Kisah Haru Para Artis Bertahan Hidup Melawan Kanker

Reporter : Kusmiyati
Jumat, 6 Januari 2017 09:28
Kisah Haru Para Artis Bertahan Hidup Melawan Kanker
Selain Olga Syahputra, di dunia hiburan tanah air, beberapa artis ternama ini masih harus berjuang melawan penyakit mematikan itu.

Dream - Kanker masih menjadi momok yang menakutkan untuk banyak orang. Di Indonesia sendiri, meruju data riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2013 lalu, memperlihatkan prevalensi kanker yakni 1,4 per 1.000 penduduk.

Sementara laporan World Cancer, International Agency for Research on Cancer (IARC) WHO pada 2012 lalu menunjukan sekitar 14 juta kasus baru kanker terjadi di dunia.

Kanker bisa disebabkan karena radiasi, gaya hidup, bahan kimia dan juga virus. Penyakit ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal.

Di dunia hiburan tanah air, beberapa artis ternama masih harus berjuang melawan penyakit mematikan itu. Yang lainnya, menghadap Yang Kuasa setelah berjuang melawan penyakit itu. Dengan statusnya, perubahan pada diri artis pengidap kanker jelas terlihat. Mulai dari penampilan, kerontokan rambut hingga penurunan berat badan.

Tak hanya itu, bahkan ada yang sampai kehabisan dana lantaran biaya pengobatan yang cukup tinggi.

Berikut ini jajaran nama artis yang bertahan hidup melawan penyakit kanker..

 

1 dari 5 halaman

Yana Zein

Dream - Di penghujung 2016, kabar sakitnya pesinetron Yana Zein cukup mengejutkan publik. Wanita yang akrab disapa Yana ini menderita kanker payudara selama satu tahun terakhir.

Ibu dua anak ini baru tersadar setelah penyakit yang belum ditemukan obatnya itu menggerogoti tubuhnya. Awalnya ia berpikir hanya masuk angin, namun ternyata sel kanker sudah menjalar di tubuhnya.

Benjolan di payudara Yana itu semakin membesar dan pecah, saat itu ia memilih pergi ke tempat pengobatan alternatif. Namun sel-sel kanker terus menjalar, kini ia pun tengah mendapatkan perawatan intensif di 
salah satu rumah sakit.

Biaya pengobatan yang tidak sedikit membuat anak-anak Yana pun berhenti sekolah. Namun sekarang Yana sudah cukup lega, lantaran banyak pihak yang membantu meringankan bebannya.

 

2 dari 5 halaman

Pedangdut Julia Perrez

Dream - Pedangdut Julia Perrez atau yang akrab disapa Jupe menderita kanker rahim atau serviks stadium empat. Hingga kini, Jupe masih harus bolak balik rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, tubuhnya pun semakin terlihat kurus.

Awal 2016, Jupe sempat dinyatakan sembuh dari penyakitnya itu. Sebagai bentuk rasa syukur, ia pun memutuskan menjalankan ibadah umroh. Namun sel-sel kanker ternyata masih menjalar di tubuhnya, ia pun mengalami masalah kerontokan rambut. Hingga akhirnya Jupe memutuskan memangkas habis rambutnya.

Jupe pun pernah melewati operasi saraf tulang belakang, dan kini ia pun memasrahkan penyakit kanker yang dideritanya kepada Sang Pencipta. Saat ini Jupe tengah menjalankan ibadah umroh, ia berharap penyakitnya bisa segera sembuh. " Tidak ada yang tidak mungkin. Tuhan mampu mengubah keadaanmu semudah membalikan telapak tangan, tetaplah berdoa dan berjuang," tulis Jupe di akun instagramnya baru-baru ini.

 

3 dari 5 halaman

Ria Irawan

Dream - Wanita pemilik nama Chandra Ariati Dewi Irawan ini divonis menderita kanker kelenjar getah bening sejak 2009. Akibat penyakit itu, artis era 80'an yang akrab disapa Ria Irawan itu pernah mengalami masa-masa kritis selama dua tahun.

Sebelumnya putri pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan ini menderita kanker rahim hingga akhirnya melakukan operasi 
pengangkatan rahimnya. Wanita kelahiran Jakarta, 24 Juli 1969 itu sempat dinyatakan sembuh dari penyakitnya, namun ternyata sel-sel kanker masih berada di perutnya.

Meski ujian datang tanpa henti, namun semangat tak pernah padam di dirinya. Bahkan tidak sedikit artis yang juga menderita kanker terinspirasi dari perjuangannya.

Kini Ria masih harus menjalani pengobatan, meskipun begitu ia tak pernah menganggap penyakitnya itu sesuatu yang menghambat kehidupannya. Ria pun belum lama ini menikah dengan Mayky Wongkar, sebagai bentuk bahagia dan rasa syukurnya mereka pun saat ini tengah menjalani ibadah umroh.

 

4 dari 5 halaman

Aldi Taher

Dream - Artis Aldi Taher masih berjuang untuk kesembuhan penyakit kanker getah bening yang dideritanya. Aldi baru beberapa bulan belakangan ini merasakan ada yang berbeda di tubuhnya. " Tanggal 24 Oktober 2016 kemo, ketahuannya tiga bulan sebelum itu,"  ujar Aldi.

Suami dari Georgia Aisyah ini mengaku sering merasakan sakit pada leher kanannya. Dokter yang memeriksa pun mengatakan penyakit kankernya itu sudah memasuki stadium satu. Diagnosa limfoma pun membuatnya harus menjalani perawatan dan kemoterapi hingga saat ini.

Aldi belum lama ini baru saja menjalani kemoterapinya yang kelima. " Bissmillah, perjuangan kemo kelima,' tulis Aldi di akun instagram miliknya.

5 dari 5 halaman

Gugun Gondrong

Dream - Pria pemilik nama Muhammad Gunawan Hendromartono atau Gugun Gondrong sekitar 2008 sempat dilarikan ke rumah sakit Medistra setelah tak sadarkan diri. Gugun sempat dikabarkan koma, dokter pun memvonisnya menderita tumor di otak bagian kiri depan.

Tak hanya itu, dokter juga menemukan adanya penggumpakan atau pembendungan cairan otak yang menekan batang otak Gugun. Rambut panjang yang menjadi ciri khas Gugun pun lama-lama mengalami kerontokan. Hingga akhirnya keluarga memutuskan untuk memangkas habis rambutnya.

Penyakitnya itu pun membuat kondisi fisik Gugun begitu berubah, wajahnya tak memperlihatkan perubahan ekspresi. Mimik wajah Gugun tidak berubah meski kondisi hatinya sedih ataupun senang. Pria kelahiran 30 Januari 1969 ini pun perlu bantuan orang lain untuk berjalan.

Gugun pun sempat melakukan operasi radang otak di Singapura, kondisi kesehatannya pun membaik. Gugun yang mulai pulih itu sudah mulai beraktivitas kembali, meskipun tidak seperti dulu. Mantan suami Anna Marisa ini pun terus berusaha menjaga kondisi kesehatannya dengan berolahraga secara rutin.

Beri Komentar