Cerita Hanung Ditertawakan Pram Saat Ingin Garap Bumi Manusia

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 25 Mei 2018 18:15
Cerita Hanung Ditertawakan Pram Saat Ingin Garap Bumi Manusia
Keinginan Hanung Bramantyo untuk mengangkat Bumi Manusia ke layar lebar ditolak oleh Pramoedya Ananta Toer. Dia ditertawakan oleh Pram.

Dream - Hanung Bramatyo dipercaya Falcon Pictures untuk menjadi sutradara film Bumi Manusia yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama.

Bagi Hanung, menjadi sutradara film ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Saat itu, kata Hanung, dia membaca novel Bumi Manusia dua kali saat Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga kuliah.

Setelah membacanya, dia ingin mengangkat novel itu ke dalam film. " Saya dua kali membaca itu pada waktu itu kemudian saya bermimpi saya ingin memfilmkan, karena saya waktu itu udah kuliah di IKJ," kata Hanung di Desa Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis 24 Mei 2018.

para pemain Bumi Manusia© para pemain Bumi Manusia

Foto : Nur Ulfa/ Dream.co.id

Saat itu pula dia mendatangi Pramudya untuk menyampaikan keinginannya. Namun sayang, keinginan Hanung pada saat itu ditolak mentah-mentah oleh Pramoedya karena suami Zaskia Adya Mecca ini masih duduk di bangku kuliah.

" Saya datang ke tempatnya Pak Pram dalam rangka masih dalam posisi saya masih mahasiswa, saya bilang ke Pak Pram saya mau memfilmkan novel itu. Pak Pram malah ketawa ngelihat mahasiswa yang lugu gini. Kemudian dia bilang Bumi Manusia udah ditawar sama Hollywood," ucapnya.

para pemain Bumi Manusia© para pemain Bumi Manusia

Foto : Nur Ulfa/ Dream.co.id

Hingga akhirnya, pada 2018 Hanung dipercaya Falcon untuk menggarap film ini. Dan Hanung merasa beruntung keinginan dan impiannya akhirnya terwujud.

" Ya namanya impian bisa aja kandas, saya enggak tahu kenapa saya tidak pernah berhasrat berobsesi membuat suatu film Bumi Manusia, karena menurut saya itu novel yang masterpiece, luar biasa," kata Hanung.

" Akhirnya kemudian saat saya main ke Falcon, tiba-tiba ditawarin sama Pak Naven, mau enggak Bumi Manusia, Ya siapa sih yang enggak mau, buat saya itu mimpi jadi kenyataan," imbuhnya.

Beri Komentar