Tutup Sebagian Restoran, Chef Arnold Jual Produk Setengah Jadi Selama Corona

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 14 Mei 2020 19:24
Tutup Sebagian Restoran, Chef Arnold Jual Produk Setengah Jadi Selama Corona
Ini kata Chef Arnold.

Dream - Chef Arnold Poernomo mengaku mengalami kerugian akibat pendemi corona yang masih berlangsung di Indonesia. Arnold harus menutup sebagian usaha kulinernya termasuk restoran yang beroperasi di Bali.

" Untuk Laci di Bali, it's only make sense adalah menutupnya, supaya operation cost tidak bleeding," kata dia dalam wawancara virtual Tantangan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 dan Dukungan Instagram Bagi Para UMKM di Jakarta, Selasa sore, 12 Mei 2020.

Namun, tak demikian halnya dengan restoran Mangkok Ku yang dimilikinya bersama dua anak Presiden Jokowi. Chef Arnold masih tetap mempertahankannya beroperasi lantaran karyawan yang direkrut sudah cukup banyak.

 Chef Arnold Poernomo© Chef Arnold Poernomo

" Banyak staf kita rekrut dan pekerjakan. Enggak bisa langsung PHK atau unpaid leave. Kasihan mereka," sambung dia.

1 dari 6 halaman

Putar Otak

Chef berusia 31 tahun ini harus putar akal agar usaha restorannya bisa tetap dapat pemasukan. Berjualan online menjadi andalan meski diakuinya hal itu bukan untuk mencari keuntungan, tetapi demi mempertahankan usaha dan karyawan.

Bagaimana pun, pendapatan dari restoran berkali lipat lebih besar dibandingkan menjual produk secara online. Di samping itu, konsumen kini juga lebih menghemat dan leluasa masak sendiri di rumah daripada terus menerus jajan.

" Kita nggak bisa jual seperti kita operate restoran. Terlalu mahal, value-nya sangat kecil untuk konsumen," kata dia.

2 dari 6 halaman

Jual Produk Setengah Jadi

Strategi lainnya adalah menjual produk porsi besar setengah jadi alias setengah matang. Konsumen, kata dia, bisa mendapat pengalaman meracik makanan sesuai yang diinginkan. Harga pun masih terjangkau bagi kantong.

" Kita jual dari setengah matang, dari bahan, bumbu, sambal. Bumbu seperti apa, daging seperti apa, konsumen bisa kreasi," jelas Arnold.

Meski pendapatan dari berjualan online belum bisa menghasilkan keuntungan signifikan, bukan berarti ia meremehkan jalur online.

" Menurut saya, online F&B sekarang on the right track. Dengan pandemi, justru makin mempercepat bisnis beradaptasi dengan online. Dengan adanya PSBB, work from home, kita benar-benar membutuhkan dan meng-utilize, pakai setiap tools untuk promosikan restoran-restoran kita," tutur Arnold.

Instagram menjadi salah satu media promosi pilihannya. Selain populasi penggunanya besar, ia juga bisa mendapatkan banyak insight dari konsumen.

" Nggak hanya dapat back report, likes report, kita bisa lihat comment, mana yang lebih disuka," kata dia.

Tak kalah penting adalah masa pandemi menjadi momen untuk membentuk basis komunitas. Menurut dia, bukan saatnya jadikan follower diperas untuk keuntungan pebisnis, tetapi adalah modal komunitas yang penting untuk mendukung bisnis restoran miliknya ke depannya.

" Kita harus back to basic, apa itu? Kita harus lebih responsif dan bertanya kepada konsumennya. The goal adalah buat komunitas dari follower yang ikuti bisnis kita," jelasnya.

Ia juga mengatakan bisnis saat ini tak bisa lagi mengabaikan nilai kemanusiaan. Cara promosi hard selling tidak lagi efektif. Maka, ia mengedepankan promosi yang lebih simpatik.

" Enggak bisa dengan hard selling, enggak ada simpati. Bagaimana bisnis kita disimpatiin, misalnya, kalau sampai harus PHK? Bagaimana support ke depannya?" ucap Arnold.

(Sah, Sumber : Liputan6.com)

3 dari 6 halaman

Chef Arnold Jadi Makeup Artist Dadakan, Kaesang Beri Komentar Menohok

Dream - Aksi Chef Arnold Poernomo di sosial media kembali membuat heboh netizen. Bukan soal keahlian masaknya, namun kali ini Chef Arnold menjajal dunia yang berbeda, yaitu menjadi seorang make up artist.

Dalam cuitamnya di Twitter, Arnlod memperlihatkan keahliannya memegang kuas wajah.

" Pengumuman hari ini adalah musti kerja jadi make up artist sendiri," kata Arnold Poernomo.

  Ar© Twitter


Tentu saja apa yang dilakukan chef berusia 31 tahun ini hanya candaan untuk meramaikan jagat Twitter. Dan benar saja, salah satu yang merespon cuitan Arnold adalah putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

" Emang kamu artis?," ujar Kaesang.

  Kaes© Twitter


Ternyata cuitan Arnold juga memancing komentar netizen yang lain.

"  Itu resep eggroll make up nya pakai apa?," kata akun nugrahastan.

"  Lagi ngolesin mentega diatas bakpao," kata pismeowww.

"  Lebih lentik lagi dong tangannya. Itu mah kek ngeratain selai diroti kaku banget," kata uyiihere.

4 dari 6 halaman

Agama Dipertanyakan, Chef Arnold Beri Reaksi Mengejutkan

Dream - Belakangan, chef Arnold Poernomo atau yang lebih dikenal chef Arnold sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya banyak dari netizen yang penasaran dengan agama dari ayah satu anak ini.

Melalui akun twitternya, suami dari Tiffany Soetanto ini mengunggah kembali salah satu postingan netizen yang penasaran dengan agamanya.

"  Bukannya chef @ArnoldPoernomo sudah dihijrahkan @trestanMuslim?" tanya akun @ika_shinode.

Merasa terusik dengan agamanya dipertanyakan, Juri Master Chef Indonesia ini memberikan tanggapan.

   chef arnold© chef arnold

" Indahnya Indonesia, agama aja dikepoin. Padahal saya ga kepoin agama kalian,"  balas Chef Arnold.

Tak hanya itu, pria asal Surabaya ini juga memberikan reaksinya pada pemberitaan mengenai agamanya itu. Dia bingung banyak netizen yang penasaran dengan agamanya. Padahal perbedaan agama di Indonesia itu dianggap indah.

"  Apa sih gunanya? Beneran deh? Supaya tau Agama saya dan nanti di kafir2 dan haram2’in gitu? Saya ga peduliin kalian mau agama apa.. mau tau supaya ada perbedaan dan dipecahkan gt? Seharusnya perbedaan itu indah dan itulah Indonesia," tuturnya.

   chef arnold© chef arnold

5 dari 6 halaman

Nyanyi Pamer Bojo Versi Cendol Dawet, Boy William dan Chef Arnold Bikin Ngakak

Dream - Tembang Pamer Bojo memang sudah tak asing di telinga penikmat musik Tanah Air, khususnya pecinta dangdut koplo dan campur sari. Hampir tiap hari kita memang mendengar lagu itu.

Lagu ciptaan Didi Kempot itu memang sedang tenar-tenarnya. Diputar berbagai stasiun radio. Dibawakan di layar kaca, baik oleh Didi Kempot maupun penyanyi lain. Belum lagi menjadi trending di YouTube. Cover lagu ini juga sudah tak terhitung jumlahnya.

Ya, lagu ini memang disukai banyak orang. Salah satu yang gandrung dengan tembang Pamer Bojo adalah Boy William. Presenter sekaligus YouTuber ini melantunkan lagu tersebut saat membuat konten YouTube bersama salah satu juri Master Chef, Arnold Poernomo.

Dalam cuplikan video yang diunggah ke Instagram, Boy terlihat berkaraoke bersama Chef Arnold. Mereka menyanyikan lagu yang sedang naik daun itu. "  Boywilliam17. Lagu favorit kita.. Cendol dawet! Berapa Piro? 500!@arnoldpo @glamzcelebrity_ktv," tulis Boy William.

    Boy William dan Chef Arnold© Boy William dan Chef Arnold

Tak hanya Boy, Chef Arnold juga mengunggah cuplikan video itu ke Instagram. "  Bakat terpendam @boywilliam17,"  tulis Arnold.

Dalam tayangan itu, Boy dan Chef Arnold memang menyanyikan tembang Pamer Bojo versi 'cendol dawet'. Keduanya tampak bernyanyi dengan riang.

Meski demikian, pada bagian 'cendol dawet' mereka terdengar kaku. Kurang fasih. Tapi, Boy dan Chef Arnold terlihat tetap percaya diri. Warganet ngakak melihat tingkah Boy dan Chef Arnold.

    Boy William dan Chef Arnold© Boy William dan Chef Arnold

" Gemayy,"  tulis akun @gitayasida.

" Ambyar wkwwk,"  tulis akun @daud_1307.

" Medoook bikin ngakak,"  kata akun @titilianti__.

" Versi boy bikin ngakak,' tulis akun @wawahini.

6 dari 6 halaman

Beri Komentar