Rumah Gala Sky Tidak Jadi Disita Kemensos

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 12 Januari 2022 13:24
Rumah Gala Sky Tidak Jadi Disita Kemensos
Marissya Icha hanya dimintai keterangan soal penggalangan dana

Dream - Kuasa hukum Marissya Icha, Ahmad Ramzy, mengatakan bahwa rumah Gala Sky yang dibeli dari hasil donasi batal disita oleh Kementerian Sosial. Dia menyebut masalah penggalangan donasi oleh Marissya sudah beres.

" Disimpulkan bahwa tidak ada keberlanjutan terhadap masalah ini dan sudah clear. Bisa direalisasikan," tutur Ramzy di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa 11 Januari 2022.

Marissya Icha dan pihak Kemensos telah membicarakan soal penggalangan dana yang dilakukan untuk membeli rumah Gala. Menurut dia, Marissya Icha dipanggil oleh Kemensos untuk diberitahukan persyaratan yang harus dilakukan sebelum penggalangan dana. Salah satunya harus ada izin dari Kemensos.

" Pada intinya Kemensos itu mau menyampaikan bahwa peraturan Nomor 8 tahun 2001 tentang Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) maka untuk kegiatan PUB diperlukan izin lebih dulu dari pejabat yang berwenang. Saya disimpulkan bukannya lalai, melainkan tidak mengetahui (peraturan tersebut)," tutur dia.

Ramzy memastikan sahabat Vanessa Angel tersebut tidak dipidanakan. Hanya kesalahpahaman terkait penggalangan dana dan hal ini sudah diluruskan.

" Jadi tadi sifatnya klarifikasi, mbak Marissya diundang klarifikasi bukan kapasitas pemeriksaan, apalagi ranah pidana, tidak ada itu. Jadi tidak ada unsur-unsur perbuatan pidana di situ, melainkan edukasi dan sosialisasi terhadap peraturan Kemensos," ucap Ramzy.

1 dari 4 halaman

Unggah Aksi Gala, Fuji, dan Fadly, Doddy Soedrajat Dihujat Warganet

Dream - Konflik Doddy Soedrajat dan keluarga besannya tidak kunjung usai. Bahkan, ayah Vanessa Angel baru saja mengunggah ulang video adik almarhum Bibi Ardiansyah, Fuji dan Fadly, ketika bermain bersama Gala.

Dalam video tersebut, dua adik Bibi kaget ketika Gala mengungkapkan sebuah kata. " An***g," katanya. Seketika, Fadly menyela ungkapan anak semata wayang Vanessa dan Bibi, " Eh, apa itu?"

Kemudian, Fuji pun memperingati Gala untuk tidak mengatakan hal yang sama lagi. Melihat cucunya mengucapkan kata-kata kasar, Dody pun mengunggah ulang kejadian tersebut dan ditambah dengan caption " HALLO INI NGOMONG APA YAA ??"

      View this post on Instagram      

A post shared by Dody Sudrajat (@dodysoedrajat_1)

 

Bukannya membahas video, warganet justru memprotes ulah Doddy yang seakan mencari masalah dengan Fuji maupun Fadly. Bahkan, salah satu publik figur pun ikut mengomentari unggahan tersebut.

" Dasar cari cari masalah..," kata @risha.mey.

" Udh kali pak hehe kalau berdamai insyaAllah rejeki tambah bagus :)," tulis Kevin Aprilio.

" Kasian gw sama loe demi cuan gitu amat cari kesalahan org .. ngaruh gak? Ya gaklahhh," komentar @widyarini02.

" Udh lah dod capek ah," ujar @pipit_novani.

2 dari 4 halaman

Alasan Sebenarnya Dody Soedrajat Tak Setuju Adanya Donasi Buat Gala Sky Andriansyah

Dream - Dody Soedrajat memberikan penolakan atas penggalangan dana buat cucunya Gala Sky Andriansyah. Pasalnya awal penggalangan dilakukan lewat rekening pribadi dari Marissya Icha.

" Di awal donasi ini itu menggunakan rekening pribadi saudari MI. Kita tentu menghargai niat baik dari yang bersangkutan, atau siapa saja yang memberikan donasi," ujar Djamaludin dikutip Dream dari kanal Youtube Seleb Oncam News, Sabtu 1 Januari 2022.

6 Potret Mesra Teuku Rassya dan Kekasih, Lengket bak Prangko

Menurut ka hukum Dody, Djamaludin Koedoeboen kliennya menyamakan kegiatan penggalangan dana seperti mengemis.

Dody tidak ingin Gala menanggung beban psikologi akibat penggalangan tersebut. Alasan itu, pihak Dody ingin penggalangan dana tersebut dikembalikan ke negara.

Dody Soedrajat dan Vanessa Angel© Dody Soedrajat dan Vanessa Angel

Foto : @dodysoedrajat_1

" Mereka menyarankan donasi itu dikembalikan kepada negara. Mereka tidak mau ke depannya Gala menanggung beban psikologi dan moral akibat apa yang dilakukan saat ini," ucap Djamaludin.

Selain itu, Dody merasa tidak pernah dilibatkan atau diberitahu tentang adanya penggelangan dana tersebut. Padahal jika penggalangan dana didiskusikan oleh kedua belahpihak maka ada kemungkinan Dody menyetujuinya sepanjang tidak menimbulkan ujaran kebencian.

" Saya kira tidak ada masalah, sepanjang kedua pihak berembuk dan mereka sepakati. Kan yang jadi masalah adalah langkah-langkah yang dilakukan sudah menimbulkan ekses yang begitu luas. Berdampak pada hujatan ujaran kebencian kemudian menggaggu harkat dan martabat dari kline kami beserta keluarga," kata Djamaludin.

 Sumber : youtube.com

 

3 dari 4 halaman

Komnas Perlindungan Anak Ungkap Hasil Pemantauan Gala Sky, Hasilnya Melegakan

Dream - Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait mendatangi kediaman Faisal, ayah dari Febri Andriansyah untuk melihat perkembangan Gala Sky Andriansyah. Kedatangannya dalam rangka tudingan dari pihak Dody Soedrajat yang menilai cucunya telah dieksploitasi selama tinggal bersama kakeknya itu.

Namun dari hasil pemantauan tersebut, Arist menemukan hal yang berbeda. Gala dalam kondisi yang sangat baik. Penilaian ini disampaikan karena Komnas Perlindungan Anak tak menemukan adanya indikasi eksploitasi seperti biasa diperlihatkan korban lain.

 

" Saya menyimpulkan, Gala dalam kondisi baik. Gala bergembira ria dan tidak mengalami kekerasan. Semua disapa oleh Gala," kata Arist di kawasan Srengseng, Jakarta Barat, Kamis, 6 Januari 2022.

Selain tidak takut bertemu orang baru, Arist melihat wajah Gala tidak tertekan. Sebaliknya, Gala sangat bisa berinteraksi dengan banyak orang.

" Menurut pengalaman kami, biasanya anak kalau lagi banyak orang, dia bertingkah macam-macam. Menangis atau apa. Nah, ini tidak. Dia malah bercengkerama dengan kami," imbuh dia.

4 dari 4 halaman

Eksplotasi Justru Muncul Jika Kedua Kakek Terus Berkonflik

Dengan hasil pemantauannya tersebut, Arist meminta agar permasalahan yang terjadi antara Faisal dan Dody bisa diselesaikan dengan baik. Dia menyarankan agar pihak yang berkonflik untuk duduk bersama menyelesaikan permasalahannya agar tidak menjadi liar. 

" Setelah ini, nanti ada pertimbangan dan kondisi bahwa seperti yang saya katakan kepada pak Faisal, terbuka untuk duduk bersama," ujarnya.

Saran itu disampaikan karena konflik di antara dua keluarga ini justru akan mempengaruhi perkembangan psikologis dan tumbuh kembang Gala ke depannya.

" Supaya ini tidak menjadi liar, kasian Gala. Karena kalau ini tidak terselesaikan, itu namanya bentuk eksploitasi," tutur dia.

Beri Komentar