Jefri Nichol Terancam 12 Tahun Penjara, Hati Tak Tenang Jelang Sidang

Reporter : Nur Ulfa
Senin, 9 September 2019 18:40
Jefri Nichol Terancam 12 Tahun Penjara, Hati Tak Tenang Jelang Sidang
Jefri Nichol didakwa dua pasal tentang kepemilikan narkotika.

Dream - Jefri Nichol terlihat tegang saat menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam sidang kasus kepemilikan ganja tersebut, Jefri mendengarkan dakwaan Jaksa Penuntun Umum (JPU) 

Dalam dakwaannya, JPU mengenakan dua pasal yaitu pasal 111 ayat 1 dan Pasal 127 ayat 1 KUHP dalam kasus yang menjerat artis berusia 20 tahun tersebut.

" Perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana, yang diatur dalam pasal 111 ayat 1 dan pasal 127 ayat 1 no 35 tahun 2009 tentang Narkotika, " kata Jefri Hadi dalam ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 9 September 2019.

Dengan dakwaan tersebut, Jefri terancam hukum minimal 4 tahun penjara dan maksimal 12 tahun penjara. Aktor itu juga harus siap dengan hukuman denda minimal Rp800 juta dan maksimal Rp8 miliar.

 Robby Ertanto, Sutradara Film yang Dibintangi Jefri Nichol Ikut Ditangkap

Foto : Bayu/Kapanlagi.com

Mendengar dakwaan tersebut, kuasa hukum Jefri, Aris Marasabessy memutuskan menerimanya. Hakim selanjutnya menjadwalkan sidang lanjutan yang akan digelar pada 16 September 2019 dengan agenda mendengarkan keterangan para saksi.

" Kami tidak mengajukan eksepsi dan kami akan pelajari dakwaan yang diberikan JPU, jadi agenda Minggu depan keterangan saksi yang akan kami hadirkan, " ungkap Aris kuasa hukum Jefri Nichol.

1 dari 5 halaman

Jefri Nichol Sempat Grogi

Ditemui sebelum sidang perdananya, Jefri dengan tangan terborgol tiba di pengadilan sekitar pukul 3 sore. Mengenakan kemeja putih dan celana hitam, Jefri mendapat pengawalan ketat dari penjaga. 

Namun Jefri masih sempat meladeni pertanyaan jurnalis yang ingin mengetahui kondisinya jelang persidangan tersebut. 

" Alhamdulillah baik," jawab Jefri.

 Seminggu Ditahan, Begini Kondisi Jefri Nichol

Sebelum menjalani sidang, Jefri diketahui sempat direhabilitasi di Rumah sakit ketergantungan obat Cibubur selama satu bulan ini. Sebulan dirawat, Jefri mengaku semua proses penyembuhan berlangsung lancar.

Namun menghadapi persidangan perdananya tersbeut, aktor yang biasa tampil di depan kamera itu justru merasa grogi.

" Iya (deg-degan), " tutur Jefri

2 dari 5 halaman

Kondisi Memprihatinkan Ibunda Jefri Nichol di Masa Awal Anaknya Ditahan

Dream - Ditangkapnya aktor muda, Jefri Nichol membuat keluarga besar terpukul, terutama sang ibunda, Junita Eka Putri. Sat ini Jefri diketahui menjalani masa penahanan di Polres Jakarta Selatan karena kepemilikan ganja seberat 6,01 gram 

Aga Khan, kuasa hukum Jefri menceritakan jika ibunda kliennya seringkali jatuh pingsan karena tidak kuasa menahan sedih. Sang ibu tak tahan melihat kondisi Jefri yang ditahan di balik jeruji.

" Bukan nangis lagi tapi udah beberapa kali jatuh pingsan di depan saya," kata Aga Khan saat dihubungi, Jumat, 26 Juli 2019.

Menurut Aga, kejadian itu berlangsung di masa-masa awal Jefri Nichol ditangkap dan ditahan polisi.

Meski kondisi sang ibu berangsur mulai kuat menerima kenyataan pahit tersebut, Aga mengatakan ibunda Jefri masih syok dengan kejadian yang dialami Jefri.

" Syok pasti, masih syok ibunya," kata dia.

Melihat kondisi ibunda kliennya, pihak keluarga berharap Jefri tak perlu menjalani masa penahanan. Keluarga meminta Jefri hanya menjalani proses rehabilitasi.

" Kita segera akan mengajukan rehab untuk Jefri," katanya.(Sah)

3 dari 5 halaman

Jefri Nichol: Semoga Mereka Tidak Meninggalkan Saya

Dream - Jefri Nichol mengaku ikhlas jika kehilangan semua jaringan kerjanya di dunia hiburan usai tersangkut kasus narkoba. Dia akan menanggung semua perbuatannya karena tergoda dengan narkoba. 

" Pastinya itu konsekuensi saya yang harus saya tanggung. Ini kebodohan saya. Jadi saya sudah mengikhlaskan itu semua," kata Jefri Nichol saat di Polres Jakarta Selatan, Kamis 25 Juli 2019.

Jefri menyadari apa yang terjadi semua ini murni kesalahannya sendiri. Pria 20 tahun ini menyesal karena telah mengecewakan keluarga, teman, dan kerabat dekatnya.

  Robby Ertanto, Sutradara Film yang Dibintangi Jefri Nichol Ikut Ditangkap

Foto : Kapanlagi/Bayu Herdianto

Ia berharap kasus ini tidak membuat orang yang ia sayangi menjauhinya. " Ke orang-orang tersayang, semoga mereka tidak ninggalin saya," ucapnya.

Diketahui Jefri Nichol diamankan pihak kepolisian di rumahnya dengan barang bukti ganja seberat 6,01 gram yang disimpan di kulkas. (ism)

4 dari 5 halaman

Alasan Jefri Nichol Isap Ganja

Dream - Jefri Nichol mengaku mengonsumsi ganja karena sulit tidur setelah menjalani pekerjaan yang sangat padat. Dia mengisap ganja untuk relaksasi.

" Alasannya karena saya enggak bisa berisitirahat dengan baik, sangat tegang persiapan film juga," ujar Jefri di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Rabu 24 Juli 2019.

Dengan mengonsumsi ganja, pemain film Surat Cinta untuk Starla ini mengaku tubuhnya terasa lebih rileks. Dia juga tidak merasa terbebani dengan pekerjaan yang menumpuk.

  Ganteng dan Banyak Fans, Ini Sumber Penghasilan Jefri Nichol

Meki demikian, Jefri sadar alasan apapun tidak bisa membenarkan perbuatannya mengonsumsi barang haram tersebut.

" Kebodohan saya coba itu untuk bisa lebih rileks dan bisa tidur," ucap dia.

Aktor kelahiran 1999 itu mengaku sudah dua kali mengonsumsi barang haram itu, pada 13 dan 19 Juli 2019.

 

 

5 dari 5 halaman

Jefri Nichol Ditetapkan Sebagai Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Dream - Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Indra Jafar menyatakan status artis dan pesineron Jefri Nichol resmi sebagai tersangka dugaan penyalahgunaan narkoba.

" Ya tentu tersangka," ujar Indra, Rabu, 24 Juli 2019.

Menurut Indra penetapan status tersangka tersebut dilakukan setelah polisi mendapatkan hasil tes urin. Jefri dinyatakan positif mengonsumsi ganja.

" Periksa urin yang bersangkutan positif menggunakan jenis ganja, dari urinnya positif," ucap dia.

  Ini Yang Membuat Aktor Jefri Nichol Dikenal Aktor Baik

Sepeti diketahui, aktor kelahiran 1999 itu ditangkap di kediamannya di daerah Kemang, Jakarta Selatan pada Senin 22 Juli 2019 malam.

Dalam penangkapan itu, polisi menemukan ganja serat 6,01 gram yang disimpan di lemari es.

" Disimpan di kulkas, kemudian jatuh barang tersebut," kata dia.

 

 

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie