Penjelasan Roro Fitria Soal Geger Ritual Malam 1 Suroh

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 27 September 2017 06:24
Penjelasan Roro Fitria Soal Geger Ritual Malam 1 Suroh
Roro menganggap hal itu adalah bagian dari budaya

Dream - Roro Fitria memberikan klarifikasi terkait ritual malam 1 suroh yang diunggahnya di akun sosial medianya beberapa waktu lalu. Dalam ritual tersebut, Roro terlihat melakukan ritual dengan menyajikan sejumlah sesaji dan api yang menyala pada tungku kecil.

Dikutip dari akun instagramnya, Roro mengatakan jika video unggahan Roro tersebut ternyata memancing beragam reaksi dari warganet.

Banyak peselancar media sosial memang menuding Roro melakukan aktivitas yang mengarah pada musyrik.

Menurut Roro ritual yang dilakukannya merupakan salah satu bentuk upayanya melestarikan adat istiadat Indonesia. Dia mengaku prihatin dengan kondisi generasi muda yang sudah tergerus oleh budaya global.

Merinding, Ritual Roro Fitria Ini Tuai Kecaman© MEN

" Sebagaimana budaya adalah akar suatu Bangsa berdiri kokoh & kuat. Dan memjadikan #suritauladan bagi generasi #muda yg selalu #komitment utk melestarikan adat istiadat Indonesia, yg semakin hari semakin tergerus era #globalisasi / #modernisasi,"  tulisnya. 

Roro berharap dengan penjelasannya ini, banyak orang yang bisa terbuka wawasananya sekaligus bisa saling menghormati dan menjunjung adat istiadat yang menjadi warisan leluhur. 

 

1 dari 1 halaman

Bikin Merinding! Begini Ritual Malam 1 Suro Roro Fitria

Dream - Selama ini Roro Fitria kerap melalukan berbagai upacara. Foto dan video ritual yang menggunakan sejumlah sesaji itu diunggah ke media sosial.

Seperti video yang diunggah ke Instagram pada Jumat 22 September 2017. Dalam rekaman itu, Roro terlihat kembali melakukan ritual.

Roro terlihat mengenakan baju berkelir cokelat lengan panjang. Sementara bagian kepala berkerudung hijau. Dia menghadap meja yang di atasnya terdapat sejumlah sesaji dan api yang menyala pada tungku kecil.

Perempuan asal Yogyakarta itu mengawali ritual ini dengan menangkupkan kedua tangan. Selembar kertas berada di antara telapak tangannya. Wanita itu kemudian terlihat menyembah.

Setelah itu, kedua telapak tangan yang mengapit kertas itu seolah digosok-gosokkan. Tak lama kemudian kedua telapak tangan kiri diangkat, sehingga kertas itu berada di telapak kanan yang menghadap ke atas.

Kertas tersebut semula lurus. Namun, kemudian menjadi melengkung. Terutama saat Roro menaruh tangan kanannya di atas api yang membara dari dalam tungku.

Dalam video itu pula terdengar kidung dalam bahasa jawa dan lantunan ayat suci Alquran. Video ini juga disertai narasi suara dalam bahasa Jawa yang pada intinya mengucapkan syukur kepada Tuhan.

" Alhamdulillahi robbil alamin segala puji bagi Tuhan seru sekalian alam. Matursembah nuwun Kanjeng Gusti Pengeran Allah SWT lan ugi Kanjeng Gusti Nyai Ratu Nyai Roro Kidul sedoyo berkah, limpah, loh jinawi lan ugi kekiyatan ingkang nyai gadah sameniko matur sembahnuwun," kata Roro Fitria pada video tersebut.

Pada unggahan itu, Roro menuliskan bahwa ritual tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan malam 1 Suro.

" Hamdallah #Nyai #ROROFITRIA ~#matursembahnuwun atas segala #berkah #rahmat #gemah #limpah #loh #jinawi & #kekuatan #pancaindera : #melihat #saudara dari #metafisika , #merasakan #energi #leluhur , dan di malam 1 #Suro #alhamdulillah diberikan berkah #kekuatan #arto #uang #keramat #RATU,"  tulis Roro Fitria melengkapi unggah foto.

Namun sayang Roro sengaja mengunci kolom komentar unggahan ini. Karena sering melakukan ritual, Roro bahkan sempat dituding musyrik. Meski demikian dia menolak tudingan itu.

" Saya enggak suka dibilang musyrik, saya masih sholat lima waktu," kata Roro di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Beri Komentar