Resep Es Jaipong, Bikin Segar Saat Karantina di Rumah

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 2 Juni 2020 10:12
Resep Es Jaipong, Bikin Segar Saat Karantina di Rumah
Isiannya sangat lengkap, perpaduan rasanya juga sangat kaya dan legit.

Dream - Serutan es, dengan isian warna-warni menggoda, pasti akan sangat sulit menolaknya. Apalagi saat cuaca panas dan masa karantina di rumah.

Sajian dingin bisa membuat suasana jadi lebih segar. Mungkin Sahabat Dream ingin bereksperimen di dapur dan membuat es tradisional. Bagaimana kalau membuat Es Jaipong.

Isiannya sangat lengkap, perpaduan rasanya juga sangat kaya dan legit. Sontek resepnya dan buat sendiri di rumah!


Bahan-bahan:

- 1 bungkus tepung hunkwe
- 1 bungkus sagu mutiara
- 650 ml santan kelapa
- 1 lembar daun pandan
- 1 sdm garam
- 125 gram gula pasir untuk hunkwe
- 500 ml air untuk hunkwe
- 2 sdm gula pasir untuk sagu mutiara
- 600 ml air untuk sagu mutiara
- 250 gram gula merah
- 250 ml air untuk merebus gula merah
- 250 gram cincau hitam, potong dadu
- 200 gram tape singkong
- es batu secukupnya

 

1 dari 5 halaman

Cara membuat:

 Es Jaipong© Shutterstock

1. Rebus santan dengan daun padan dan garam. Aduk terus sampai mendidih. Sisihkan.

2. Campur air, tepung hunkwe, dan gula pasir. Aduk rata sampai tidak bergerindul. Masak di atas api sambil terus diaduk hingga mendidih dan mengental. Tuang ke wadah. Biarkan dingin dan mengeras. Potong sesuai selera.

3. Rebus air untuk sagu mutiara. Didihkan. Masukan sagu mutiara dan gula pasir. Masak sampai sagu mutiara matang dan air menyusut. Sisihkan.

4. Rebus gula merah dengan air sampai mendidih. Sisihkan dan biarkan dingin.

5. Siapkan mangkok. Tata semua bahan termasuk tape dan cincau. Tambahkan kuah santan dan sirup gula merah. Nikmati dengan es batu secukupnya.

Laporan: Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela

2 dari 5 halaman

Resep Es Sorbet Semangka, Segar untuk Buka Puasa

Dream - Setelah kita menahan lapar dan haus selama berpuasa, waktu berbuka menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Membatalkan puasa akan lebih nikmat jika dengan menikmati minuman yang segar dan sehat untuk melepas dahaga.

 Resep Es Sorbet Semangka, Segar untuk Buka Puasa© MEN

Ada banyak pilihan menu minuman. Salah satu minuman yang sangat baik untuk berbuka adalah sorbet semangka. Merupakan es krim buah yang rasanya begitu menyegarkan dan sangat kaya vitamin.

Sahabat Dream bisa membuatnya sendirinya di rumah. Caranya sangat mudah, ikuti saja resep berikut.

 

3 dari 5 halaman

Simak Langkah Membuatnya

Bahan:
- 1 cup gula
- 1⁄2 cup air
- 1⁄4 cup jus lemon
- semangka 500 gram

 Es semangka© Shutterstock

Cara Membuat: 
- Masak gula, air, dan jus lemon bersamaan, aduk sesekali sampai gula larut
- Angkat, kemudian dinginkan
- Potong semangka dan buang semua biji
- Haluskan menggunakan blender atau food processor
- Campur dengan larutan lemon dan gula 
- Masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam freezer
- Diamkan hingga beku. Setelah beku, ambil dengan alat ice cream scoop
- Tata dalam gelas, sorbet semangka segar siap disajikan untuk buka puasa


Laporan Cindy Azari/ Sumber: Food.com

4 dari 5 halaman

Sarabba, Minuman Khas Bugis Makassar Peningkat Kekebalan Tubuh

Dream - Menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja dengan optimal, adalah hal yang harus kita lakukan saat ini di tengah merebaknya penularan virus corona (Covid-19). Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan minuman kaya gizi.

Mungkin Sahabat Dream sudah akrab dengan jamu jahe dan kunyit, sebagai ramuan herbal untuk peningkat imunitas. Nah, di Bugis Makassar ada minuman kesehatan andalan masyarakat setempat yang dipercaya bisa membantu tubuh melawan virus, termasuk corona.

 Sarabba, Minuman Khas Bugis Makassar Peningkat Kekebalan Tubuh© MEN

Minuman tersebut bernama Sarabba. Merupakan minuman dari rempah yang sejak dulu diyakini sebagai obat stamina dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

" Ketika diminum tubuh menjadi hangat. Itu karena khasiat kandungan rempah-rempahnya diantaranya ada jahe, serai dan kayu manis," ujar Harlia, seorang warga Makassar.

Harlia mengaku tak begitu resah meski dampak penyebaran virus corona telah masuk ke Indonesia. Selain mengandalkan keikhlasan berdoa, ia dan keluarganya juga meyakini khasiat Sarabba.

" Sarabba cukup mujarab mengobati flu, batuk, dan demam. Insya Allah virus corona juga kita bisa cegah dengan rajin mengonsumsi minuman berbahan baku rempah-rempah. Tapi tetap jangan putus berdoa," ungkapnya.

 

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Sarabba

Harlia mengatakan untuk membuat Sarabba cukup sederhana dan tidak mahal. Bahan bakunya terdiri dari jahe, serai, bubuk merica, kayu manis, gula merah dan santan. Bagaimana cara membuatnya?

 Sarabba© Liputan6

Pertama, sediakan bahan rempah-rempahnya yang terdiri dari 200 gram jahe yang telah dimemarkan, 250 gram gula merah yang telah ditumbuk kasar, 1 batang serai yang telah memarkan, 1 batang kecil kayu manis, 1 sendok merica bubuk, garam, 200 ml santan segar, dan 1 liter air.

Kedua, masak 1 liter air di panci hingga mendidih. Ketiga, setelah mendidih, masukkan bahan rempah satu persatu. Diawali memasukkan gula merah kemudian lanjut memasukkan serai, kayu manis, merica bubuk, dan garam secukupnya.

Keempat, jangan lupa mengaduk-aduk seluruh bahan rempah yang telah tercampur tadi hingga rasanya betul-betul menyatu. Setelah itu, masukkan santan. Tunggu hingga 5 menit kemudian angkat panci. Sarabba pun siap diminum.

Laporan Eka Hakim/ Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar