Resep Es Jahe Leci Dingin yang Bikin Tubuh Lebih Fit

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 7 Juli 2020 06:47
Resep Es Jahe Leci Dingin yang Bikin Tubuh Lebih Fit
Sangat cocok untuk minuman peningkat imunitas saat cuaca panas.

Dream - Jahe memang bisa diandalkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Biasanya disajikan sebagai jamu atau teh berupa minuman hangat. Sebenarnya, jahe juga bisa jadi minuman dingin yag segar.

Khasiatnya pun tetap bisa kamu dapatkan. Coba saja membuat es jahe leci di rumah. Kamu bisa meminumnya saat siang hari untuk menyegarkan tenggorokan. Beirkut bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

- 8 buah leci, kupas
- 3 buah jahe ukuran sedang
- 4 daun basil iris halus
- 4 sendok teh gula cair
- 500 ml air dingin
- Batu es secukupnya

 

1 dari 5 halaman

Cara membuat:

 Leci dan jahe© Shutterstock

- Campur leci, daun basil dan sirup serta air dingin dalam blender
- Geprek jahe dan iris sedikit masukkan dalam campuran minuman
- Masukkan dalam lemari es
- Diamkan selama sekitar 1 jam
- Sajikan dengan tambahan beberapa buah leci di atasnya

Sumber: NDTV

2 dari 5 halaman

Sarabba, Minuman Khas Bugis Makassar Peningkat Kekebalan Tubuh

Dream - Menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja dengan optimal, adalah hal yang harus kita lakukan saat ini di tengah merebaknya penularan virus corona (Covid-19). Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan minuman kaya gizi.

Mungkin Sahabat Dream sudah akrab dengan jamu jahe dan kunyit, sebagai ramuan herbal untuk peningkat imunitas. Nah, di Bugis Makassar ada minuman kesehatan andalan masyarakat setempat yang dipercaya bisa membantu tubuh melawan virus, termasuk corona.

 Sarabba, Minuman Khas Bugis Makassar Peningkat Kekebalan Tubuh© MEN

Minuman tersebut bernama Sarabba. Merupakan minuman dari rempah yang sejak dulu diyakini sebagai obat stamina dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

" Ketika diminum tubuh menjadi hangat. Itu karena khasiat kandungan rempah-rempahnya diantaranya ada jahe, serai dan kayu manis," ujar Harlia, seorang warga Makassar.

Harlia mengaku tak begitu resah meski dampak penyebaran virus corona telah masuk ke Indonesia. Selain mengandalkan keikhlasan berdoa, ia dan keluarganya juga meyakini khasiat Sarabba.

" Sarabba cukup mujarab mengobati flu, batuk, dan demam. Insya Allah virus corona juga kita bisa cegah dengan rajin mengonsumsi minuman berbahan baku rempah-rempah. Tapi tetap jangan putus berdoa," ungkapnya.

 

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Sarabba

Harlia mengatakan untuk membuat Sarabba cukup sederhana dan tidak mahal. Bahan bakunya terdiri dari jahe, serai, bubuk merica, kayu manis, gula merah dan santan. Bagaimana cara membuatnya?

 Sarabba© Liputan6

Pertama, sediakan bahan rempah-rempahnya yang terdiri dari 200 gram jahe yang telah dimemarkan, 250 gram gula merah yang telah ditumbuk kasar, 1 batang serai yang telah memarkan, 1 batang kecil kayu manis, 1 sendok merica bubuk, garam, 200 ml santan segar, dan 1 liter air.

Kedua, masak 1 liter air di panci hingga mendidih. Ketiga, setelah mendidih, masukkan bahan rempah satu persatu. Diawali memasukkan gula merah kemudian lanjut memasukkan serai, kayu manis, merica bubuk, dan garam secukupnya.

Keempat, jangan lupa mengaduk-aduk seluruh bahan rempah yang telah tercampur tadi hingga rasanya betul-betul menyatu. Setelah itu, masukkan santan. Tunggu hingga 5 menit kemudian angkat panci. Sarabba pun siap diminum.

Laporan Eka Hakim/ Sumber: Liputan6.com

4 dari 5 halaman

Cegah Corona dengan Camilan Nikmat Peningkat Imunitas

Dream - Menjaga imunitas atau kekebalan tubuh sangat penting saat ini. Terutama setelah ditemukannya kasus pasien corona di Depok, Jawa Barat. Banyak yang berpikir kalau masker bakal melindungi tubuh dari penularan virus corona (Covid-19).

Sesungguhnya sistem kekebalan tubuh lah yang paling penting untuk dijaga. Saat kondisi imunitas sangat baik, maka tubuh akan lebih tahan terhadap paparan virus. Lalu bagaimana cara menjaga imunitas setiap hari?

 © Dream

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin. Bagi Sahabat Dream yang suka menikmati camilan, ada beberapa rekomendasi makanan yang layak dilirik. Bukan hanya sehat tapi juga memanjakan lidah.

 

5 dari 5 halaman

Buah dingin

 Begini Cara Mencuci Stroberi Agar Tak Mudah Busuk© MEN

Menikmati buah dingin memang paling nikmat. Jadikan stroberi, delima, jambu biji dan buah kiwi sebagai camilan. Kandungan antioksidan buah-buah tersebut sangat tinggi yang membantu menangkal radikal bebas yang bisa menggangu sistem imunitas.

Kacang-kacangan

 kacang almond© Shutterstock

Kacang juga sangat nikmat untuk dijadikan camilan. Bisa mengonsumsi kacang almond, kacang tanah, kacang mete dan jenis kacang lainnya. Rasanya merupakan perpaduan manis dan gurih sangat memanjakan lidah. Kandungan vitamin E di dalamnya sangat tinggi yang begitu krusial untuk menjaga level imunitas selalu baik. Terutama pada mereka yang mudah sakit atau kalangan manula.

Yogurt

 Ini Keuntungan Konsumsi Yogurt Saat Sahur© MEN


Konsumsi juga yogurt secara rutin. Pastikan cari produk yogurt yang mengandung bakteri hidup. Kandungan probiotik pada yogurt sangat tinggi, membantu menjaga level bakteri baik dalam tubuh. Hal tersebut sangat berguna bagi imunitas. Tak hanya yogurt, hidangan fermentasi lainnya juga bisa dijadikan camilan peningkat imunitas.

Sumber: WebMD

Beri Komentar