`Galeri Indonesia Kaya` Wadah untuk Pecinta Seni

Reporter : Kusmiyati
Selasa, 9 September 2014 12:12
`Galeri Indonesia Kaya` Wadah untuk Pecinta Seni
Sebagai upaya melestarikan warisan budaya Indonesia dan seni modern, Galeri Indonesia Kaya hadir sebagai wadah untuk para insan kreatif dan pecinta seni.

Dream - Sebagai upaya melestarikan warisan budaya Indonesia dan seni modern, satu ruang publik di Jakarta pun hadir sebagai wadah untuk para insan kreatif dan pecinta seni.

Galeri Indonesia Kaya namanya. Berdiri sejak 10 Oktober 2013 lalu galeri ini mengusung konsep pendidikan dan hiburan (edutainment) yang dibangun oleh Bakti Budaya Djarum Foundation. Berlokasi di lantai 8 Pusat Perbelanjaan Grand Indonesia, Jakarta Pusat memiliki areal seluas 635 meter persegi.
 
Direktur Program Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, mengatakan kehadiran galeri ini memadukan konsep tradisi Indonesia dan seni modern. Tujuannya, memfasilitasi berbagai kegiatan seni budaya serta mengajak anak muda menyaksikan pertunjukan seni.

Sebenarnya lahir dari ide banyak orang termasuk masukan dari para seniman yang mengatakan kurangnya ruang publik untuk panggungnya seniman di Jakarta," ujar Renita saat ditemui dalam acara Launching Album Symphonic Tales of Indonesia Tjut Nyak Deviana Daudsjah, kemarin. 

Renita menambahkan, Galeri Indonesia Kaya ini juga menyuguhkan permainan anak-anak dari berbagai daerah. Juga informasi seputar kuliner, kekayaan alam, dan budaya negeri sendiri.

" Kami ingin memperkaya pengetahuan generasi muda akan warisan budaya Indonesia, agar mereka semakin mencintai dan mengapresiasi budaya bangsanya," ujar Renita.

Galeri Indonesia Kaya ini mengemas kebudayaan Indonesia begitu menarik dan menyenangkan untuk semua usia. Saat memasuki galeri ini, pengunjung dimanjakan dengan beragam fasilitas berbasis digital multimedia. Galeri yang begitu nyaman ini didesain sangat kental dengan kebudayaan Indonsia, anyaman rotan dan batik menjadi hiasan di seluruh dinding.

" Selain berbagai ornamen kebudayaan Indonesia, ada juga auditorium yang didukung fasilitas canggih sebagai sarana bagi pelaku seni maupun masyarakat menampilkan berbagai kesenian Indonesia dan kegiatan lainnya secara gratis," kata Renita. (Ism)

Beri Komentar