Sedapnya Nasi Goreng Cumi Asin, Bikinnya Gampang!

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 17 Februari 2021 08:12
Sedapnya Nasi Goreng Cumi Asin, Bikinnya Gampang!
Sensasi asin dan gurih bikin ingin nambah berkali-kali.

Dream - Menu nasi goreng cenderung disukai banyak orang. Bukan hanya bisa dijadikan menu sarapan, tapi juga makan siang dan makan malam. Biasanya, nasi gorengan dibuat dengan campuran telur, ayam, sosis atau bakso.

Nah, bagaimana kalau membuat nasi goreng yang berbeda, yaitu nasi goreng cumi asin. Ada perpaduan rasa asin, gurih dan pedas. Untuk membuatnya juga sangat mudah. Lihat saja resep simpelnya.

Bahan:
- 1 porsi nasi putih dingin
- 5 ekor cumi asin, cuci bersih dan iris tipis
- 3 siung bawang putih, memarkan dan iris tipis
- 2 siung bawang merah, iris tipis
- 2 buah cabai merah, iris tipis
- 3 cabai rawitjika ingin pedas
- 1 sdm kecap ikan
- 1 sdt gula pasir
- daun bawang cincang secukupnya

Cara membuat:
- Tumis bawang hingga harum dan matang, masukkan cabai, daun bawang dan cumi asin. Tumis hingga sedap
- Masukkan nasi, aduk rata. Masukkan kecap ikan dan gula pasir
- Aduk rata. Masak hingga terasa sedap dan agak kering
- Sajikan nasi goreng dengan tambahan mentimun, tomat atau acar.

Laporan Febi Anindya/ Sumber: Fimela

1 dari 4 halaman

Nasi Sisa Jadi Bahan Terbaik untuk Nasi Goreng, Ini Alasannya

Dream - Nasi goreng jadi hidangan favorit masyarakat Asia. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga Malayasia, Jepang, dan Korea. Menu ini bisa disantap kapan pun, bukan hanya untuk sarapan, tapi juga makan siang dan makan malam.

Sebagai bahan makanan pokok, di rumah pasti ada nasi. Saat masak terlalu banyak, tentu akan sangat sayang untuk membuangnya. Nah, nasi sisa ini merupakan bahan utama terbaik untuk menu nasi goreng.

Nasi Sisa Jadi Bahan Terbaik untuk Nasi Goreng, Ini Alasannya© MEN

Mengapa? Chef Arnold Poernomo lewat akun Twitternya menjawab pertanyaan dari akun Twitter @FFOODFESS yaitu " Fess knpa nasi goreng itu harus pke nasi sisa kemaren?" .
Menurut Chef asal Surabaya itu nasi sisa atau nasi dingin kadar patinya (starch) sudah menurun. Hal tersebut akan berdampak pada teksturnya.

" Karena kalo nasi dingin starchnya sudah meredap & istilahnya ngegumpal, tapi kalo kena panas bakal benyek,"  ungkap Arnold.

Nasi yang sudah dingin tidak lembek dan teksturnya lebih kasar. Saat dicampur dengan bumbu dan minyak panas, akan lebih menyerap. Rasanya pun lebih nikmat

" Supaya nyatu dan menyerap bumbu dan ga benyek harus dingin, kalo nasi panas dan benyek ga akan menyerap bumbu jadinya malah hancur benyek nanti..kyk hub’an ente dan dia," tulis Arnold.

Akun Twitter Chef Arnold© Arnold Poernomo

Sudah tahu kan mengapa sebaiknya pakai nasi sisa atau nasi dingin untuk bikin nasi goreng. Ingin segera masak, Sahabat Dream?

2 dari 4 halaman

Penampakan Nasi Goreng Seharga Rp1,5 Juta yang Disantap Ashanty

Dream - Ashanty memboyong keluarga besarnya ke Bali selama pandemi. Anang dan Ashanty memang memiliki villa pribadi Pulau Dewata. Kali ini, untuk menghilangkan kejenuhan, ia mencoba menginap di salah satu resort terkenal di Bali.

Ashanty beserta Anang dan seluruh anak-anaknya, menginap di Hanging Gardens Of Bali yang berlokasi di Gianyar. Suasana villa begitu memukau dengan detail interior yang memanjakan.

Penampakan Nasi Goreng Seharga Rp1,5 Juta yang Disantap Ashanty© MEN

Ashanty bukan hanya penasaran dengan suasana villa, tapi juga hidangan yang terkenal di tempat ini. Rupanya, di restorannya ada menu nasi goreng seharga Rp1.500.000. Untuk menu nasi goreng tentunya harga tersebut sangat mahal.

 

3 dari 4 halaman

Demi mengobati rasa penasaran, Ashanty pun memesannya. " Kita cobain seenak apa nasi goreng satu juta setengah ya,"  kata Ashanty dalam YouTube channelnya.

Nasi Goreng Rp1,5 juta© Youtube The Hermansyah

Ia pun memesan nasi goreng super mahal tersebut untuk makan malam bersama keluarganya. Saat pesanan datang, Ashanty pun langsung menyantapnya.

" Enak, sumpah enak," kata Ashanty kepada Aurel.

 

4 dari 4 halaman

Lihat Videonya

Nasi goreng ini disajikan dengan spesial. Dibentuk segitiga dengan ditutup daun pisang di atasnya dan dilengkapi dengan sambal matah, salad serta kerupuk.

Ada juga lauk pendampingnya berupa ayam berpotongan besar. Sahabat Dream juga ingin mencicipinya?

Beri Komentar