam.
Rumah makan ayam goreng modern pertama adalah Lims Chicken, dimiliki dan dijalankan oleh Shinsegae Department Store, didirikan pada 1977.

 

3 dari 6 halaman

Popularitas ayam goreng tepung di Korea semakin melambung setelah kedatangan Amerika Kentucky Fried Chicken pada 1984. Mulai 1982, ayam goreng tepung khas Korea muncul dengan yaitu Chicken Pelicana.

Korea Chicken© Shutterstock

Ayam bukan hanya digoreng tepung tapi juga dilapis dengan saus pedas dan manis, yang sekarang dikenal dengan sebutan “ chicken yangnyeom (berbumbu)”. Setelah itu muncul berbagai kedai ayam goreng Korea. Mulai tahun 2000, pilihan bumbu ayam makin beragam. Mulai dari barbekyu, saus lada hidam, juga dengan topping daun bawang, keju dan bawang putih.

Hal yang membedakan ayam goreng Korea dan Amerika adalah adalah bumbu, adonan tepung, dan teknik menggoreng ayamnya. Dikutip dari Kmall24, orang Korea telah menemukan perbandingan yang sempurna antara garam, gula, bawang putih, jahe, bawang merah, merica, dan sedikit gochugaru (serpihan cabai merah Korea) untuk melapisi dan mengasinkan ayam.

Teknik menggorengnya, dilakukan dua kali. Hal ini membuat ayam renyah, mengunci rasa dan tidak menggumpal. Menggoreng ayam dua kali juga membantu menghilangkan lemak dari kulit, membuatnya lebih tipis, renyah, dan kenyal.

 

4 dari 6 halaman

5 Banchan Populer, Makanan Pendamping Khas Korea Selatan

Dream - Bagi Sahabat Dream penyuka hidangan Korea, mungkin sudah familiar dengan banchan. Merupakan makanan pendamping yang biasanya disajikan di samping makanan utama dan nasi.

Banchan ini jenisnya cukup banyak dan disajikan dalam piring kecil. Untuk variannya, tergantung dari kebiasaan dan kultur daerah yang menyajikan. Biasanya, tiap daerah di Korea Selatan memiliki hidangan banchan yang khas.

Ada lima banchan yang cukup umum. Mungkin bisa jadi panduan saat kamu menikmati hidangan Korea yang lengkap.

Kimchi

Ini 10 Manfaat Kimchi bagi Kesehatan© MEN

Merupakan sayuran yang difermentasi, biasanya berupa daun selada, kol, sawi atau sayuran berdaun hijau lainnya. Sayuran dicampur dengan bubuk cabai, cuka dan bumbu lainnya, lalu disimpan dalam wadah tertutup.

Didiamkan selama beberapa hari hingga terjadi fermentasi. Dalam penyajiannya, banchan kimchi akan disajikan dalam piring kecil.

 

5 dari 6 halaman

Sukju Namul (Tauge Bumbu)

Sukju Namul© Shutterstock

Tauge adalah salah satu banchan yang menyegarkan. Tauge panjang dan agak berserabut jadi favorit saat musim panas di Korsel. Tauge segar, dicampur dengan bawang putih yang dihaluskan, kecap asin, minyak wijen dan bubuk cabai Korea serta garam.

Yeongeun jorim (Akar Teratai)

Yeongeun jorim© Yeongeun jorim

Merupakan akar teratai yang dipotong tipis kemudian direbus. Diolah dengan jahe lalu ditumis dengan paprika dan jamur, dengan sedikit gula. Rasanya merupakan perpaduan gurih dan manis. Untuk memperkaya rasa biasanya ditaburi dengan biji wijen. Orang Korea kerap memakannya dengan nasi putih hangat.

 

6 dari 6 halaman

Mu Saengchae (Salad Lobak Pedas)

Mu Saengchae© Shutterstock

Lobak Korea umumnya akan muncul di meja dalam beberapa bentuk. Ada yang dipotong dadu, diparut, diiris tipis atau seperti mi yang sikenal dengan Mu Saengchae. Variasi ini sekaligus renyah namun tetap mengenyangkan meski tidak melalui proses fermentasi seperti kimchi tradisional. Banchan ini paling cocok dengan hidangan daging atau bibimbap

Myulchi Bokkeum (Teri Tumis)

Myulchi Bokkeum© Myulchi Bokkeum

Aromanya agak sedikit amis, teksturnya renyah, dan perpaduan rasanya asin dengan sedikit manis. Merupakan ikan teri yang diolah dengan bumbu khas. Teri kering digoreng dengan kecap, sirup beras, dan minyak wijen, dengan tambahan kacang untuk menambah kerenyahan. Bisa dimakan dengan nasi atau dijadikan camilan sebelum menu utama dihidangkan.

Sumber: Kimchimari

Beri Komentar