Resep Egg Benedict, Sarapan ala Amerika di Rumah

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 24 Juni 2019 15:12
Resep Egg Benedict, Sarapan ala Amerika di Rumah
Merasa bosan sarapan dengan itu-itu saja? Ingin mencoba sarapan ala-ala restaurant? Egg Benedict bisa menjadi salah satu inspirasi kamu loh. Yuk simak informasi berikut ini. Wajib dicoba!

Dream Egg Benedict merupakan salah satu makanan yang berasal dari Amerika Serikat. Pada umumnya, egg benedict akan disajikan untuk sarapan atau brunch. Makanan ini pada awalnya menjadi makanan populer di New York.

Sajian egg benedict terdiri dari roti, telur, daging, dan saus hollandaise. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai sajian sarapan. Sebagian restoran bahkan sudah menyajikan sajian egg benedict di dalam menu mereka.

Terdapat beragam variasi egg benedict yang telah tersebar di penjuru dunia. Kalian bisa membuat variasi dengan menambahkan beberapa bahan yang sesuai dengan selera.

Penasaran ingin mencobanya? Daripada membelinya di restoran, kalian bisa membuatnya di rumah loh. Berikut resep membuat Egg Benedict yang telah dirangkum:

1 dari 5 halaman

Bahan Saus Hollandaise

Resep Egg Benedict, Sarapan Ala Amerika Serikat© shutterstock

  1. 4 kuning telur
  2. 1 sdm perasan lemon
  3. 115 gram butter (unsalted butter)
  4. Garam secukupnya
  5. Cabai rawit
2 dari 5 halaman

Bahan Egg Benedict

Resep Egg Benedict, Sarapan Ala Amerika Serikat© shutterstock

  1. Daging secukupnya
  2. 2 buah roti (English muffins atau roti tawar)
  3. 4 telur
  4. 3-4 potong black olive
  5. Garam
  6. Lada putih
  7. Paprika
3 dari 5 halaman

Cara Membuat Saus Hollandaise

Resep Egg Benedict, Sarapan Ala Amerika Serikat© shutterstock

  1. Lelehkan butter dengan menggunakan teflon atau wajan.
  2. Menyiapkan double boiler. Bagi kalian yang tidak memiliki alat double boiler, ad acara lainnya loh Sahabat Dream. Masukkan air hingga setengah panci, panaskan. Taruh mangkok yang tahan dengan panas di atas panci tersebut. Harus diingat, mangkok tersebut harus yang tahan dengan panas.
  3. Masukkan kuning telur dan perasan lemon ke dalam mangkok yang tahan panas tersebut. Kocok hingga rata hingga warna yang dihasilkan berubah menjadi cerah. Biasanya membutuhkan waktu 5-10 menit untuk menghasilkan warna yang cerah.
  4. Perhatikan campuran telur tersebut. Jika campuran tersebut panas, bisa mengakibatkan cairan terbelah menjadi padatan dan cairan. Apabila kalian mendapatinya, segera angkat mangkok dengan menggunakan sarung tangan anti-panas. Kocok campuran tersebut selama 30 detik dengan kuat agar campuran tersebut bisa dingin kembali.
  5. Menambahkan butter ke dalam adonan. Dalam menambahkan butter, kalian harus tetap sambal mengocok campuran telur. Tambahkan butter sedikit demi sedikit agar bisa tercampur dengan rata.
  6. Menambahkan semua bahan tersisa. Sama seperti sebelumnya, dalam menamahkan nahan yang tersisa lakukanlah dengan tetap mengocok adonan.
  7. Menyimpan di tempat yang hangat. Setelah selesai semua, tetap simpan saus di tempat yang hangat.
4 dari 5 halaman

Cara Membuat Egg Benedict

Resep Egg Benedict, Sarapan Ala Amerika Serikat© shutterstock

  1. Memanggang daging yang telah disiapkan
  2. Memanggang roti (English muffins atau roti tawar)
  3. Merebus telur. Cara membuat telur rebus ini merupakan point yang penting selain saus Hollandaise bagi Egg Benedict. Panaskan air hingga terdapat gelembung air atau bila di ukur suhunya telah mencapai 160-180oF. Pecahkan telur ke dalam mangkok kecil, berhati-hatilah agar kuning telur tidak pecah. Turunkan ujung mangkok ke dalam air panas hingga air mengalir ke dalam mangkok. Biarkan telur hingga setengah matang.
  4. Menata semua bahan menjadi satu. Dimulai dari roti panggang, daging panggang, telur rebus hingga saus Hollandaise. Beri paprika dan black olive di atas egg benedict tersebut.  
5 dari 5 halaman

Variasi Egg Benedict

Resep Egg Benedict, Sarapan Ala Amerika Serikat© shutterstock

  • Menambahkan sayuran hijau ke dalam egg benedict
  • Menyajikannya dengan asparagus
  • Menambahkan tomat ke dalam egg benedict
  • Mengganti daging dengan ikan atau daging apapun sesuai dnegan selera

 

(ism, Sumber: Wikihow)

Beri Komentar