Tak Ada Enoki, Coba Masak Jamur Portobello Isi Keju Meleleh

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 29 Juni 2020 10:48
Tak Ada Enoki, Coba Masak Jamur Portobello Isi Keju Meleleh
Di bagian dalamnya itu bisa diisi berbagai isian sesuka kamu

Dream - Mungkin Sahabat Dream sudah dengar kabar soal ditariknya jamur enoki dari pasaran karena mengandung bakteri listeria berbahaya. Untuk semantara kita tak bisa makan jamur yang biasanya jadi campuran ramyun, digoreng kering atau sayuran di shabu-shabu.

Tenang, masih ada jamur lain yang rasanya tak kalah nikmat, salah satunya portobello. Jamur ini berbentuk seperti payung dengan batang dan bagian melengkung yang cukup dalam.

Nah, di bagian dalamnya itu bisa diisi berbagai isian sesuka kamu. Untuk camilan gurih, sangat pas jika mengisinya dengan keju mozarella. Bagaimana cara membuatnya? sangat mudah ternyata.

Bahan:
- Jamur Portobello 500 gram
- Keju krim 200 gram
- Keju parmesan 200 gram
- Bawang putih 2 siung cincang halus
- Lada hitam 1 sendok teh
- Bubuk bawang dua sendok teh
- Minyak zaitun
- Garam secukupnya

 

1 dari 5 halaman

Cara membuat:

 Jamur Portobello© Shutterstock

- Panaskan dulu oven hingga suhunya 180 derajat Celcius. Setelah itu, ambil loyang dan lumuri dengan sedikit minyak zaitun. Potong batang jamur dan singkirkan bagian kerasnya dan cuci bersih. Potong dadu kecil sisa batang dan sisihkan

- Ambil wajan anti lengket dan panaskan minyak dengan api sedang. Tumis bawang putih cincang bersama dengan batang jamur cincang sampai benar-benar kering. Setelah matang, matikan kompor

- Ambil mangkuk kecil campur bersama krim keju, keju parmesan, bubuk lada hitam, bubuk bawang merah dan garam. Sekarang, masukkan tumisan batang jamur dan aduk dengan keju tersebut.

- Isi keju dalam jamur portobello, letakkan di atas loyang. Masukkan ke oven dan panggang hingga 25 menit pada suhu 180 derajat Celcius. Jamur siap disajikan.

Sumber: Times of India

2 dari 5 halaman

Jamur Bisa Tahan Lama, Pastikan Disimpan dengan Benar

Dream - Salah satu bahan makanan yang wajib ada di rumah saat social distancing seperti sekarang adalah jamur. Rasanya lezat dengan tingkat protein yang tinggi, sangat cocok bagi mereka vegetarian.

 © Dream

Jamur kaya akan Vitamin B serta mengandung antioksidan, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel dan jaringan. Meskipun jamur dapat dengan mudah ditemukan di supermarket atau pasar tradisional, satu masalah tentang jamur adalah cara penyimpanannya.

Jamur cenderung bertahan hanya beberapa hari. Sifatnya sangat mudah rusak. Setelah dibeli, jamur dapat membusuk dalam sehari. Hal ini karena tingkat respirasi yang tinggi dan struktur epidermis jamur yang halus.

 

3 dari 5 halaman

Cara Menyimpan Jamur

Dilansir dari Miss Kyra, berikut cara menyimpan jamur tetap segar hingga berhari-hari:

- Jika jamur tidak langsung dimasak, lebih baik dibiarkan dalam kemasan aslinya. Kemasannya harus berbahan dasar kardus untuk menyerap kelembaban dan bungkus plastik di atasnya, dengan lubang kecil untuk pengeringan air yang berlebihan. Simpan di kulkas selama 3 hari.

 Jamur Matsutake© MEN

- Metode lainnya adalah menyimpan jamur dalam kantong kertas dengan lubang kecil untuk mengeluarkan uap air. Jamur dapat tahan di lemari es hingga 7-10 hari.

- Masukkan kertas tisu ke dalam kantung untuk menyerap air berlebih, dan gantilah tisu setiap hari.

- Metode terakhir adalah membekukan jamur. Mulailah dengan mencuci jamur secara menyeluruh dan potong menjadi ukuran yang diinginkan, tumis dengan minyak dan bumbu. Setelah dingin, simpan di dalam kantung plastik dan masukkan ke freezer.

Laporan Raissa Anjanique

4 dari 5 halaman

Aksi Chef Arnold dan Chef Juna Olah Jamur Mahal Bikin Heboh

Dream - Duet Chef Arnold dan Chef Juna selalu bikin orang penasaran. Tentunya tak jauh-jauh seputar makanan nikmat. Beberapa hari lalu keduanya membuat heboh jagat Twitter.

Hal tersebut lantaran Chef Arnold mengolah Black Truffle atau jamur hitam yang merupakan bahan masakan super mahal dengan cara yang 'nyeleneh'.

Sebuah video yang diunggah Chef Arnold memperlihatkan dirinya memegang jamur tersebut dan menulis keterangan " Cemilan Masterchef emg beda" .

 

Biasanya, jamur mahal itu diparut dan jadi taburan hidangan istimewa. Oleh Chef Arnold, jamur malah ditaburi di atas camilan anak-anak.

 

5 dari 5 halaman

Ditaburi di Atas Mi Instan

Chef Arnold memberikan sebuah petunjuk " Dont Rich People Difficult"  yang maksudnya 'jangan kayak orang susah' di postingan tersebut.

 black truffle© Twitter

Chef Juna pun tertawa lebar melihat kelakukan rekannya itu. Jamur juga ditaburi di atas mi instan. Usut punya usut, rupanya harga jamur itu mencapai puluhan juta. Untuk satu kilogram Black Truffle bisa mencapai Rp30 juta.

Duh, apa rasanya ya Sahabat Dream?

Beri Komentar