Tempe Balur Saus Tiram, Rasanya Istimewa

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 20 Juni 2021 06:00
Tempe Balur Saus Tiram, Rasanya Istimewa
Ikuti resepnya.

Dream - Tempe jadi sumber protein favorit masyarakat Indonesia. Harganya murah dan mudah sekali didapatkan. Biasanya tempe disajikan dengan digoreng atau dibikin orek. Sebenarnya ada banyak cara mengolah tempe jadi menu istimewa.

Salah satunya dengan memasaknya menggunakan saus tiram. Akun TikTok @vynamoniccaaa membagikan resep tempe saus tiram yang rasanya diklaim mirip ayam. Mau masak di rumah? Berikut resepnya.

Bahan:
- Tempe 2 papan potong sesuai selera
- 1 butir Telur
- 1 sdm saos tiram
- Garam secukupnya
- Lada secukupnya
- Penyedap secukupnya
- Tepung bumbu serbaguna

Bahan Bumbu:
- 1 Sdm saos tiram
- 1 sdm saos Pedas
- 1 sdm saos Tomat
- 2 sdm kecap manis
- 1/4 sdm maizena
- air (secukupnya)
- Bawang Putih
- Cabai rawit
- Daun bawang

 

1 dari 7 halaman

Cara membuat:

- Potong tempe sesuai selera. Masukan 1 butir telur, aduk hingga telur melumuri semua bagian tempe. Kemudian maasukkan bumbu seperti saos tiram, garam, lada, dan penyedap.

- Setelah tercampur rata, balur tempe dengan tepung bumbu serba guna

- Goreng tempe hingga matang

- Untuk sausnya, masukkan saos tiram, saos pedas, saos tomat, kecap manis, tepung maizena dan air dalam mangkok. Aduk hingga rata

- Panaskan mentega dalam wajan. Tumis bawang putih dan cabe rawit. Lalu masukkan bumbu yang tadi sudah tercampur

- Masukkan daun bawang yang sudah dipotong sesuai selera. Lalu masukkan tempe goreng tepung

- Aduk sampai bumbu meresap sempurna dalam tempe.

- Sajikan dengan nasi hangat

Sumber: Diadona.id

2 dari 7 halaman

Tempe Indomie Bikin Geger, Proteinnya Diklaim Lebih Tinggi

Dream - Bahan wajib tempe adalah kedelai. Tak ada kedelai maka tak ada tempe. Lalu bagaimana jika kedelai diganti dengan mi instan?

Ilmuwan pangan bernama dr. Driando Ahnan-Winarno baru saja mengembangkan tempe yang terbuat dari mi instan.

Penampakan tempe yang terbuat dari Indomie diunggah oleh akun Instagram @tempemovement. Dalam unggahannya, terlihat sebuah tempe berbentuk kotak yang diselimuti oleh serat-serat ragi. Bahan dasar tempe ini merupakan mi yang terlihat jelas.

Dalam unggahannya, @tempemovement dijelaskan kalau produk tersebut adalah olahan tempe fermentasi dari mi instan. Terungkap fakta soal nutrisi tempe unik ini.

Tempe Indomie© Instagram Tempemovement

" Bisa dilihat tampilan diirisnya. Bumbunya dibalur ke potongan tempe mienya sebelum digoreng. Nutrisinya? Nutrisi mie instan ditambah manfaat fermentasi tempe yang biasanya menaikan kadar protein, memunculkan vitamin B, dan membuat nutrisi lebih mudah dicerna secara umum," tulis @tempemovement.

Layaknya tempe dari kedelai, tempe mi instan ini juga dibalut dengan daun. Soal nutrisi, rupanya dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahuinya secara detail.

" Untuk nutrisi tempe, mie ini belum pernah diteliti langsung kandungannya, ada yang tertarik neliti?" tulis akun @tempemovement.

Selengkapnya baca di Diadona.id

3 dari 7 halaman

Respons Kocak Warganet Lihat Bule Masak Tempe Polos Tanpa Bumbu

Dream - Tempe kini mulai banyak disukai oleh warga negara lain. Terutama mereka yang lebih memilih mengonsumi makanan dari bahan nabati dan para vegetarian. Tempe memang sumber protein tinggi yang juga bikin kenyang.

Di Indonesia, biasanya tempe diolah dengan digoreng dalam minyak panas. Sebelumnya dibumbui dulu dengan bawang putih, garam atau sekadar merendamnya dalam air yang telah dicampur dengan penyedap rasa.

Seorang perempuan bule, memasak tempe dengan cara yang sangat berbeda dari orang Indonesia. Akun twitter @bensiagian mengunggah tangkapan layar dari akun TikTok @mandy.

 

4 dari 7 halaman

Si pemilik akun @mandy tersebut memasak tempe langsung di wajan antilengket menggunakan sumpit. Tanpa dibumbui sama sekali dan menjadikannya camilan tengah malam.
Komentar pun bermunculan.

Beberapa yang komentar adalah orang Indonesia. Salah satunya menulis " the tempeh you must rendem di water the bumbhu royco biar gurih" . Ada juga yang berkomentar " the tempe is kurang bumbu and masako ok" .

Komentar tempe© TikTok

Mungkin si bule akan ketagihan kalau coba makan tempe goreng gurih hangat pakai sambal terasi favorit orang Indonesia.

5 dari 7 halaman

Bosan dengan Tempe Goreng? Mari Bikin Sate Tempe

Dream - Terbuat dari kedelai yang difermentasi, tempe memiliki cita rasa yang khas. Perpaduan gurih, manis dan pastinya sangat memanjakan lidah. Biasanya, tempe diolah dengan digoreng karena merupakan cara paling praktis.

Jika Sahabat Dream bosan dengan olahan tempe goreng, cobalah membuat sate tempe. Sajian satu ini kerap jadi menu favorit untuk mereka yang vegetarian tapi ingin menikmati menu sate.

Bosan dengan Tempe Goreng? Mari Bikin Sate Tempe© MEN

Cara membuat sate tempe yang enak tidaklah terlalu sulit. Selengkapnya, langsung ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

6 dari 7 halaman

Siapkan Bumbu Bakarnya

Untuk membuat sate tempe dari dua papan tempe, kita perlu menyiapkan bahan-bahan ini untuk membuat bumbu bakarnya:

Ingin Sehat? Jangan Remehkan Tempe Tahu© MEN

1 gelas air
6 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar butir
1 sdm merica butir
1/2 sdm garam
1 sdm gula pasir
1 sdt kaldu jamur
2 sdm tepung maizena, dilarutkan dengan sedikit air
kecap manis secukupnya

Masak semua bahan bumbu kecuali kecap dan maizena. Panaskan dengan api kecil sampai mendidih. Setelah itu, tambahkan kecap manis dan tepung maizena. Aduk sebentar sampai mengental. Bumbu bakar siap digunakan.

 

7 dari 7 halaman

Tempe bisa dikukus terlebih dahulu, kemudian, dipotong dadu. Setelah selesai dikukus, tempe kemudian disusun dengan tusukan sate. Lalu rendam dalam bumbu bakar.

Diamkan selama sekitar 30 menit terlebih dahulu. Dengan begini, bumbu akan lebih meresap ketika dipanggang.

Sebenarnya kita bisa pakai wajan antilengket untuk memanggang sate tempe ini. Tapi bila ingin rasanya lebih enak, kita perlu menggunakan arang untuk memanggang sate tempe. Aroma bakar dari arang akan membuat sate tempe ini terasa lebih istimewa.

Tempe Balado Manis, Menu Praktis untuk Santap Sahur© MEN

Tertarik untuk langsung mencoba membuat sate tempe sendiri di rumah? Semoga info ini bermanfaat, ya.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

 

Beri Komentar