7 Artis K-Pop yang Meninggal Tragis karena Depresi

Reporter : Sugiono
Selasa, 3 Desember 2019 16:36
7 Artis K-Pop yang Meninggal Tragis karena Depresi
Kehidupan sebagai artis sebenarnya tidak semudah dan seindah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang.

Dream - Banyak yang membayangkan bahwa hidup sebagai artis pasti menyenangkan. Gelimang harta dan banjir pujian dari penggemar membuat banyak orang bercita-cita jadi artis.

Namun, kehidupan sebagai artis sebenarnya tidak semudah dan seindah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang.

Sebagian orang tidak menyadari bahwa banyak artis yang sebenarnya 'menderita penyakit mental'. Mereka depresi dan stres gara-gara tuntutan gaya hidup dan penampilan yang sempurna.

Belum lagi mereka juga menerima kritik dan cibiran yang datang bertubi-tubi dari netizen yang maha benar.

Seperti yang terjadi pada tujuh artis K-Pop yang dilansir oleh World of Buzz berikut ini. Mereka meninggal secara tragis dengan cara bunuh diri akibat tak kuat menghadapi nyinyiran para haters.

1 dari 7 halaman

1. Lee Hye-Ryeon alias U;Nee

U;Nee adalah seorang penyanyi, rapper, aktris, dan penari yang terkenal di dunia K-Pop tahun pada tahun 2003 setelah merilis single pertamanya, Go. Menurut Sick Chirpse, U;Nee adalah wanita yang sangat lembut dalam berbicara dan tidak bisa menerima kritik.

 Lee Hye-Ryeon alias U;Nee

Kepada polisi, teman-temannya mengatakan bahwa U;Nee menderita depresi, tetapi menyembunyikannya dari keluarga. Meskipun tidak meninggalkan catatan terakhir, dia menulis di situs webnya beberapa saat sebelum kematiannya:

" Aku merasa semuanya kosong. Aku lagi-lagi berjalan menyusuri jalan setapak untuk mencapai tujuan yang tidak aku ketahui."

Akibat tak kuat dengan nyinyiran para haters, U;Nee gantung diri di rumahnya, di Seo-gu. Dia berusia 25 tahun saat itu.

2 dari 7 halaman

2. Lee Seo-hyun

Vokalis grup vokal M.Street ini adalah salah satu dari mereka yang menderita depresi akibat keruntuhan ekonomi di Korea Selatan pada tahun 2008. Dia tidak hanya menginvestasikan uangnya sendiri, tetapi sejumlah besar uang milik teman dan seniornya dalam bentuk saham.

 Lee Seo-hyun, member M.Street.

Sayang, dia kehilangan semuanya karena krisis moneter. Menurut Drama Beans, Lee Seo-hyun kewalahan dengan tekanan yang ada saat berusaha menyelamatkan semua asetnya sampai dia akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. Dia gantung diri di studio rekamannya dalam usia 30 tahun.

3 dari 7 halaman

3. Park Yong-ha

 Park Yong-ha

Setelah menjadi terkenal lewat serial drama TV, Winter Sonata, Park Yong-ha kemudian merilis album sebagai penyanyi. Meskipun tidak memiliki riwayat depresi, dia dilaporkan mendapat banyak tekanan ketika mencoba mengelola perusahaan hiburan dan kariernya sambil merawat ayahnya yang sakit parah akibat kanker.

Menurut BBC, dia menghabiskan beberapa saat terakhirnya bersama sang ayah, meminta maaf kepadanya karena 'sakit' sebelum ibunya menemukan Park Yong-ha gantung diri dengan seutas kabel listrik. Dia berusia 32 pada saat itu.

4 dari 7 halaman

4. Ahn So Jin

Ahn So Jin tidak pernah menjalani debut dalam grup K-Pop ataupun sebagai solois. Dia hanyalah salah satu calon yang bersaing untuk mendapatkan tempat di girl grup mapan, KARA. Setelah kalah dari pesaing lainnya, ia masuk sebagai 'trainee' dan dimasukkan dalam daftar untuk menjadi bagian dari girl grup DSP Media berikutnya, April.

 Ahn So Jin

Namun, menurut Nexter, terjadi hal yang tidak beres dalam perekrutan tersebut hingga dia dikeluarkan dari kontraknya. Hal ini menyebabkan Ahn So Jin menjadi depresi sehingga akhirnya dia memutuskan bunuh diri dengan melompat dari apartemennya di lantai 10. Dia berusia 22 tahun saat itu.

5 dari 7 halaman

5. Kim Jonghyun

Kim Jonghyun adalah solois sekaligus vokalis dari boy band populer, SHINee. Catatan bunuh diri Jonghyun hanya memberi sedikit informasi tentang betapa tertekannya dia. Jonghyun mengaku dirinya begitu 'hancur' dan dia 'tidak bisa melawannya lagi'.

Kematian tragis Jonghyun membuat penggemarnya patah hati. Mereka menyalahkan daya saing yang berlebihan dan tekanan dari industri K-Pop.

 Kim Jonghyun

Menurut SCMP, Jonghyun ditemukan tak sadarkan diri di kamar hotel Seoul, dengan briket batubara terbakar di wajan, metode umum yang digunakan kebanyakan warga Korea Selatan untuk bunuh diri. Polisi membawanya ke rumah sakit di mana dia kemudian dinyatakan meninggal. Dia berusia 27 tahun saat itu.

6 dari 7 halaman

6. Choi Jin-ri alias Sulli

 Sulli ex-F(X) Meninggal Dunia

Sulli adalah member terkemuka dari girl grup K-pop f(x) yang akhirnya menjadi solois. Dia dikenal sebagai sosok yang blak-blakan jika bicara masalah kesehatan mental, cyber bullying dan hak-hak wanita. Topik-topik tersebut tidak umum di kalangan bintang K-Pop. Sikapnya ini membuat Sulli jadi cibiran netizen. Dia juga mendapat pengawasan ketat dari otoritas di Korea Selatan.

Dia dibilang 'jelek', 'tidak berbakat', dan banyak komentar kasar lainnya. Apa pun yang dilakukan Sulli hanya mendatangkan lebih banyak kebencian dari netizen. Menurut BBC, dia ditemukan tewas di rumahnya tanpa tanda-tanda kekerasan. Mempertimbangkan keterbukaannya mengenai depresinya (dengan dia memposting beberapa video tentang dirinya), kematiannya sejak itu dianggap sebagai bunuh diri. Dia berusia 25 tahun saat itu.

7 dari 7 halaman

7. Goo Hara

 Artis K-Pop Goo Hara Ditemukan Meninggal di Rumahnya

Penyanyi, aktris, mantan member girl grup KARA dan teman dekat Sulli, ini pernah selamat dari upaya bunuh diri 6 bulan sebelum kematiannya. Seperti kebanyakan artis K-Pop, kehidupan Goo Hara selalu jadi sorotan netizen.

Dia juga menghadapi nyinyiran di media sosial. Dia di-bully dan dipermalukan oleh netizen. Menurut SCMP, Goo Hara ditemukan meninggal di rumahnya hanya 6 minggu setelah kasus bunuh diri Sulli. Dia memposting kata-kata 'Selamat tinggal' di Instagram-nya. Goo Hara meninggal di usia 28.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya