Jadi Nama Jalan di Bekasi, Ini Kata Dewi Perssik

Reporter : Nur Ulfa
Selasa, 8 Agustus 2017 15:26
Jadi Nama Jalan di Bekasi, Ini Kata Dewi Perssik
Dewi Perssik mengau kaget saat pertama kali mendengar namanya digunakan sebagai nama jalan di Bekasi.

Dream - Dewi Perssik mengaku kaget namanya trcantum dalam aplikasi Google Maps sebagai sebutan sebuah jalan di Bekasi, Jawa Barat. Dia tak pernah menyangka namanya menggantikan Dewi Sartika sebagai sebutan untuk jalan pada aplikasi tersebut.

" Ia saya baru saja dapat info kalau naman saya dijadikan nama jalan di daerah Bekasi. Saya sih cukup kaget dengan kejadian ini, yang seharusnya jalan Dewi Sartika, kenapa jadi Dewi Perssik," kata Dewi Perssik saat dihubungi, Senin 7 Agustus 2017.

Meski namanya dicatut, mantan istri Saipul Jamil ini tak merasa dirugikan. Tapi, dia mengaku merasa tak nyaman karena nama yang dipakai seharusnya milik pahlawan nasional. 

" Kalau merasa di rugikan sih tidak, cuma agak kurang enak aja gitu di dengar, karena kan itu nama jalan Dewi Sartika kan seorang pahlawan, pejuang bangsa, tidak sopan rasanya kalau harus diganti," ucapnya.

Dewi mengaku belum menanyakan kepada Pemkot Bekasi soal perubahan nama jalan tersebut. Sebab, dia tidak punya waktu untuk melakukan klarifikasi. " Karena jadwal saya cukup padat," imbuh wanita asal Jember itu.

1 dari 1 halaman

Dewi Sartika Jadi Dewi Perssik, Begini Jadinya...

Dream – Belakangan ini, nama Jalan Dewi Sartika di Bekasi, Jawa Barat menjadi perbincangan publik. Masalahnya, nama jalan ini berganti nama dengan nama Jalan Dewi Persik, seperit nama artis biduan dangdut Tanah Air. 

Dilansir dari Merdeka.com, Senin 7 Agustus 2017, pada Minggu 12.50 WIB, di aplikasi Google Maps, Jalan Dewi Sartika yang menghubungkan Jalan Hasibuan dengan Jalan Juanda, Bekasi Timur, berubah nama menjadi Jalan Dewi Persik. Hingga kini, Jalan Dewi Persik masih tertera di Google Maps.

Akibat perubahan nama itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bekasi melayangkan surat kepada Google. Mereka meminta konfirmasi perubahan nama Jalan Dewi Sartika. Pemerintah Kota Bekasi menduga perubahan nama ini dilakukan karena ulah peretas yang iseng.

" Hari ini kami melayangkan surat resmi kepada Google perihal perubahan nama ini. Kami ingin tahu alasannya apa sebab penamaan jalan di Kota Bekasi tidak bisa seenaknya diubah,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bekasi, Titi Masrifahati.

Titi mengatakan, mereka mendapatkan laporannya pada Sabtu 5 Agustus 2017. Hari ini mereka telah mengkontak Google untuk mendapatkan klarifikasi.

“ Namun belum direspons,” kata dia.

Titi mengatakan perubahan nama tersebut akibat hacker, tetapi motifnya belum diketahui. Dia mengatakan Google selama ini menerapkan sistem open source yang memungkinkan publik memberikan masukan atas konten layanan yang tersedia.

“ Tapi, kan, untuk mengubah yang sudah ada, perlu konfirmasi dan persetujuan pihak terkait. Jangan seenaknya saja,” kata dia.

Beri Komentar