Singgung Perbedaan, Salmafina Pamer Foto Cium Pipi Sunan Kalijaga

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 23 Juli 2019 17:12
Singgung Perbedaan, Salmafina Pamer Foto Cium Pipi Sunan Kalijaga
Lihat kedekatan anak dan ayah ini.

Dream - Hubungan Salmafina Chairunnisa dan ayahnya, Sunan Kalijaga sampai saat ini masih jadi tanda tanya. Hubungan ayah dan anak itu sempat jadi sorotan setelah Salmafina dikabarkan telah memutuskan pindah keyakinan. 

Meski banyak memberikan sinyal tentang kepindahannya tersebut, Sunan sampai saat ini belum sepenuhnya yakin dengan keputusan putrinya tersebut. Sunan masih ingin mengajak mengobrol dari hati ke hati dengan Salmafina. 

Salmafina dan Sunan diketahui telah bertemu di sebuah restoran di Jakarta. Namun tak diketahui apa isi pertemuan ayah dan anak tersebut. Dari unggahan Alma, terlihat keakraban saat dia menghadiri acara makan bareng keluarga tersebut. 

 

Kaar terbaru datang dari Alma yang mengunggah foto kebersamaannya dengan Sunan Kalijaga. Foto unggahan di laman akun instagram itu memperlihatkan momen Alma yang tengah mencium pipi ayahnya.

Alma dan Sunan kompak mengenakan pakaian serba hitam. Di lihat dari fotonya, keduanya seperti tengah berada di sebuah studio. 

Alma© Alma

Unggahan tersebut disertai dengan keterangan Alma yang menuliskan tentang perbedaan. Tak jelas maksud perbedaan yang dituliskan putri sulung Sunan dan Heidy tersebut.

" Apapun perbedaan kita, baik itu pendapat dan hal lainnya, kita tetap keluarga,"  tulis Salmafina Sunan dikutip Dream, Selasa 23 Juli 2019.

Sebelumnya Alma menggemparkan publik dengan beredarnya foto dan video saat tengah beribadah dengan keyakinan barunya.

Kabar itu semakin riuh setelah Sunan Kalijaga membuat unggahan di media sosial yang menyebut putrinya sudah tak pulang ke rumah selama dua minggu.

Bahkan Sunan sempat mengancam orang yang sengaja menyembunyikan putrinya dan menuding ada dalang di balik perubahan Salma. 

" Saya menduga ada pengaruh dari seseorang atau komunitas yang berpengaruh kurang baik terhadap Salma. Sampai Salma berubah drastis seperti ini," tutur Sunan Kalijaga di Kantor Imigrasi Pusat, Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2019.

1 dari 5 halaman

Salmafina Pindah Agama, Sunan Kalijaga: Saya Harus Lihat Sendiri

Dream -  Sunan Kalijaga, ayah Salmafina Khairunissa atau Alma atau Salma, belum percaya putri pertamanya berpindah keyakinan. Pasalnya, dia belum melihat langsung Alma ibadah ke gereja dan mengenakan kalung salib.

" Tidak, tidak ada (pindah agama). Soal kalung salib saya belum pernah lihat. Saya harus lihat dengan mata kepala saya sendiri," ujar Sunan Kalijaga, di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2019.

Sunan meyakini Alma masih menjadi putri kesayangannya seperti dulu. Dia juga belum berbincang langsung dengan Alma soal pindah agama. 

" Saya belum masuk ke tahap itu, karena saya meyakini sampai detik ini Salma masih seperti dulu. Sebelumnya saya bilang hoax karena saya belum bicara dengan Salma dari hati ke hati," ucapnya.

Sunan Kalijaga© Sunan Kalijaga

Bukti keyakinan Sunan karena selama bulan Ramadan lalu, mantan istri Taqy Malik itu masih berpuasa dan sholat. Jadi kabar Alma pindah agama Sunan belum percaya, kecuali putrinya yang mengutarakan langsung kepadanya.

" Saya masih ada videonya waktu saya istri saya dan Salma melakukan ibadah sholat di masjid Sunter. Jadi buat saya orang ngomong soal Salma pindah agama saya tidak percaya,"   tuturnya.

2 dari 5 halaman

Tak Mau Kehilangan Salmafina, Sunan Kalijaga Minta Bantuan Imigrasi

Dream - Sunan Kalijaga mendatangi kantor pusat imigrasi di Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2019. Dia meminta bantuan untuk mencegah sang putri, Salmafina, agar tidak bepergian ke luar negeri.

" Hari ini saya mendatangi kantor imigrasi dalam rangka memohon sebagai seorang ayah menunda kepergian putrinya. Karena kemungkinan Salma akan keluar dari Indonesia," ujar Sunan Kalijaga.

Sejak tanggal 2 Juli 2019, kata Sunan Kalijaga, Salmafina keluar dari rumah tanpa sepengetahuannya. Dia juga mendatangi kantor polisi pada 12 Juli 2019 dan membuat laaporan telah kehilangan anak.

" Pada 12 Juli saya melaporkan ke Polres Metro Jakarta Barat terkait dengan saya tidak mengetahui keberadaan Salma setelah meninggalkan rumah," tuturnya.

Sunan Kalijaga memang sangat berharap Salmafina, yang sedang santer dikabarkan berpindah agama, untuk pulang. Dia bahkan menyampaikan pesan kepada putrinya itu melalui Instagram.

Pengacara kondang itu tidak ingin Salamafina bertindak lebih jauh dengan meninggalkan Indonesia. " Ya memang sudah ada tanda-tanda Salma ingin meninggalkan Indonesia," ujar Sunan Kalijaga.

3 dari 5 halaman

Kehidupan Baru Salmafina Sunan Dibeber Istri Ajun Perwira

Dream - Salmafina Sunan mulai menjalani kehidupan dengan keyakinannya yang baru. Namun ada satu hal yang membuat publik penasaran soal alasan wanitabernama asli Salmafina Chairunnisa itu memutuskan pindah agama. 

Sedikit informasi datang dari Jennifer Jill Armand, istri dari Arjun Perwira yang mengaku pernah mendengar kabar tentang kehidupan baru Salmafina. 

Jennifer mengungkapkan jika kabar tentang kepindahan agama Alma, panggilan Salma, belum lama ini baru diketahuinya. Meski tak ingin mencampuri lebih jauh, Jennifer menilai keputusan Salma diambil terburu-buru.

" Mungkin keputusan pindah agama terlalu cepat, dan dalam emosi," ujar Jennifer saat dihubungi, Senin, 15 Juli 2019.

Menurut Jennifer, dari informasi yang didengarnya, Salma saat ini sudah merasa nyaman dengan keyakinan barunya.

Putri sulung pengacara Sunan Kalijaga ini dikabarkan merasa mendapat ketenangan saat membaca kitab suci agama barunya itu.

" Tapi yang aku dengar dan tahu dari Salma dia tenang nyaman. Semoga pilihannya memang dari dia yang tahu," tuturnya.(Sah)

4 dari 5 halaman

Salmafina Sunan: Saya Tak Memutus Hubungan dengan Orangtua

Dream - Salmafina Sunan mengaku tidak pernah memutus tali silaturahmi dengan kedua orangtuanya. Setelah santer dikabarkan pindah agama, dia tetap ingin bertemu dengan mereka.

" Saya tidak memutus apapun, bahkan hari ini atas dasar keinginan hati saya. Seharusnya saya bettemu kedua orangtua saya yang luar biasa saya cintai," tulis Salmafina lewat Instagram Story, Senin 15 Juli 2019.

Namun, niat bertemu itu batal setelah sang ayah, Sunan Kalijaga, membuat unggahan melalui Instagram Story. Sehingga keadaan hubungan mereka justru semakin memburuk.

" Tapi ada salah satu orangtua saya yang nyari saya lewat IG hanya memperburuk keadaan, jadi saya harus membatalkan," tulis Salma.

5 dari 5 halaman

Alasan Batal

Dia mengaku membatalkan niat bertemu orangtuanya untuk mencari ketenangan. Jika dipaksakan bertemu, tambah Salmafina, justru akan memperburuk keadaan.

" Saya batalkan karena saya mencoba untuk cooling down, saya tidak menyalahkan perbuatan dia. Karena sejujurnya saya tahu dan memaklumi itu reaksi yang akan terjadi. Bukan ingin mengecewakan tapi jika bertemu hanya adu rayu versi serem aja," ujarnya.

Meski begitu Salma akhirnya hanya bisa bertemu ibundanya, Heidy Sunan. Saat bertemu, Salma menceritakan kondisinya dan ingin sang bunda mengerti posisinya saat ini.

" Saya akhirnya bertemu ibu saya sebagai bakti saya pada orangtua. Sebagai penghormatan saya kepada orangtua. Saya jelaskan semua dan memang saya butuh waktu sendiri untuk berpikir dan merenung," ungkapnya.

salmafina© instagram salmafina

 

Beri Komentar