12 Peran Antagonis Paling Ikonik di Sinetron Sepanjang Dua Dekade Terakhir

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 13 Juli 2021 09:23
12 Peran Antagonis Paling Ikonik di Sinetron Sepanjang Dua Dekade Terakhir
ktingnya yang judes dan berhati buruk bagai iblis, pemeran antagonis sangat merasuk ke dalam hati para pemirsa televisi Tanah Air.

Dream - Jalan cerita dalam sinetron semakin menarik dengan adanya konflik. Konflik muncul karena adanya pemeran antagonis dalam sebuah cerita sinetron maupun film.

Tak jarang peran antagonis sukses bikin penonton geregetan. Aktingnya yang judes dan berhati buruk bagai iblis, pemeran antagonis sangat merasuk ke dalam hati para pemirsa televisi Tanah Air.

Selama dua dekade terakhir ini, sinetron masih menjadi opsi hiburan masyarakat. Beberapa aktris-nya pun menjadi sosok yang ikonik berkat perannya dalam judul sinetron tertentu.

Berikut 12 peran antagonis paling ikonik di sinetron sepanjang dua dekade terakhir. Favoritmu yang mana?

1 dari 12 halaman

1. Karakter Bawang Merah

Ilustrasi© Youtube/MD Entertainment

Bagi generasi yang lahir pada era 90-an pasti tidak asing dengan sinetron Bawang Putih Bawang Merah. Sinetron yang tayang pada 2004 silam ini sanat diingat di hati masyarakat berkat jalan ceritanya yang penuh konflik dan lika-liku.

Peran Bawang Merah yang diperankan oleh Nia Ramadhani tentu saja meninggalkan kesan di hati masyarakat. Ia yang berparas ayu ini berhasil membuat penonton sebal berkat kepiawaiannya memerankan tokoh antagonis yang selalu jahat pada saudara tirinya, Bawang Putih.

Karakter yang ia bawakan sebagai sosok antagonis sangatlah lihai. Raut mukanya pun sukses bikin penonton ingin menonjokknya. Nmaun begitulah, peran bawang merah oleh Nia Ramadhani ini menjadi salah satu peran yang paling ikonik sepanjang dua dekade terakhir.

 

2 dari 12 halaman

2. Sosok Cleo

Ilustrasi© Instagram/@celine_evangelista

Sosok Cleo dalam sinetron Cinta Suci memang bikin gemas penonton. Bagaimana tidak, tokoh yang diperankan oleh Celine Evangelista ini memang jago banget mengusik hubungan seseorang. Sinetron ini tayang pada 2018 silam garapan sutradara M Abdullah.

3 dari 12 halaman

3. Peran Surya

Ilustrasi© Istimewa

Tercatat selama hampir dua dekade terjun di dunia seni peran Adipura telah membintangi puluhan judul sinetron dan beberapa film layar lebar. Pria kelahiran 24 Februari 1969 itu menampilkan karakter yang khas, nada bicara yang bisa memainkan emosi penonton serta menampilkan mimik wajah dan bahasa tubuh yang meyakinkan sebagai pemeran antagonis.

Namanya mulai dikenal sejak bermain di sinetron Gerhana di tahun 1999 sampai 2003. Ia memerankan tokoh Surya yang sukses bikin geregetan penonton.

Keberhasilan Gerhana membuat pemilik nama lengkap Adipura Prabhaswara ini banyak mendapat tawaran main sinetron. Sejak era 90-an sampai sekarang, Adipura termasuk aktor pemeran antagonis yang berkarisma dan punya kualitas yang mumpuni.

4 dari 12 halaman

4. Peran Jessica

Ilustrasi© YouTube/MVP Hits

Tokoh Jessica dalam sinetron Bidadari 2 dan Bidadari 3 juga tak kalah ikonik lho. Karakter antagonis yang diperankan oleh Gracia Indri ini sukses membuat penonton gemas.

Saking suksesnya sebagai sosok jahat, Gracia Indri lekat dengan peran antagonis. Ia mendapat tawaran bermain sinetron maupun film dengan karakter antagonis. Alhasil ia berhasil membintangi banyak sinetron dan paling banyak mendapatkan peran antagonis.

5 dari 12 halaman

5. Tokoh Adel

Ilustrasi© Youtube/Full Drama Indonesia

Dalam sinetron Anakku Bukan Anakku, Raya Kohandi yang berperan sebagai Adel ini sering berlaku jahat pada sang tokoh utama, yakni Nabila Syakieb. Raya Kohandi pun kerap mendapatkan peran antagonis karena memiliki wajah dan alis tebal yang terkesan galak.

6 dari 12 halaman

6. Karakter Laura

Ilustrasi© YouTube/RCTI - LAYAR DRAMA INDONESIA

Masih ingat dengan sinetron Upik Abu dan Laura? Mengingat itu pasti tak bisa lepas dari sosok Laura yang diperankan Cinta Laura. Pada saat itu, ia berperan sebagai tokoh antagonis yang menyebalkan, manja, dan berperilaku tidak baik pada pemeran Upik, Alyssa Soebandono.

7 dari 12 halaman

7. Karakter Rika

Ilustrasi© Youtube/MVP Hits

Sosok Moudy Wilhelmina sangat lekat dengan citranya sebagai pemeran antagonis. Ia terlihat begitu menjiwai dan mampu membuat penonton sebal dengan tingkahnya sebagai Rika di sinetron Bidadari 2.

8 dari 12 halaman

8. Tokoh Janet

Ilustrasi© Youtube/Akmalintercine200

Peran antagonis yang ikonik selanjutnya adalah Janet yang diperankan oleh Eva Anindhita di sinetron Kejora dan Bintang. Aktingnya sukses mencuri perhatian pecinta sinetron karena ia begitu mampu mendalami peran sebagai Janet dan mengekspresikan wajahnya yang jahat.

9 dari 12 halaman

9. Peran Liza

Ilustrasi© YouTube/Full Drama Indonesia

Adik dari Gracia Indri, Gisella Cindy ini pun tak jauh dari sang kakak yang kerap memerankan tokoh antagonis yang ikonik. Ketika berakting sebagai Liza di sinetron Candy, ia berubah menjadi gadis yang menyebalkan, judes, dan jahat.

10 dari 12 halaman

10. Peran Setan oleh Vicky Burky

Ilustrasi© YouTube/Full Drama Indonesia

Tak hanya menampilkan ekspresi yang terkesan jahat, Vicky Burky juga sangat totalitas dalam memainkan perannya sebagai tokoh antagonis. Dalam sinetron Anakku Bukan Anakku, ia yang berperan sebagai setan didandani dengan wajah mengerikan, memakai baju serba hitam, serta membawa properti berupa ular sanca.

 

11 dari 12 halaman

11. Sosok Mischa

Ilustrasi© YouTube/Full Drama Indonesia

Meskipun memiliki wajah yang tak terkesan jutek, Dinda Kanyadewi ternyata berhasil memainkan peran antagonis sebagai seorang perawat di sinetron Anakku Bukan Anakku. Ia pun dapat menunjukkan ekspresi yang sadis dan membuat penonton ikut naik pitam. Peran dia sebagai Mischa sebagai tokoh antagonis di Cinta Fitri juga sukses membuat emosi penonton.

12 dari 12 halaman

12. Peran Elsa

Ilustrasi© Instagram/@glencachysaraofficial

Nama Glenca Chysara menjadi dikenal berkat perannya sebagai Elsa di sinetron Ikatan Cinta. Berkat kepiawaiannya berakting, sosok Elsa menjadi peran antagonis ikonik yang bakal dikenang.  Glenca mampu membuat penonton emosi dengan berakting sebagai Elsa dengan tingkahnya yang licik dalam menyembunyikan segala kebohongannya.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More