Kasus Penganiayaan, Kriss Hatta Divonis 5 Bulan Penjara

Reporter : Nur Ulfa
Selasa, 10 Desember 2019 19:15
Kasus Penganiayaan, Kriss Hatta Divonis 5 Bulan Penjara
Vonis atas Kriss dikurangi masa tahanan yang sudah dijalaninya

Dream - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis penjara selama 5 bulan kepada Kriss Hatta. Dia dinyatakan terbukti bersalah melakukan penganiayaan.

" Menjatuhkan pidana kurungan lima bulan," demikian amar putusan Majelis Hakim yang dibacakan dalam sidang pada Selasa 10 Desember 2019. 

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa yaitu kurungan selama 10 bulan. Selain itu, vonis itu dikurangi dengan masa tahanan yang telah dijalani Kriss. 

Sehingga, Kriss akan bebas akhir bulan ini. Dia pun sudah tak sabar lagi untuk menghirup udara bebas.

" Tanggal 24 atau 25 Desember nanti tepat saya lima bulan. Jadi tinggal 10 hari lagi,” ujar Kriss usai persidangan.

Sebelumnya, Kriss terjerat kasus penganiayaan lantaran memukul Anthony Hillear di salah satu club di Jakarta. Tak terima atas perlakuan Kriss, Anthony melaporkan pemukulan yang dia alami ke pihak yang berwajib.

1 dari 5 halaman

Kriss Hatta Punya Bukti Keterlibatan Mantan Kekasih dalam Kasusnya

Dream - Kriss Hatta curiga ada campur tangan wanita berinisial H dalam kasus penganiayaan yang menyeretnya ke meja hijau. Dia mengaku punya bukti pertemuan antara sang pelapor, Anthony Hilenaar, dengan wanita yang pernah dekat dengannya itu.

" Soalnya pelapor dengan dia (H) ada pertemuan ya dan kita ada pembuktian," ujar Kriss Hatta di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 9 Oktober 2019.

Kriss Hatta merasa permasalahannya dengan Anthony dibesar-besarkan. Menurut dia, pemukulan yang ia lakukan kepada Anthony merupakan kejadian biasa saja. " Ini kan cuma kasus sepele ya yang dibesar besarkan."

" Kecuali kasus besar seperti pembunuhan berencana, pengeroyokan yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Atau ini kasus penipuan Rp100 miliar. Ini kan beda, ini masalah perkelahian sesama lelaki," imbuhnya.

Dia yakin masalah ini sampai ke pengadilan karena ada keterkaitan dengan kasus lamanya dengan wanita inisial H tersebut.

" Ini tuh kasus lama pada 6 maret 2019 gue kira kasus 351 ayat 1 harusnya tidak nunggu tiga bulan dan ini konteksnya berantem bukan penganiayaan. Dan gue yakin ada beberapa orang yang engak suka gue," ujarnya.

Dalam kasus ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Kriss Hatta dengan Pasal 351 ayat 1 KUHP. Dia terancam hukuman pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

2 dari 5 halaman

Kriss Hatta Curigai Ada Orang Iri Berusaha Menjatuhkannya, Siapa?

Dream - Kriss Hatta tak terima didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan pasal 351 ayat 1 KUHP tentang dugaan penganiayaan. Akibat dakwaan tersebut, Kriss terancam kembali masuk bui dengan hukum penjara 2 tahun 8 bulan.

Menurut Kriss, kasus dugaan penganiyaan tersebut seharunya tak sampai ke meja hijau karena dia telah berdamai dengan Anthony Hilenaar. Perdamaian itu ditandai dengan penyerahan uang senilai Rp150 juta.

" Ini kan sudah ada perdamaian dan sudah ada ganti rugi 150 juta itu sudah besar sekali. Harusnya masa ini nggak usah ditindaklanjuti pengadilan," ujar Kriss Hatta di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu, 9 Oktober 2019.

Mendengar dakwaan dari Jaksa, Kriss kini malah curiga jika berbagai kasus hukum yang menghadangnya ada kaitan dengan kasusnya sebelumnya. Diketahui Kriss sebelumnya berseteru dengan wanita yang diakui sebagai istrinya, Hilda Vitria.

" Gue yakin banget kasus ini ada kaitannya dengan kasus sebelumnya," ujarnya.

Kecurigaan itu muncul karena Kriss mendapat vonis bebas dari kasus hukum sebelumnya. Keputusan pengadilan itu, lanjut pria berusia 31 tahun itu, telah membuat beberapa orang tak suka dengan kebebasannya. 

" Ada beberapa orang yang nggak suka dengan apa yang gue dapet. Jadi gue dijatuhkan lagi dengan kasus ini," tutur Kriss.

 

3 dari 5 halaman

Pembelaan Kriss Hatta

Menurut Kriss tuduhan penganiyaan yang dilayangkan Anthony tidak masuk akal. Pemain sejumlah judul sinetron itu menganggap perkelahiannya adalah untuk menunjukan bukti kejantanan. 

" Ini kan beda, ini masalah perkelahian sesama lelaki," katanya. 

Tindakan itu, klaim Kriss, dilakukan sebagai upaya membela wanita yang dilecehkan didepan umum. " Dilecehkan secara seksual ya saya bela," imbuhnya.

" Ini pembelaan yang saya lakukan adalah pembelaaan darurat atau terpaksa yang sudah tertuang dalam pasal 49 KUHP bagi masyarakat yang mahu tau isinya silahkan dibaca," imbuhnya.

4 dari 5 halaman

Sidang Kasus Penganiayaan, Kriss Hatta Sindir Uang Damai Rp150 Juta

Dream - Kriss Hatta mengaku ikhlas menjalani proses persidangan kasus dugaan penganiayaan yang dilaporkan Anthony Hilenaar. Sebelumnya Kriss diketahui telah membayar uang damai senilai Rp 150 juta.

" Nggak kok, Nggak nyesel. mungkin saya yang lebih mampu," ujar Kriss Hatta saat menjalani sidang perdagangan di Pengadilan Negeri, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2019.

Menurut Kriss uang damai itu semula diberikan agar kasus hukum yang dilaporkan oleh Anthony bisa dicabut. Kala itu, Kriss juga menilai tindakan itu merupakan salah satu cara yang tepat.

Namun harapan tersebut tak sesuai kenyataan. Kriss masih harus menjalani persidangan dari kasus penganiayaan di malam hari tersebut. 

" Itu salah satu iktikad baik saya dengan keluarga sudah ditempuh dengan adanya perdamaian," katanya.

Kini Kriss hanya bisa berharap uang ratusan juta yang diberikannya bisa dipergunakan dengan baik oleh Anthony. 

" Uang nominal Rp 150 juta, ya saya berharap uang itu berguna buat keluarga pelapor," imbuhnya.(Sah)

5 dari 5 halaman

Ada Fans Datang, Kriss Hatta Santai Hadapi Sidang

Dream - Kriss Hatta kembali masuk ruang pengadilan. Usai kasus hukum dengan Hilda Vitria, kali ini Kriss harus menghadapi tuntutan dugaan penganiayaan yang dilaporkan Anthony Hilenaar. 

Tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu, 9 Oktober 2019, Kriss merasa lebih santai menghadapi kasus hukum terbarunya.

" Kalau yang pertama (Kasus hukum dengan Hilda Vitria) lebih deg-degan. Kalau yang ini lebih santai karena sudah mengalami yang serupa," ujar Kriss.

Kriss menyampaikan kesiapannya menjalani sidang kasus dugaan penganiayaan tersebut. Kepercayaan diri itu muncul karena kehadiran ibunda serta beberapa fansnya yang selalu memberikan dukungan. 

" Ada mama datang, fans juga pada datang," tutur Kriss.

Diketahui sebelumnya Kriss Hatta terlibat pertengkaran dengan Anthony Hilenaar saat berada di salah satu club malam. Kriss memukul wajah Anthony. Tak terima Anthony melaporkan Kriss ke Polda Metro Jaya.(Sah)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya