CONNECT WITH US!

Komentar Mengejutkan Deddy Corbuzier Tanggapi Kasus Joshua

Reporter : Maulana Kautsar | Minggu, 14 Januari 2018 13:16
Deddy Corbuzier Turut Menanggapi Lawakan Agama Yang Dibawakan Joshua Suherman (Foto: Kapanlagi)

Dream - Kasus dugaan penistaan agama yang dialamatkan ke Joshua Suherman memantik perdebatan. Benarkah Joshua memang sengaja menyinggung agama dalam leluconnya?

Di vlog terbarunya, Deddy Corbuzier meminta masyarakat kembali memikirkan lawakan Joshua tersebut. Bahkan, Deddy membandingkan lawakan Joshua dengan sebuah artikel yang berbicara mengenai biksu, pendeta, dan Gus Dur yang ditulis di laman NU Online.

" Saya ceritain, nah nanti Anda mengatakan apakah ini termasuk penistaan atau tidak," kata Deddy pada video yang diakses Dream, Minggu, 14 Januari 2018.

Humor yang Deddy maksud yaitu kedekatan antara para penganut agama dengan Tuhan. Singkat cerita, biksu dan pendeta merasa Tuhan dekat dengan mereka karena panggilan Tuhan dalam agama mereka.

Sementara itu saat Gus Dur ditanya mengenai itu, dia menjawab," Yang paling jauh itu saya, Soalnya memanggil Tuhan saja menggunakan toa."

Deddy pun bertanya kepada masyarakat, apakah humor semacam itu tergolong ke dalam penistaan agama. Sebab, banyak humor semacam itu telah muncul.

" Ribuan, ratusan ribu humor menggunakan agama, ras, antargolongan, gua nggak ngerti. Tapi, yang saya tahu, Indonesia diambang krisis," ujar Deddy.

Agar kejadian semacam itu tak terulang, Deddy berharap masyarakat berhati-hati.

" Indonesia masih Indonesia yang dulu. Persatuan Indonesia, dan sila yang keempat, permusyawarahan, artinya segala sesuatu harus diselesaikan secara musyawarah. Kalau salah kita didik menjadi lebih benar lagi. Saya harap tidak terjadi hal-hal yang terus heboh dan sebagainya lagi," kata dia.

" Dan satu yang pasti. Ketuhanan yang Maha Esa," ujar dia.



Vidi Aldiano Takut Banget Sama Kucing!