Mengenal Sosok Irwan Yusuf, Ayah Marshanda

Reporter : Kusmiyati
Senin, 28 Maret 2016 16:16
Mengenal Sosok Irwan Yusuf, Ayah Marshanda
Setelah bercerai dengan ibunda Marshanda, Riyanti Sofyan, kehidupan Irwan Yusuf mulai memprihatinkan.

Dream - Nama Irwan Yusuf menjadi sorotan publik. Ini lantaran pria yang jarang dikenal publik ini merupakan ayah kandung aktris Marshanda, yang terjaring razia pengemis. 

Irwan `dijangkau` Dinas Sosial saat sedang mengemis di kawasan Bangka, Jakarta Selatan. Para peselancar dunia maya pun terkejut dengan kabar itu. Semua bertanya-tanya, benarkah?

Marshanda, dengan tanpa rasa malu mengakui bahwa itu memang adalah ayahnya. Ayah yang terakhir ditemuinya sekitar 15 tahun lalu. 

Marshanda memang sedang mencari-cari sang ayah kandung. Entah dimana. Meski ayahnya 'ditemukan' saat sedang mengemis, Marshanda senang bukan kepalang.

" Buat aku ini bukan sesuatu yang memalukan buat aku," ujar janda satu anak yang kerap disapa Caca itu.

" Dimanapun juga itu papahku dan aku sayang sama papah apa adanya."  Caca menemui sang ayah di Panti Sosial Bina Bangun Daya 2, Kawasan Cipayung, Jakarta Timur. 

 

Sebelum kabar ini mencuat, sosok Irwan memang tidak pernah terlihat tampil di hadapan media mendampingi Marshanda. Terakhir Irwan muncul saat kasus pertikaian antara Marshanda dan ibundanya, Riyanti Sofyan.

Irwan menemani putrinya, wanita yang akrab disapa Caca itu saat sedang depresi. Ia berkunjung ketika Caca harus menerima perawatan di salah satu rumah sakit. Usai pertikaian Caca dan ibunya mereda, keberadaan Irwan pun tidak diketahui. 

Lalu, siapa sebenarnya Irwan Yusuf?

 

1 dari 5 halaman

Menikahi Putri `Raja Hotel`

(Foto: Tabloid Nova)

Dream - Sosok Irwan memang tak banyak yang tahu, dikutip Tabloidnova, Irwan pernah bersekolah di SMA 8 dan tinggal di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Setelah menikah dengan Riyanti, Irwan pun pindah ke kawasan Menteng, rumah yang saat ini ditempati Caca.

Pernikahan Irwan dan Riyanti dikaruniai tiga anak, Marshanda, Aldrian dan Alyysa. Irwan memiliki adik perempuan yang berprofesi sebagai model era 90an, Cynthia Yusuf.

Adik Irwan menikah dengan Rizal Risjad, anak kedua dari pengusaha konglomerat Ibrahim Risjad.

Mertua Irwan, mendiang Sofyan Ponda, dikenal dikenal sebagai 'raja hotel kecil' karena sukses mendirikan sejumlah hotel yang diberi nama 'Sofyan Hotel'.

Perusahaan keluarga itu kemudian berkembang pesat dan menjadi perusahaan terbuka (Tbk). Sejak Sofyan meninggal, anak-anaknya, termasuk istri Irwan, mewarisi usaha sang ayah.

Namun saat Caca berusia 5 tahun, Irwan dan Riyanti pun memutuskan bercerai. Putri sulung Irwan itu pun mengaku sejak orangtuanya berpisah, ia sudah tidak lagi bertemu dengan sang ayah.

" Aku lost contact sama Papa dari umur 15 tahun. Ketika heboh berpisah aku ganti nomor handphone, dan aku kehilangan nomor Papa. Papa hilang nomor aku," tutur Caca di Cipayung. 

2 dari 5 halaman

Terpuruk Setelah...

Dream - Setelah bercerai, Irwan tinggal di rumah kosan kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Informasi yang diterima Dream, gaya hidup yang kurang bersih membuatnya diusir dari tempat tinggal sementaranya itu.

Kehidupan Irwan pun mulai tidak menentu. Sempat tinggal di mushola, namun karena dianggap mengganggu kenyamanan warga maka Ketua Rukun Tetangga (RT) menegurnya.

Menurut penuturan masyarakat kawasan Bangka tempat ditemukannya Irwan saat sedang mengemis, Irwan sempat bekerja di sebuah bengkel dengan upah pas-pasan.

Bengkel tempat Irwan bekerja itu pun bangkrut. Dia pun sudah tidak lagi mampu untuk membayar tempat tinggal. Kelaparan membuatnya terpaksa menjadi pengemis.

Warga sekitar mengatakan kepada Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial DKI Jakarta sudah tiga bulan terakhir Irwan meminta-minta kepada orang di jalan.

Petugas pun membawanya ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Rencananya Irwan akan dibawa pulang Marshanda.

 

3 dari 5 halaman

Reaksi Ibunda Marshanda Dengar Mantan Suami Jadi Pengemis

Dream - Berbeda dengan putri sulungnya, Andriani Marshanda yang langsung menjenguk sang ayah, Irwan Yusuf usai diamankan petugas karena mengemis. Mantan istri Irwan, Riyanti Sofyan tidak banyak berkomentar mengenai hal tersebut.

" Saya enggak tahu, jadi tidak bisa kasih statement. Nanti ya," kata Riyanti kepada wartawan, Senin 28 Maret 2016.

Putri dari 'Raja Hotel Kecil', mendiang Sofyan Ponda ini mengatakan akan mengonfirmasi hal ini ke keluarga mantan suaminya itu.

" Saya konfirmasi dulu ke orangtuanya (Irwan Yusuf)," kata ibu tiga anak ini.

Seperti diketahui Irwan kini berada di Panti Sosial Bina Bangun Daya 2, Kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Marshanda sendiri berencana akan membawanya pulang dan menyediakan kebutuhan sang ayah termasuk pekerjaan.

4 dari 5 halaman

Aku Sayang Papa

Dream - Tak ada rasa malu ditunjukkan artis Marshanda saat mengetahui sang ayah kandung terjaring razia karena mengemis. Malah, Marshanda bersyukur karena bisa bertemu muka dengan sang ayah, setelah 15 tahun. 

" Bukan hal buruk buat aku. Kalau ada anggapan hal miris, bukan hal seperti prihatin,"  kata wanita yang akrab disapa Caca itu saat ditemui di Panti sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Senin 28 Maret 2016.

Bagi Marshanda, sang ayah yang diketahui mengemis bukanlah hal buruk. Bukan juga aib bagi dirinya. 

" Ini buatku bukan sesuatu yang kurang baik dibandingkan hal-hal lainnya," ujar janda satu anak ini. 

Wanita yang akrab disapa Caca ini malah bahagia bisa dipertemukan lagi dengan sang ayah.

" Aku malah senang bisa ketemu lagi. Karena ketika heboh berpisah aku ganti nomor handphone, dan aku kehilangan nomor Papa. Papa hilang nomor aku," kata Caca.

Di sisi lain Caca justru merasa bangga dengan sosok sang ayah. Caca begitu mencintainya meski sudah lama berpisah.

" Buat aku bukan memalukan sama sekali. Buat aku bangga. Aku sayang saja sama Papa," pungkas pacar dari Egi John ini. (Ism) 

5 dari 5 halaman

Dia Tetap Papaku

Dream - Aktris Marshanda tak membantah sedikitpun bahwa pengemis yang terjaring razia di kawasan Bangka, Jakarta Selatan adalah sang ayah, Irwan Yusuf. Wanita yang akrab disapa Chacha itu pun mengaku sudah lama tidak bertemu dengan ayah kandungnya itu.

" Yakin (itu ayah), aku lost contact sama Papa dari umur 15 tahun," kata Chacha, dikutip tayangan Intens, Senin 28 Maret 2016.

Ibu satu anak itu pun mengungkapkan kebahagiaannya karena sang ayah bisa ditemukan. " Senang akhirnya bisa ketemu Papa," tutur mantan istri Ben Kasyafani itu.

Chacha sendiri tidak malu mengakui kondisi sang ayah sekarang ini. " Enggak usah malu ya kalau ada anggota keluarga kekurangan, menurut aku dia tetap Papaku," ujar ibu satu anak itu.

Chacha sendiri mengaku setelah ayahnya diamankan, ia sudah berusaha datang ke Dinas Sosial. Namun Chacha tidak diizinkan bertemu lantaran sudah melewati jam besuk.

" Semalam belum bisa jenguk," kata Chacha. Rencanya hari ini mantan istri Ben Kasyafani itu pun akan datang menjemput sang ayah.

Menurut penuturan masyarakat sekitaran kawasan Bangka, ayahanda Marshanda itu sudah menggelandang dan mengemis selama tiga bulan. Irwan juga mengungkapkan perceraianya dengan Ibunda Marshanda, Riyanti Sofyan sudah 15 tahun yg lalu.

Setelah berpisah, Irwan memutuskan bekerja di bengkel kawasan Bangka. Rupanya upah yang diterimanya tidak mencukupi kebutuhannya. Bengkel tersebut pun bangkrut dan ia tidak mendapat pesangon.

Ia pun hidup sebatang kara, Ayah Chacha itu pun tidak mampu lagi membayar kontrakan tempat tinggalnya. Untuk bertahan hidup maka Irwan pun meminta belas kasihan orang yang di jalan. (Ism) 

Beri Komentar