Ahmad Dhani Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 23 April 2019 19:29
Ahmad Dhani Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara
Suami Mulan Jameela itu dinilai terbukti telah melakukan pencemaran nama baik.

Dream - Ahmad Dhani dituntut hukuman penjara selama 18 bulan. Suami Mulan Jameela itu dinilai terbukti telah melakukan pencemaran nama baik.

" Menuntut agar Majelis Hakim menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan," kata Jaksa Hari Basuki saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, Selasa 23 April 2019.

Perbuatan Ahmad Dhani yang mengunggah video yang memuat kata-kata 'idiot' dianggap telah memenuhi unsur pidana sebagaimana tertuang dalam Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

 Ahmad Dhani Bantah Menunggak Pembayaran Koleksi Barang Antik

Ahmad Dhani (Kapanlagi.com)

Dalam tuntutan itu, jaksa juga mencantumkan hal-hal yang memberatkan Ahmad Dhani. Pentolan Dewa 19 tersebut dianggap tidak mengaku bersalah atas kasus yang didakwakan padanya. Selain itu, perbuatan Ahmad Dhani menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan. 

Kuasa hukum Ahmad Dhani, Sahid, akan menyusun pembelaan untuk kliennya. " Kami mohon waktu selama dua minggu untuk memantapkan pledoi," kata Sahid.

Sementara itu, dalam sidang kali ini, Ahmad Dhani tampak didampingi oleh Mulan Jameela. Namun, tidak sepatah katapun diucapkan Mulan terkait dengan proses sidang yang tengah dijalani suaminya.

Ahmad Dhani didakwa telah melakukan pencemaran nama baik terkait dengan ujaran 'idiot' dalam vlog yang disampaikannya di Hotel Mojopahit Surabaya. Ujaran idiot dalam vlog tersebut ternyata menyinggung salah satu unsur massa pengunjuk rasa yang menolak deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya.

Dalam sidang dakwaan, jaksa mendakwa Ahmad Dhani melanggar Pasal 45 ayat (3) jo pasal 27 ayat (3) UU RI No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika. Adapun ancaman hukumannya adalah maksimal 6 tahun penjara.

Sumber : Liputan6.com/ Dian Kurniawan

1 dari 2 halaman

Sidang Ahmad Dhani Ricuh, Ini Penyebabnya

Dream - Sidang Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis 11 April 2019, berakhir dengan ricuh. Video kericuhan itu menjadi viral di media sosial.

Dalam video itu, Ahmad Dhani terlihat berontak saat hendak dimasukkan ke dalam mobil tahanan. Para petugas terus memaksa suami Mulan Jameela itu, hingga akhirnya masuk ke dalam mobil.

Dhani sempat berdiri di pintu mobil dan meneriakkan takbir di hadapan massa pendukungnya. "  Allahuakbar," pekik Ahmad Dhani yang mengenakan baju dan blangkon hitam.

  Ahmad Dhani

Terkait insiden itu, pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian, membeberkan penyebabnya. Menurut dia, kericuhan terjadi saat kliennyaingin menemui wartawan untuk sesi wawancara. Tapi ayah lima anak itu justru ditarik oleh salah satu petugas.

" Itu barusan kenapa ricuh, ditarik lehernya sama Jaksa, masa ditarik-tarik kaya apaan," kata Aldwin Rahaduan dalam video yang tersebar di sosial media.

Menurut Aldwin tak sepantasnya jaksa melakukan tindakan seperti itu. Sebab, Dhani pada saat itu ingin menemui wartawan yang sudah menunggunya untuk sesi wawancara.

" Orang mau menemui wartawan kok, sebentar, ditarik-tarik begitu apa-apaan," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Kata Mulan Jameela Soal Kericuhan di Akhir Sidang Ahmad Dhani

Dream Mulan Jameela enggan menanggapi kericuhan yang terjadi setelah persidangan Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur. Sebagai istri, Mulan merasa tugasnya hanyalah berdoa untuk sang suami.

" Tugas saya pokoknya cuma berdoa dan husnuzon saja," kata Mulan Jameela, di Jakarta, Senin 15 April 2019.

Memang terjadi keributan setelah persidangan Ahmad Dhani yang digelar pada Kamis 11 April 2019. Kericuhan tersebut terjadi di luar ruang sidang, saat Ahmad Dhani hendak dibawa ke mobil tahanan.

Setelah persidangan itu, Ahmad Dhani bermaksud berbicara kepada wartawan dan para pendukungnya. Namun jaksa memintanya langsung masuk ke dalam mobil tahanan.

Sempat terjadi saling dorong antara Ahmad Dhani dengan jaksa yang mengawalnya. Namun akhirnya Ahmad Dhani berhasil dibawa masuk ke dalam mobil, meski sempat berdiri di pintu mobil sambil mengangkat tangannya.

Ahmad Dhani juga meneriakkan takbir di hadapan massa pendukungnya. "  Allahuakbar," pekik Ahmad Dhani yang mengenakan baju dan blangkon hitam.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya