McDanny Dilaporkan ke Polisi dengan Tudingan Penistaan Agama

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 20 Oktober 2021 16:21
McDanny Dilaporkan ke Polisi dengan Tudingan Penistaan Agama
Pelaporan ini buntut dari ucapannya yang menyebut bir dan sabu halal.

Dream - Dani Jaya Wardhana dilaporkan ke Polrestabes Bandung oleh DPD Pekat Jabar. Komika yang terkenal dengan nama McDanny ini dituding telah melakukan penistaan agama.

Wakil Sekretaris DPD Pekat Jabar, Sonny Chaniago, menyatakan laporan ke polisi dibuat lantaran McDanny sempat membuat pernyataan yang terindikasi menista agama dan merusak moral generasi muda. Pihaknya telah berkoordinasi dengan polisi terkait persoalan ini.

" Kami sudah berkoordinasi dengan Satreskrim Polrestabes. Pada dasarnya, kami ingin melaporkan tentang (dugaan) penistaan agama," ujar Sonny.

Dugaan tersebut didasarkan pada video McDanny yang sempat viral. Dalam video itu, McDanny menyatakan bir dan sabu halal.

Pernyataan tersebut dinilai bertentangan dengan ajaran Islam. Bahkan MUI sendiri telah mengeluarkan fatwa yang menyatakan bir dan sabu haram.

" Jadi meledek dan menista agama itu menjadi suatu hal yang biasa. Kami tidak mau lah hal-hal seperti itu nanti jadi hal yang biasa," kata Sonny.

 

1 dari 5 halaman

Sedang Ditangani Polisi

Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Aswin Sipayung, menerangkan pihaknya telah menerima laporan tersebut pada Selasa malam, 19 Oktober 2021. Laporan tersebut masih dalam penanganan.

" Sudah kita terima laporan dan kita lakukan penyelidikan, sudah kita proses, besok akan disampaikan perkembangannya," terang Aswin.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Rudi Trihandoyo, menyatakan hal senada. Pihaknya masih melakukan pendalaman atas laporan tersebut.

" Kita dalami dulu untuk upaya teknis," kata dia, dikutip dari Liputan6.com.

© Dream
2 dari 5 halaman

Sambil Ucap Istigfar, Komika McDanny Minta Maaf Usai Viral Video Hina Habib Rizieq dan Sebut Sabu Halal

Dream - Komika McDanny melayangkan permohonan maaf kepada umat muslim dan keluarga besar Habib Rizieq atas ucapannya yang dianggap tak pantas. Ucapan McDanny tersebut viral di media sosial dan diunggah sejumlah akun Instagram dan Youtube.

Lewat unggahannya di akun Instagram, McDanny memulai video permohonan maafnya kepada seluruh umat Islam dengan mengucap istigfar dan dua kalimat syahadat. Tak lupa, McDanny secara khusus menyebutkan nama Habis Rizieq dalam permintaan maaf itu. 

" Saya McDanny ingin mengucapkan maaf sebesar-besarnya kepada umat muslim, seluruh umat muslim, kepada ormas-ormas Islam terutama kepada para ulama, para habaib, dan keluarga besar Habib Rizieq karena atas apa yang saya katakan, saya ucapkan, tidak pantas untuk saya katakan," kata McDanny dalan unggahan yang dibuat Senin, 18 Oktober 2021.

McDanny menyadari ucapannya tersebut telah menyakiti umat muslim dan keluarga besar Habib Rizieq. Kesalahannya yang dilakukannya semakin membuat McDanny sadar dirinya masih jauh dari sempurna.

Permohonan maaf Komika  McDanny© Permohonan maaf Komika McDanny

Diakui McDanny jika permintaan maaf yang disampaikannya kala ini tak lantas membenarkan kesalahan yang telah diperbuatnya. 

" Kata maaf pun sepertinya tak pantas keluar dari mulut saya, tapi saya masih jauh dari kesempurnaan sebagai orang Islam, sebagai muslim," ucap McDanny.

" Saya hanya ingin minta maaf, minta maaf yang besar sebesar-besarnya karena telah menyakiti semuanya, termasuk keluarga saya, teman-teman saya," imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Berharap Bisa Menemui Keluarga Besar Habib Rizieq

Pria berusia 40 tahun ini berharap bisa bertemu langsung dengan keluarga besar Habib Rizieq untuk meminta maaf. Ia mengaku salah dan lupa dir karena eufpria di atas panggung saat melakukan stand up comedy.

" Dan untuk keluarga Habib Rizieq, saya berharap bisa bertemu dengan mereka, meminta maaf secara langsung. Sekali lagi saya minta maaf sebesar-besarnya. Saya lupa diri, saya euforia, euforia di panggung. Maafkan saya, maafkan saya, maafkan saya," tutur McDanny.

 

      View this post on Instagram

A post shared by mcdanny (@mcd4nny)

© Dream
4 dari 5 halaman

Arie Untung Ikut Menanggapi

Arie Untung ikut menanggapi permohonan maaf yang dilakukan oleh komika McDanny. Arie juga mengunggah kembali video permohonan maaf McDanny di feed akun instagramnya.

Ayah tiga anak ini mengaku bersykur rekannya meminta maaf dan menyadari kesalahannya.

" Alhamdulillah beliau menyesali atas kekhilafan ini. Tapi Qadarullah udah terlanjur viral. Saat ini komunikasi berlanjut untuk mencari tau bagaimana cara terbaik meminta maaf kepada semua pihak,"  kata Arie Untung.

Arie berharap McDanny tidak mengulangi kesalahan yang sama. Ia menyadari kesalahannya kepada seluruh umat muslim, para hijaber sampai keluarga besar dari Habib Rizieq.

" Yang sudah terjadi ya sudah. Yang namanya salah ya tetep salah Yang penting semoga ga akan terulang lagi
ybs udah menyadari kekeliruannya, kata Arie.

" Dan bersedia meminta maaf kepada semua fihak yg tersakiti dng statementnya, kepada seluruh umat muslim, hijabers dan termasuk soan ke keluarga besar IB, ( mohon maaf gabisa dimention 🙏 utk menjaga postingan ini tetap ada)," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Percaya Ada Hikmah

Suami Fenita Arie ini menyakini ada hikmah dibalik masalah ini. Ia juga menyedarkan kepada umat muslim untuk menjadikan kesalahan McDanny sebagai bahan renungan untuk semua pihak.

" Sekarang dalam proses komunikasi dengan pihak keluarga
Semoga dapat terespon itikad baik ini. dan juga semoga menjadikan kejadian ini sebuah hikmah renungan kepada siapa saja termasuk aku jg yg suka bikin content," ucapnya.

Arie juga berharap untuk semua semua orang berhati-hati dalam membuat konten hiburan agar tidak melukai hati siapapun.

" untuk Sama2 lebih berhati hati memilih konten2 hiburan yang tidak melukai fihak manapun. Dan baik untuk keutuhan kehidupan bersosial antar perbedaan," ucapnya.

" Temen2 kita sama2 jaga lisan kita yuk.Semua yg kita utarakan akan berbalik kepada yang mengatakan nya Krn itu, mohon maaf klo dipostingan ini bukan tulis komen2 yg keras demi kembali utk kebaikan pribadi masing2. Sebaiknya komen yg konstrukstif dan positifya demi menjaga kita yg disini ga ikutan kebawa lelahnya saling caci,"  imbuhnya.

© Dream
Beri Komentar