Deretan Pesohor yang Jadi Korban dan Kecipratan `Saweran` DNA Pro

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 23 April 2022 14:10
Deretan Pesohor yang Jadi Korban dan Kecipratan `Saweran` DNA Pro
Beberapa di antaranya ada yang menjadi korban investasi, menjadi brand ambassador, bahkan bintang tamu dari acara yang digelar DNA Pro. Banyak yang telah mengembalikan dana yang diterima.

Dream - Setelah Binomo dan Quotex yang menyeret beberapa crazy rich dadakan sebagai tersangka, kini muncul kasus DNA Pro. Sama seperti dua kasus sebelumnya, pelaku investasi bodong ini juga menjadi para selebriti sebagai alat untuk memikat lebih banyak korban.     

Sejak awal April, polisi telah memeriksa saksi serta sejumlah korban yang terkait kasus DNA Pro. Beberapa korban yang terkait kasus tersebut adalah publik figur.

Tak hanya jadi influencer atau diundang sebagai bintang tamu, kasus DNA Pro juga membuat beberapa orang artis menjadi korban. Tak sadar telah menjadi korban dari aksi penipuan investasi, sejumlah selebriti kooperatif dan telah mengembalikan dana pemberian DNA Pro.

Dilansir dari Merdeka.com, berikut beberapa publik figur yang terkait kasus tersebut dan diperiksa polisi.

1. DJ Una

DJ Una© Instagram @putriuna

Foto: Instagram @putriuna

DJ Una merupakan salah satu korban DNA Pro yang diduga sempat mempromosikan investasi ilegal tersebut secara tidak langsung. Pemilik nama asli Putri Una Astari Thamrin itu mengaku hanya memberikan testimoni di sebuah kanal Youtube dan tidak bermaksud mempromosikan DNA Pro.

Lebih lanjut, DNA Pro membuat akun atas namanya dan dia pun memasukkan sejumlah dana pribadi serta keluarganya yang tidak bisa ditarik kembali. Total kerugian yang dialaminya dan keluarga mencapai Rp700 juta dari hasil investasi sebesar Rp1,3 miliar.

Dana tersebut berhasil ditarik sebesar Rp623 juta. Sayangnya, dana yang kurang sebesar Rp700 juta hilang dan tidak bisa ditarik kembali.

Hingga kini, belum diketahui kelanjutan kasusnya. Namun, pemusik 34 tahun itu sempat dijadwalkan Bareskrim Polri untuk diperiksa pada 21 April 2022.

1 dari 4 halaman

2. Yosi Project Pop

Yosi Project Pop© Instagram @yosimokalu

Foto: Instagram @yosimokalu

Belakangan ini, Yosi Project Pop atau Herman Josis Mokalu dikabarkan turut menjadi korban kasus investasi ilegal, DNA Pro. Ia pun diperiksa Bareskrim Polri pada Jumat, 22 April 2022.

Meski telah diperiksa, belum diketahui penyebab panggilan Bareskrim Polri terhadap penyanyi 51 tahun itu terkait kasus investasi ilegal tersebut. Namun kabarnya, Yosi telah mengembalikan dana sebesar Rp115 juta yang didapat setelah membuat jingle DNA Pro.

3. Virzha

Virzha© Instagram @virzhaofficial

Foto: Instagram @virzhaofficial

Pelantun 'Aku Lelakimu' itu dipanggil penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri pada Jumat 22 April 2022 terkait kasus DNA Pro. Keterkaitannya dengan kasus tersebut pun enggan diungkapkan oleh Dirtipideksus Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan.

2 dari 4 halaman

4. Marcello Tahitoe (Ello)

Marcello Tahitoe© Instagram @marcello_tahitoe

Foto: Instagram @marcello_tahitoe

Ello merupakan salah satu penyanyi yang diperiksa lebih awal terkait kasus tersebut, yaitu pada Senin 18 April 2022 sebagai saksi. Sayangnya, pelantun 'Masih Ada' itu tidak dapat hadir sesuai jadwal pemeriksaan dan minta dijadwalkan ulang di pekan ini.

5. Rossa

Rossa© Instagram @itsrossa910

Foto: Instagram @itsrossa910

Rossa merupakan salah satu korban yang perkembangan kasusnya cukup ramai dibicarakan di media sosial. Dia diperiksa Bareskrim Polri akibat mendapatkan honor manggung pada sebuah acara.

Kini, dia telah menyerahkan uang sebesar Rp172 juta yang didapatkan hasil menyanyi di salah satu acara DNA Pro. Pelantun 'Tegar' itu pun tampak kooperatif dan rela mengembalikan dana jika memang harus dikembalikan.

" InsyaAllah bukan dikembalikan. Sebagai barang bukti, jadi mungkin disita sementara. Kalau memang ada yang garus dikembalikan, saya juga akan kembalikan sesuai jumlah yang harus dikembalikan," tuturnya usai diperiksa pada Sabtu 23 April 2022.

3 dari 4 halaman

6. Billy Syahputra

Billy Syahputra© Instagram @photobil_

Foto: Instagram @photobil_

Billy Syahputra juga ikut diperiksa terkait kasus tersebut di tanggal 19 April 2022 sebagai saksi. Hingga saat ini, belum diketahui perkembangan proses pemeriksaan Billy terkaiy kasus DNA Pro. Namun, beredar kabar bahwa dia sempat menerima aliran dana cukup besar sebagai Brand Ambassador.

7. Nowela

Nowela© Instagram @mikhelia

Foto: Instagram @mikhelia

Sama dengan Rossa, Nowella diduga diperiksa Bareskrim Polri akibat mendapatkan honor manggung di salah satu acara DNA Pro. Dia pun rela mengembalikan honor tersebut jika diminta oleh polisi.

4 dari 4 halaman

8. Choky Sitohang

Choky Sitohang© Instagram @sitohangchoky

Foto: Instagram @sitohangchoky

Choky Sitohang diperiksa Bareskrim Polri terkait kasus DNA Pro pada Rabu 20 April 2022. Namun, dia meminta dijadwalkan ulang pada pekan depan. Hingga saat ini, belum diketahui keterkaitan Choky terhadap kasus tersebut.

9. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan© Instagram @ivan_gunawan

Foto: Instagram @ivan_gunawan

Ivan Gunawan menjadi salah satu publik figur yang paling awal diperiksa terkait kasus investasi ilegal DNA Pro. Dia diperiksa pada Kamis 14 April 2022 terkait kontrak sebagai Brand Ambassador DNA Pro selama 3 bulan. Lebih lanjut, dia pun telah memgembalikan uang yang didapatkannya pada Bareskrim Polri.

10. Rizky Billar dan Lesti Kejora

Rizky Billar dan Lesti Kejora© Instagram @rizkybillar

Foto: Instagram @rizkybillar

Pasangan artis ini dikaitkan dengan kasus tersebut akibat menerima uang dari Co-founder DNA Pro Akademi, Steven Richard sebesar Rp1 miliar yang ditujukan untuk hadiah kelahiran anak pertama mereka.

Ketika dipanggil oleh Bareskrim Polri, Rizky pun langsung mempersiapkan uang yang diberikan tanpa disentuh sama sekali. Dia pun membantah dugaan bahwa aktor 26 tahun itu mempromosikan DNA Pro.

Beri Komentar