Di Tengah Serbuan Superhero Marvel, Gundala Mampu Bersaing?

Reporter : Idho Rahaldi
Kamis, 29 Agustus 2019 08:24
Di Tengah Serbuan Superhero Marvel, Gundala Mampu Bersaing?
Superhero Indonesia siap bersaing!

Dream - Abimana Arysatya mengaku sempat takut saat didapuk memerankan karakter Gundala. Dia membayangkan orang-orang bakal membandingkan Gundala dengan superhero besutan Marvel atau DC Comics.

" Awalnya gue takut karena ekspektasi orang pasti tinggi. Apalagi ini tahunnya superhero," kata Abimana saat peluncuran film Gundala di Epicentrum XXI Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Tahun ini, sejumlah film superhero Marvel dan DC Comics memang naik ke layar bioskop Tanah Air. Sebut saja Captain Marvel, Hellboy, dan Shazam. Ada pula Avengers: End Game yang fenomenal, Masih ada X-Men: Dark Phoenix dan Spider-Man: Far From Home.

Abimana tidak ingin Gundala dibanding-bandingkan dengan film-film tersebut. " Tapi pasti akan dibandingkan," ujar dia.

1 dari 2 halaman

Akan Mampu Bersaing

Namun Abimana memastikan film garapan Joko Anwar ini mampu bersaing dengan sinema-sinema superhero luar negeri.

" Makanya kami harus bisa kasih sesuatu yang bisa bersaing. Karena pasarnya juga bukan cuma Indonesia, pasarnya sudah global ketika masuk ke digital. Jadi secara value harus ditingkatkan," tambah dia.

Untuk memerankan sosok Sancaka atau Gundala, Abimana merasa tidak ada kesulitan. Dia bahkan mengaku pernah merasakan hal yang sama seperti Sancaka kecil.

" Saya pernah hidup di sosial ekonomi yang sama seperti Sancaka, jadi enggak perlu riset terlalu berat. Rumah susun yang pakai syuting saya pernah tinggal di situ jadi risetnya lebih gampang dan rumah susun itu gak pernah berubah dari 15 tahun yang lalu," lanjut Abimana.

2 dari 2 halaman

Diangkat dari Komik

Seperti superhero Marvel dan DC yang merupakan adopsi komik, Gundala juga diangkat dari komik legendaris ciptaan Hasmi. Tahun 2019 merupakan tahun ke-50 karakter Gundala dibuat.

Gundala© dream.co.id

" Film Indonesia bisa maju karena dukungan penonton film Indonesia, kalau kalian mau datang ke bioskop umtuk menonton film super hero dari luar, kenapa enggak mau datang buat nonton film jagoan dari Indonesia? Supaya film Indonesia terus membuat film yang lebih baik lagi," tutup Abimana

Dengan animasi yang epic, Gundala siap bersaing dengan super hero internasional dan menjadi karakter jagoan baru yang membanggakan.

Laporan Vika Novianti Umar

Beri Komentar