Resep Suwir Tongkol Pedas, Sajikan dengan Nasi Hangat

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 8 November 2021 18:48
Resep Suwir Tongkol Pedas, Sajikan dengan Nasi Hangat
Bisa juga jadi isian roti jika sedang malas makan nasi.

Dream - Musim hujan sedang datang. Hidangan gurih, pedas dan hangat merupakan pilihan tepat untuk membuat lebih semangat. Bagaimana kalau membuat lauk pedas seperti tongkol suwir pedas.

Lauk ini paling nikmat disantap dengan nasi hangat. Sedang malas makan nasi? Sahabat Dream juga bisa menjadikannya isian roti. Untuk membuatnya juga tak terlalu sulit. Ikuti saja resep berikut dikutip dari Fimela.com

Bahan:
- 4 ekor ikan tongkol kukus
- 2 buah tomat
- 1 genggam kemangi
- 3 lbr daun jeruk
- 1 batang serai
- Gula, garam dan penyedap rasa secukupnya
- Kaldu bubuk secukupnya
- 3 cabai rawit iris kasar (bisa ditambah jika ingin lebih pedas)

Bumbu Halus:
- 7 buah cabai merah
- 5 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- Air
- Minyak goreng

Cara Membuat:
- Suwir-suwir tongkol yang telah dikukus, kemudian sisihkan
- Blender bumbu halus, kemudian tumis hingga beraroma harum
- Masukkan serai, daun jeruk, irisan cabai dan tomat yang telah dipotong
- Tumis hingga tomat layu. Tambahkan air, garam, gula, penyedap rasa dan kaldu bubuk. Aduk rata
- Masukkan suwiran ikan tongkol dan daun kemangi. Tumis dan aduk hingga rata
- Jika dirasa sudah matang, angkat dan matikan kompor
- Ikan tongkol suwir pedas daun kemangi siap disajikan

1 dari 4 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

2 dari 4 halaman

Ingin Pensiun, Penjual Hidangan Laris Singapura Berikan Resep Gratis

Dream – Chwee Kueh merupakan hidangan tradisional Singapura yang kerap disajikan untuk menu sarapan. Terbuat dari tepung beras dan air yang diolah menjadi adonan kemudian dikukus. Disajikan dengan acar lobak kaya bumbu, rasanya perpaduan manis, asin dan pedas.

Peng Ah Bah adalah salah satu pemilik kedai Chwee Kueh ternama di Singapura. Ia pernah diundang oleh Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, untuk menjamu tamu dengan makanan tradisional.

Chwee Kueh© Shutterstock

Jika biasanya pemilik kedai makanan merahasiakan resep andalan yang bikin jualannya laris, berbeda dengan Peng. Ia justru mengumumkan kalau dirinya akan dengan senang hati memberikan resep Chwee Kueh secara gratis bagi yang tertarik.

 

3 dari 4 halaman

Diajarkan Juga Cara Membuatnya

Tak hanya itu, Peng bahkan mengajarkan secara detail bagaimana membuat Chwee yang nikmat. Kini, ia telah memberikan resep rahasianya kepada sekitar 15 orang.

Menurut Peng, ada beberapa pelanggan yang belajar dirinya di gerai pertamanya yang terletak di Food Centre, Jalan Kukoh. Peng biasanya meminta pelanggan datang ke outlet tersebut untuk mengamati proses pembuatan Chwee Kueh sebelum membagikan resepnya.

Diantara murid-muridnya, tiga orang telah mendirikan bisnis Chwee Kueh mereka sendiri. Hal itu tak membuat ia khawatir dengan persaingan penjualan.
Sebaliknya, ia bangga kepada murid-muridnya karena mempromosikan dan mengembangkan tradisi pembuatan Chwee Kueh.

 

4 dari 4 halaman

Berharap ada yang mengambil alih

Menurut beberapa ulasan Google, Chwee Kueh buatan Peng digambarkan sebagai salah satu yang terbaik di Singapura. Pelanggan menggambarkan Chwee Kuehnya sangat lembut, halus, dan harum.

Peng mengungkap kalau dirinya ingin pensiun dalam dua tahun bahkan lebih awal jika menemukan seseorang yang bersedia untuk mengambil alih bisnisnya.

" Setelah bertahun-tahun di bisnis ini, saya memiliki hubungan yang dalam dengannya. Jika seseorang bersedia mengambil alih, saya akan dengan senang hati meneruskan pengetahuan dan keterampilan saya," ungkapnya.


Laporan: Elyzabeth Yulivia/ Sumber: Mothership.sg

Beri Komentar