Resep Unik Panacotta Tofu, Kudapan Sehat dari Tahu Lembut

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 4 Oktober 2019 10:24
Resep Unik Panacotta Tofu, Kudapan Sehat dari Tahu Lembut
Selain citarasa yang lezat, proses pembuatan panacotta sangat mudah dan praktis. Sahabat Dream juga bisa mengolah panacotta lebih sehat, loh.

Dream - Sahabat Dream mungkin sudah pernah mencicipan panacotta. Hidangan penutup itu banyak ditemukan di restoran Italia. Rasanya manis, dengan sedikit sensasi asam dari selai buah-buahan.

Panacotta memiliki tekstur yang mirip seperti pudding. Hanya saja, kudapan manis ini lebih mudah hancur karena bertekstur lembut ketimbang kenyal. Tekstur ini diperoleh dari paduan jelly dan gelatin.

Selain citarasa yang lezat, proses pembuatan panacotta sangat mudah dan praktis. Sahabat Dream juga bisa mengolah panacotta lebih sehat, loh.

Bahan baku yang digunakan juga cocok dikonsumsi bagi orang-orang vegetarian karena memakai tahu. Penasaran? Simak resepnya di bawah ini:

Bahan Panacotta:

1 porsi tahu kukus
1/2 cangkir santan
1/4 cangkir pemanis
1 sendok makan ekstrak vanilla

Bahan Pengental:
1/2 sendok makan agar-agar bubuk
1/2 sendok makan konjac powder
1,5 cangkir air

Bahan Selai:

Buah beri segar, rebus selama 5 menit
1 cangkir jus buah bit
1/2 cangkir lemon jus
1/4 cangkir gula merah
3 sendok makan biji chia

1 dari 1 halaman

Cara Membuat

1. Campurkan bahan panacotta, lumatkan dengan blender atau food processor. " Sebelum dicampur, kalian bisa menghancurkan tofu dengan tangan agar hasilnya lebih lembut," kata Max Mandias, Co-Founder & Excecutive Chef Burgreens di diskusi media Delegasi Uni Eropa, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019.

Resep Unik Panacotta Tofu© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Sahabat Dream dapat memakai pemanis berupa gula yang sudah dicairkan. Hindari pemakaian gula aren atau gula berwarna kecoklatan agar panacotta tidak berubah warna.

2. Campurkan bahan pengental ke dalam panci, masak dan aduk-aduk sampai mendidih dan mengental. Tuangkan cairan ini ke dalam campuran tofu panacotta, blender lagi 10 detik. " Adonan ini sudah bisa dicetak di dalam wadah, diamkan sampai dingin sebelum dimasukan ke kulkas," jelasnya.

3. Masak bahan selai di dalam panci, matikan ketika sudah mengental dan mendidih. Campurkan biji chia dan aduk merata. " Sajikan panacotta di atas piring, kemudian siram dengan selai beri selagi dingin," pungkas Max.

Beri Komentar