Resep Union Cheese Pie, Camilan yang Keju Banget

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 22 Juni 2021 08:48
Resep Union Cheese Pie, Camilan yang Keju Banget
Kaya gizi dan tentunya memanjakan lidah.

Dream - Sahabat Dream dan anggota keluarga di rumah penyuka keju? Jika iya bagaimana kalau membuat camilan bertabur keju yang rasa sangat nikmat, yaitu Union Cheese Pie.

Merupakan perpaduan keju Mozarella dan Ricotta yang pastinya memiliki cita rasa gurih dan kaya gizi. Segera bikin di rumah, berikut resepnya dari Greenfields.

Bahan Crust/Kulit:
- 250 g tepung terigu serbaguna
- 150 g margarin
- 3 sdm air dingin
- ½ sdt garam

Bahan Isian:
- 1 sdm minyak sayur
- 3 batang daun bawang, iris halus
- 4 butir telur
- 3 sdm Greenfields Ricotta Cheese
- 150 ml Greenfields Fresh Milk
- ¼ sdt merica bubuk
- garam secukupnya
- 60 g Greenfields Mozzarella Shredded (topping)

 

1 dari 5 halaman

Cara Membuat

Kulit Pie:

- Campur terigu dan margarin, aduk dengan sendok kayu. Setelah tercampur, remas dengan tangan sampai adonan berbutir seperti crumble
- Tambah air dingin, garam, dan Greenfields Mozzarella Shredded, aduk sampai kalis dan dapat dibentuk
- Bungkus dengan plastik wrap, simpan dalam kulkas 30 menit
- Siapkan pinggan/ loyang yang sudah dioles dengan margarin dan kertas roti. Cetak adonan kulit pie, kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Beri biji - bijian atau beras di bagian tengah supaya tidak naik/menggelembung ketika dipanggang.
- Panggang selama 10 menit, lalu keluarkan dari oven dan sisihkan sampai dingin

Cheese Pie© Shutterstock


Isian:

- Panaskan minyak, tumis daun bawang, aduk sekitar 1 menit, angkat, sisihkan
- Kocok telur hingga mengembang, masukan Greenfields Ricotta Cheese, Greenfields Fresh Milk, merica, garam dan tumisan daun bawang, aduk hingga rata
- Tuang isian ke dalam loyang yang berisi kulit pie, taburi Greenfields Mozzarella Shredded. Panggang di suhu 180°C api atas dan bawah selama 30 – 40 menit sampai permukaan kecoklatan, angkat dan sajikan

2 dari 5 halaman

Penyebab Tak Semua Keju Bisa Meleleh Seperti Mozzarella

Dream - Lelehan keju mozarella di atas pizza, kentang, roti atau sajian lainnya selalu bisa menggugah selera. Aromanya begitu menyeruak dengan rasa yang gurih. Menikmati keju satu ini memang paling pas saat hangat.

Bila ingin mendapat efek lelehan keju pada sajian tertentu, kita pasti mencari jenis keju mozarella. Tak semua jenis keju bisa meleleh seperti mozarella. Dikutip dari Finecooking, ada beberapa faktor yang memengaruhi kemampuan leleh pada keju.

Penyebab Tak Semua Keju Bisa Meleleh Seperti Mozzarella© MEN

Hal yang paling berpengaruh adalah tingkat panas suhu dan juga kadar air yang terkandung dalam keju. Masing-masing keju, punya titik panas leleh yang berbeda-beda. Saat keju meleleh ada dua hal yang terjadi.

Pertama, suhu panas mencapai 32 derajat celcius, lemak susu yang padat dalam keju mulai mencair, keju jadi lunak, dan butiran lemak yang leleh, naik ke permukaan.

Lalu, saat suhu makin panas, ikatan yang mengikat protein kasein dalam keju jadi pecah dan hancur. Terputusnya ikatan itu membuat keju berubah jadi cairan yang kental.

 

3 dari 5 halaman

Titik Leleh Masing-Masing Keju

Keju Mozzarella akan sepenuhnya meleleh saat panas mencapai suhu 4 derajat celsius. Sementara, untuk keju yang lebih keras seperti cheddar dan keju swiss, baru akan meleleh pada suhu sekitar 65 derajat celsius.

Lelehan keju© Pixabay

Kemudian, keju yang lebih keras dan kering seperti parmesan atau parmigiano reggiano baru bisa meleleh pada sushu 82 derajat celsius. Keju yang memiliki kadar air tinggi berarti tingkat kelembapannya juga tinggi. Keju yang lembap, susunan molekul protein berjarak longgar dan terisi dengan air. Hal ini membuat keju mudah meleleh.

Keju yang mengandung kadar air tinggi adalah mozzarella, cream cheese, dan juga keju brie. Selengkapnya baca di Diadona.id.

4 dari 5 halaman

5 Jenis Keju yang Terkenal Kelezatannya, Sudah Pernah Coba?

Dream - Teksturnya yang lembut, meleleh dilidah dengan rasa yang gurih, membuat keju jadi favorit banyak orang. Apalagi, olahan susu satu ini juga mudah 'dikawinkan' dengan sajian kue dan masakan lain.

Macam-macam keju hadir dengan karakteristik, tekstur, hingga rasa yang berbeda. Biasanya, keju disajikan sebagai bagian dari hidangan dengan cara diparut atau dilelehkan tergantung jenis makanan yang dibuat.

Lantas, apa saja jenis-jenis keju lezat di dunia? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari Cashbac.

© Dream

1. Brie

Keju jenis Brie dikenal dengan tekstur yang lembut. Keju yang terbuat dari susu sapi yang tidak memiliki lemak ini hadir dengan warna pucat dengan lapisan terluar berwarna putih karena jamur yang mengelilinginya.

Soal rasa, keju Brie memang cukup hambar, tetapi inilah yang menjadi ciri khas dan daya tarik dari keju ini. Tertarik untuk mencoba?

2. Fondue

Keju yang berasal dari Swiss ini dimakan dengan cara yang sangat menyenangkan. Anda hanya perlu menghangatkan Fondue dan mencelupkan berbagai potongan roti kering ke dalamnya.

Keju Fondue di Swiss biasa dimakan ketika musim salju datang untuk menghangatkan badan. Sedangkan di Indonesia, fondue cocok sebagai teman saat musim hujan melanda.

5 dari 5 halaman

Jenis Keju Nikmat Lainnya

3. Mozarella

Keju jenis ini tentunya sudah sangat populer di seluruh dunia. Mozzarella memiliki tekstur yang mudah meleleh dan menjadi favorit banyak orang karena dapat disajikan hampir di berbagai makanan seperti roti, pasta, hingga ayam geprek.

Kekhasan Tiga Jenis Keju Italia© MEN

4. American Cheddar

American Cheddar juga salah satu keju yang sangat populer. Keju ini kerap digunakan untuk menambah rasa di burger yang memiliki banyak peminat. Tidak sedikit restoran yang menghadirkan menu double hingga triple cheese.

5. Gouda

Keju jenis Gouda hadir dengan bentuk bundar dan memiliki rasa yang unik karena tidak terasa terlalu berat di mulut. Biasanya, keju ini digunakan sebagai bahan dasar kue kering.

(Laporan Putu Elmira/ Liputan6.com)

Beri Komentar