Ceramah Oki Setiana Dewi Soal KDRT Banjir Kritikan

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 3 Februari 2022 12:23
Ceramah Oki Setiana Dewi Soal KDRT Banjir Kritikan
Begini isi ceramah Oki Setiana Dewi!

Dream - Oki Setiana Dewi mendapatkan sorotan setelah berceramah tentang perempuan di Jeddah, Arab Saudi, yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Ibu empat anak ini menceritakan kisah tersebut sebagai pengalaman nyata seseorang di Jeddah. Oki mengatakan wanita tersebut terlibat pertengkaran dengan suami.

Menurut Oki, wanita itu dipukul oleh sang suami pada bagian wajah hingga menangis. Tak disangka saat pertengkaran terjadi, datang orangtua sang istri. Mereka bertanya kepada anaknya kenapa menangis.

Namun wanita itu menutup aib suaminya dengan tidak mengadukan perbuatannya ke orangtuanya. Wanita itu justru menyebut alasan menangis karena menahan rindu dengan kedua orangtuanya.

Ceramah Oki Setiana Dewi© Ceramah Oki Setiana Dewi

Foto : @lambegosiip

" Anakku kenapa kok mau nangis matanya sembab begitu kenapa? istrinya mengatakan ibu ayah Ya Allah. Aku tuh tadi berdoa sama Allah. Aku rindu sama ibu sama ayah udah lama enggak ketemu," kata Oki Setiana Dewi dalam video ceramah yang diunggah akun Instagram @lambegosiip, Kamis 3 Februari 2022.

" Aku tuh nangis karena aku rindu sama ibu sama ayah eh tahunya Allah langsung menjawab doa aku, aku semakin terharu jadi aku rindu sama ibu sama bapak bahagi bisa ketemu sama ibu sama bapak," lanjut dia.

1 dari 7 halaman

Tutup Aib Suami

Menurut Oki, sebenarnya bisa saja istrinya mengadukan perilaku suaminya tersebut ke orangtuanya, tapi tidak dilakukan. Oki menyebut wanita yang sedang marah biasanya suka membesar-besarkan cerita.

Ceramah Oki Setiana Dewi© Ceramah Oki Setiana Dewi

Foto : @lambegosiip

" Padahal bisa loh istrinya ngadu sama orang tuanya, 'Aku baru dipukul, ada KDRT kekerasan dalam rumah tangga, suamiku itu. Kan kalau perempuan kadang-kadang suka lebay ceritanya enggak sesuai kenyataan. Orang kalau lagi marah, lagi sakit hati ceritanya suka dilebih-lebihkan biasanya," kata Oki.

 

 

2 dari 7 halaman

Suami Terenyuh Lihat Sikap Istri

Kakak kandung Ria Ricis ini menyebut suami wanita itu terenyuh dengan tindakan sang istri karena tidak membongkar perlakuannya.

" Suaminya luluh hatinya istriku itu masya Allah menyimpan aibku sendiri ya Allah luar biasa. Makin sayang dan cintalah suami tersebut," kata Oki.

Ceramah Oki Setiana Dewi© Ceramah Oki Setiana Dewi

Foto : @lambegosiip

Menurut Oki, sebenarnya seorang istri tidak perlu menceritakan aib suami dan menjelek-jelekannya.

" Jadi enggak perlulah cerita-cerita yang sekiranya membuat kita menjelek-jelekkan pasangan kita sendiri," tuturnya.

3 dari 7 halaman

Komentar Netizen

Ceramah Oki Setiana Dewi ini viral dan banyak diunggah akun-akun gosip di instagram dan di twitter. Namun bukan pujian, Oki dikritik karena diangpap telah membenarkan perilaku KDRT.

" Coba yg dia kena kdrt dl bru tau rasanya," tulis akun @daviddd23_.

" MengHALALKAN KDRT," tulis akun @rusantosidiq.

" Gw klo udah mukul skali maaf aja! Gw tinggal langsung udah keg gk ada yg lainnn ja," kata akun @chitra_a_d_93.

Meski banyak hujatan tak sedikit pula yang memberikan pembelaan kepada Oki Setiana Dewi. Menurut mereka maksudnya Oki menceritakan bagaimana seorang perempuan menutup aib suaminya bukan membenarkan KDRT.

" Sebenarnya ini lagi ceramah menceritakan sosok wanita hebat yg bisa menutupi kesedihan nya. Bukan nya membolehkan kdrt. Ayolah netizen udah 2022 makin pintar, jangan suudzon. Banyakin sedekah kalau bisa ibadah dibagusin," kata akun @kiahnuza.

" Mgkin aja suami nya khilaf baru sekali mukul. Bukan kdrt yg sesungguh nya yg tiap berantem mukul. Mmg bener ada masalah apapun di rumah tangga jangan cerita ke siapapun," tulis akun @ralasakti.

4 dari 7 halaman

Oki Setiana Dewi Punya Cara Baru Berdakwah

Dream - Setelah syuting 2 tahun lalu di Belanda, Oki Setiana Dewi merasa bahagia karena film berjudul 'Merindu Cahaya de Amstel' akhirnya tayang di bioskop. Pandemi membuat peluncuran film ini tertunda cukup lama.

" Film ini syuting 2020 awal bulan februari, pulang ke Indonesia sudah lockdown, film ini lama sekali menunggu," ujar Oki Setiana Dewi di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 17 Januari 2022.

Intip 9 Gaya Glamor Bunga Citra Lestari

Buat Oki, film ini sangat berkesan untuknya. Bukan hanya karena film ini mengangkat tema religi, seluruh pemain yang terlibat seperti Amanda Rawles, Bryan Domani dan Rachel Amanda merasakan banyak perubahan positif usai menjalani syuting ini.

" Masyaallah film ini jadi wasilah teman-teman tertarik mendalami Islam. Kita banyak ngobrol tentang Islam usai film ini selesai," ucap Oki Setiana Dewi.

5 dari 7 halaman

Bryan Banyak Alami Perubahan

Manda© Instagram

Pernyataan Oki dibenarkan oleh Bryan Domani. Dia merasakan banyak perubahan positif usai syuting film ini.

Kondisi Terbaru Tukul Arwana, Tertawa Saat Dijenguk Sule

" Jujur di film ini banyak berubah di hidup aku, selesai syuting lockdown 6 bulan, filmku semua mundur, aku dibuat lebih membumi lagi. Belajar banyak aku dari film ini, mudah-mudahan bukan cuma kita aja yang banyak berubah, dan diharap yang nonton banyak merasakan yang sama," kata Bryan.

6 dari 7 halaman

Berdakwah

Oki menambahkan kalau film ini juga salah satu jalur untuk dirinya berdakwah. Cerita dalam film ini menurut Oki banyak terjadi di dunia nyata.

" Bahagia karena nilai islam masuk dalam film ini jadi bisa menginspirasi orang banyak," ungkap Oki.

Tangis Lesti Kejora Lelah Dicibir dan Selalu Dituntut Sempurna: `Apa Salah Dede?`

Menurut Oki, keterlibatannya dalam film ini juga bagian dari dakwah. Kakak Ria Ricis ini mengungkap kalau berdakwah lewat film dan secara langsung di masjid sangat berbeda.

" Dakwah di masjid sudah biasa, yang lihat cuma para jamaah. Kalau di film kan ditonton banyak orang," kata dia.

Film ini mengangkat tema religi dan banyak disisipkan pesan Islam. Oki memastikan kalau cerita dalam film ini tidak menggurui.

" Di sini ada dibahas tentang hijab, tentang taubat, saya pas nonton film ini jadi terharu, ini film Islam untuk saya sendiri jadi ada pengingatnya. Kalau dilihat dari film ini pesan-pesan tidak mengurui," kata Oki.

7 dari 7 halaman

Film " Merindu Cahaya de Amstel" merupakan sebuah karya novel yang digarap produksi Unlimited Production yang bekerjasama dengan Maxstream.

" Kami berharap penayangan “ Merindu Cahaya de Amstel” ini dapat memberikan tontonan yang tidak hanya menghibur, tapi juga mampu memberikan pandangan-pandangan baru hingga nilai-nilai positif bagi siapa pun yang menontonnya," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana.

Kronologi Jimin BTS Terpapar COVID-19

Film bergenre drama romansa ini berkisah tentang cinta segitiga yang dialami oleh Khadijah Venhoveen (Amanda Rawles), seorang mualaf yang tinggal di Amsterdam dengan Mala (Rachel Amanda) dan Nicolaas Van Dijk (Bryan Domani).

Tak hanya mengisahkan sisi romansa Khadijah, film ini juga mengisahkan cerita perjuangan Khadijah sebelum menemukan Islam. Turut dibintangi oleh Maudy Koesnaedi, Ridwan Remin, Oki Setiana Dewi, dan Rita Nurmaliza. Film ini tayang di bioskop pada 20 Januari 2022.

Beri Komentar