Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Anji Blak-blakan Deretan Kerugian Imbas Konten Obat Covid-19 Bareng Hadi Pranoto

Anji Blak-blakan Deretan Kerugian Imbas Konten Obat Covid-19 Bareng Hadi Pranoto Anji (Foto : Deki Prayoga/Dream)

Dream - Anji mendapatkan kritikan dari berbagai pihak usai konten obat Covid-19 bareng Hadi Pranoto, yang berujung laporan ke polisi.

Anji dituding mendapatkan pundi-pundi keuangan dari konten yang kontroversial itu. Namun saat disebut mendapatkan banyak untung dari konten itu, palantun tembang 'Dia' membantahnya.

"Alhamdulillah dgn kontroversi ini semakin menambah pundi-pundi rezekinya Anji," tulis akun @agunaofficial berkomentar pada postingan Anji di instagram.

Pria bernama lengkap Erdian Aji Prihartanto ini justru mengaku mendapatkan banyak kerugian usai konten itu trending dan berujung laporan ke polisi. Menurutnya, banyak kerjasama yang diputuskan dan mundur.

Unggahan Anji

"@agunaofficial - Saya penasaran, menurutmu di mana penambahan pundi-pundi rezekinya? Yang ada, banyak orang dan brand yang mundur," kata Anji dikutip Dream dari akun instagramnya, Kamis 6 Agustus 2020.

Tak hanya itu, sejak kasus itu menuai berbagai pro dan kontra, Anji mengaku banyak teman-temannya yang menjauhinya. Ia heran ada netizen yang mengartikan sebaliknya.

"Banyak Teman yang menjauh. Banyak kerjasama yang diputuskan. Serius, saya penasaran dari mana menurutmu saya mendapat tambahan pundi-pundi? Dijawab ya :)," tuturnya.

Anji dan Hadi Pranoto Diperiksa Pekan Ini, Polisi Sudah Kantongi Barang Bukti

Dream - Polda Metro Jaya menjadwalkan pemanggilan penyanyi Anji dan Hadi Pranoto pada pekan ini. Penyidik akan meminta keterangan keduanya terkait adanya laporan dugaan penyebaran berita bohong temuan obat antibodi Covid-19.

" Mudah-mudahan Insyallah (minggu ini dipanggil), karena ini kan jadi sorotan publik. Sudah beredar luas di media sosial. Sudah jadi atensi juga kita akan upayakan secepatnya," kata Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya, saat dihubungi, Rabu, 5 Agustus 2020.

Yusri menambahkan polisi terus menyelidiki kasus ini setelah menerima laporan dari masyarakat. Penyidik juga telah mengumpulkan barang bukti berupa USB dan transkrip percakapan Hadi Pranoto yang mengklaim telah menemukan obat herbal antibodi Covid-19.

Untuk melengkapi proses penyidikan, penyidik juga akan memanggil saksi ahli bahasa dan Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk memperjelas pernyataan yang disampaikan Hadi Pranoto.

" Kita juga rencanakan akan memanggil saksi ahli dari IDI, kita akan jadwalkan nanti setelah semua sudalh klarifikasi. Baru kita akan undang HD dan pemilik akun youtube duniamanji, dijadwalkan kalau semua lengkap," katanya lagi.

Yusri berharap para saksi ahli dapat hadir memenuhi undangan agar bisa memberikan keterangan yang lengkap.

" Hari ini kita layangkan undangan, mudah-udahan bisa datang cepat, sehingga kita bisa menuntaskan," katanya.(Sah)

 

 

Anji Minta Maaf Sudah Bikin Kegaduhan

Dream - Setelah namanya disorot karena mewawancari Hadi Pranoto soal obat herbal untuk Covid-19. Anji akhirnya bertemu dengan Dr. Tirta untuk berdiskusi terkait hasil wawancaranya dengan Hadi Pranoto.

Pertemuan Anji dengan Dr Tirta berlangsung di Gunung Puntang, Banjaran, Bandung.

" Hari ini saya bertemu dengan @dr.tirta , @dr.widihadian & @dr.fajriaddai . Dr. Tirta membawa nasihat untuk saya dari Kepala BNPB, Pak Doni Monardo, tentang hal yang terjadi beberapa hari belakangan. Sementara Dr. Widi dan Dr. Fajri sharing mengenai jurnal ilmiah, tentang tahapan sebuah temuan bisa menjadi obat," tulis Anji di akun instagramnya.

Anji sengaja mengajak Dr Tirta ke Gunung Puntang karena memang saat ini ia sedang membuat acara bersama pecinta alam.

" Saya mengajak Tirta untuk diskusi di Gunung Puntang, karena saya sedang ada acara Bebersih Puntang bersama komunitas Pecinta Alam. Acaranya sendiri sudah direncanakan sejak jauh hari," ucap Anji.

Dari hasil diskusi bersama Dr Tirta, Anji menyadari apa yang telah ia perbuat bersama Hadi Pranoto cukup meresahkan banyak orang. Ia pun meminta maaf karena sudah membuat kegaduhan

" Maaf atas kegaduhan yang terjadi. Hasil pertemuan akan segera saya post," katanya.

Namanya Lagi Disorot, Anji: Ini Momen Filter Teman

Dream - Nama Anji, mantan vokalis Drive menjadi perbincangan nasional. Anji dilaporkan ke polisi Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidi, atas wawancara dalam konten Youtubenya Dunia Manji terhadap Hadi Pranoto. Wawancara pria yang mengklaim sebagai profesor terkait obat herbal untuk penangkal Virus Corona.

Rupanya Anji juga mendapat teguran dari teman-temannya. Ia pun sudah mencatat siapa-siapa saja orang yang menentang ataupun setuju dengan video yang sempat viral itu.

" Saya mencatat siapa saja yang bersuara dan beropini menentang/setuju dengan apa yang saya lakukan. Cara menegur, cara mengkritisi, cara menyindir," ujar Anji di instagram story.

Tak dipungkiri juga kata Anji, ada orang-orang terdekatnya yang mengirimkan pesan hanya untuk marah-marah kepadanya terkait hal ini.

 anjii© Instagram



" Ada yang langsung chat WA marah-marah, tapi esensinya baik. Saya sangat hargai," katanya.

Meski videonya bersama Hadi Pranoto lebih banyak menimbulkan kontra, bagi Anji justru momen ini dipakai untuk menyaring orang-orang yang baik kepadanya dan mana yang tidak baik.

Ia juga berjanji akan menyelesaikan semuanya secara baik.

" Saya akan menyelesaikan semua ini dengan baik. Tunggu beberapa hari ke depan. Dan ini adalah momen untuk memfilter teman," ungkap Anji

Deretan Alasan Kenapa Anji dan Hadi Pranoto Dilaporkan ke Polisi

Dream - Musisi Anji dan 'Profesor' Hadi Pranoto dilaporkan polisi usai video yang diunggah di channel YouTube Anji berjudul 'Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!! viral.

Keduanya dilaporkan atas tuduhan menyebarkan berita bohong dan dianggap meresahkan. Anji dan Hadi Pranoto dilaporkan advokat dan praktisi hukum yang juga Ketua Umum Cyber Muannas Alaidid.

" Jadi hari kedatangan kita ini ingin melaporkan secara resmi konten YouTube milik Anji yang durasinya sekitar 35 menit, berkaitan dengan interview konon seorang profeser bernama Hadi Pranoto yang kabarnya dia mengaku menemukan obat covid-19," ujar Muannas Alaidid seperti dilansir Liputan6.com, Selasa 4 Juli 2020.

" Konten itu sempat viral dan belakangan di take down, karena bisa jadi kontroversial dan banyak dikecam banyak pihak termasuk akademisi, dari para ahli, ikatan dokter, menteri kesehatan, influencer serta masyarakat luas," imbuhnya.

 Anji dan Anji© Anji dan Anji

Muannas menjelaskan, ada beberapa point yang ingin diperkarakan olehnya. Yang pertama soal tes Swab dan Rapid test yang dilakukan oleh Hadi Pranoto.

Ia mengklaim bisa melakukan dua tes tersebut dengan harga yang sangat murah, jauh dengan biaya Swab tes dan Rapid Tes yang selama ini dilakukan di rumah sakit.

" Pernyataan yang dianggap kontroversial si dokter menyebut penanganan rapid tes dan swab tes yang kabarnya dia punya teknologi atau digital teknologi yang biayanya cukup 10 ribu dan 20 ribu. Padahal di rumah sakit yang digunakan sebagai syarat perkembangan sejumlah rakyat, biaya bisa ratusan ribu hingga jutaan," ucapnya.

Muannas mengatakan pernyataan Hadi Pranoto sangat berbahaya. Sebab, pendapatnya bisa membuat penilaian kepada publik. Ia menduga membuat keuntungan dari swab dan rapid tes.

" Jangan sampai publik percaya dengan keterangan seperti itu kemudian menilai bahwa masyarakat dibodohi dan diperas pihak rumah sakit atau pihak tertentu yang dianggap mengambil keuntungan dari swab atau rapid tes, ini kan kemudian yang meresahkan," kata Muannas.

Penemuan Obat

Selain itu Muannas juga mempermasalahkan penemuan obat corona covid 19. Sebab, dari pernyataan dari Hadi yang mengatakan menemukan obat corona di tentang oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Pasalnya sampai detik ini dunia kesehatan belum menemukan obat untuk virus yang berasal dari Cina Wuhan itu.

" Sampai hari ini belum ada obatnya, tapi si profesor mengatakan di dalam interviewnya memastikan ia bisa menyembuhkan korban hingga sehat. Pada saat closing statement Anji terkesan, ada penggiringan opini publik dia sudah meminum itu badannya sehat. Kemudian dia melakukan salaman. Ini kan kontra produktif dengan yang disampaikan pemerintah tentang jaga jarak, social distancing dan sebagainya," kata Muannas.

Anji Dilaporkan

Anji ikut dilaporkan karena ia sebagai pemilik kanal ikut menyebarkan berita bohong. Tak hanya itu, Muannas juga menduga ada kepentingan Anji dalam video itu.

" Anji pemilik chanel YouTube yang menyebarkannya video tersebut. kegiatan itu juga dilarang di pasal 28 ayat 1 UU ITE dikatakan barang siapa yang menyebarkan berita bohong yang dapat merugikan konsumen, ada dugaan ketika itu disampaikan seperti ada penjualan produk barang dagangan herbal," kata Muannas.

Sedangkan untuk Hadi Pranoto, Muanas mempermasalahkan pasal 14,15 UUD Tahun 1946 tentang penyebaran berita bohong.

" Untuk Hadi Pranotoo kita kenakan pasal UUD 14,15 UUD no 1 THN 46 soal larangan menyebarkan berita bohong, nanti akan diuji keterangan dia. Betulkah dia katanya menganggap ilmuwan salah satu dari 4 ilmuwan tim medis yang menemukan covid ini, kan harus diuji," kata Muannas.

(Sumber : Sapto Purnomo/Liputan6.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Soal Pernyataan Viral Prabowo 'Ndasmu Etik', Begini Komentar Anies dan Ganjar

Soal Pernyataan Viral Prabowo 'Ndasmu Etik', Begini Komentar Anies dan Ganjar

Viral celetukan Prabowo "Ndasmu etik' saat berbicara di depan kader Partai Gerindra

Baca Selengkapnya
Viral Aksi Emak-Emak Naik Sepeda Listrik di Jalur Kanan, Disebut Netizen Penguasa Jalan

Viral Aksi Emak-Emak Naik Sepeda Listrik di Jalur Kanan, Disebut Netizen Penguasa Jalan

Momen emak-emak naik sepeda listrik di jalur kanan bikin heboh netizen.

Baca Selengkapnya
Viral Rekaman Percakapan Diduga Pejabat di Batu Bara Dukung Prabowo-Gibran

Viral Rekaman Percakapan Diduga Pejabat di Batu Bara Dukung Prabowo-Gibran

Pria tersebut menegaskan nantinya tidak akan ada pemeriksaan bagi pejabat-pejabat yang mendukung paslon 2, dengan catatan telah berkomitmen.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Potret Dapur Ungu Dapat Nyinyiran Pedas dari Netizen: 'Dikatain Alay sama Si Paling Keren'

10 Potret Dapur Ungu Dapat Nyinyiran Pedas dari Netizen: 'Dikatain Alay sama Si Paling Keren'

Memiliki dapur yang nyaman tentu menjadi keinginan banyak orang.

Baca Selengkapnya
Kerap Dihujat Netizen, Deretan Kontroversi Hasyakyla Kakak Adhisty Zara, Komentari Akting Fuji Hingga Ngaku Nyetir Saat Mabuk

Kerap Dihujat Netizen, Deretan Kontroversi Hasyakyla Kakak Adhisty Zara, Komentari Akting Fuji Hingga Ngaku Nyetir Saat Mabuk

Inilah deretan kontroversi yang pernah dilakukan Hasyakyla selama kariernya

Baca Selengkapnya
Kesabaran Diuji, Potret Wanita Telepon Pacar yang Tak Kunjung Bangun Tanpa Menyerah, Netizen Kasih Saran Ini!

Kesabaran Diuji, Potret Wanita Telepon Pacar yang Tak Kunjung Bangun Tanpa Menyerah, Netizen Kasih Saran Ini!

Ditelepon berkali-kali, kekasih wanita ini tak kunjung bangun sampai netizen berikan saran ampuh!

Baca Selengkapnya
Curhat Pilu Mahasiswi Kerja di 3 Tempat Demi Hidupi Adik dan Nenek Angkat karena Sang Ibu Kabur

Curhat Pilu Mahasiswi Kerja di 3 Tempat Demi Hidupi Adik dan Nenek Angkat karena Sang Ibu Kabur

Curhat pilu wanita mengaku lelah batin saat konsul dengan ustadz Hanan bikin penonton berderai air mata

Baca Selengkapnya
Viral Curhat Pilu Wanita Pengendara Pajero Ditabrak Bus PO Haryanto di Tol Batang, Ga Bisa Jalan karena Patah Tulang Pinggul dan Kaki

Viral Curhat Pilu Wanita Pengendara Pajero Ditabrak Bus PO Haryanto di Tol Batang, Ga Bisa Jalan karena Patah Tulang Pinggul dan Kaki

Viral Curhat Pilu Pengendara Pajero Ditabrak Bus PO Hryanto, begini penjelasannya.

Baca Selengkapnya
Dijodoh-jodohkan dengan Desta, Begini Reaksi Boiyen: 'Saya kan Udah Pernah Gagal'

Dijodoh-jodohkan dengan Desta, Begini Reaksi Boiyen: 'Saya kan Udah Pernah Gagal'

Boiyen buka suara soal netizen yang heboh menjodohkannya dengan Desta.

Baca Selengkapnya