Uki eks Noah Bilang Musik Pintu Kemaksiatan, Ustaz Solmed Angkat Bicara

Reporter : Nur Ulfa
Selasa, 3 Agustus 2021 09:23
Uki eks Noah Bilang Musik Pintu Kemaksiatan, Ustaz Solmed Angkat Bicara
Perdebatan seperti ini sudah ada sejak lama

Dream - Ustaz Solmed ikut berkomentar soal pernyataan Uki eks Noah yang mengatakan musik sebagai pintu maksiat. Menurut suami April Jasmine itu, pernyataan Uki ini bukan hal baru untuknya.

" Ya persoalan nyanyian, musik, ini adalah persoalan yang sampai hari ini bahkan sampai hari kiamat ya, ada sejak dari dulu memang terdapat perbedaan pendapat," kata Ustaz Solmed saat dihubungi, Senin 2 Agustus 2021.

Menurut dia, ada berbagai versi soal hukum musik. " Ada yang mengatakan bahwa musik itu sesuatu yang mubah, boleh-boleh saja, ada yang mengatakan bahwa musik itu haram mutlak. Ada yang mengatakan musik itu haram tapi dengan catatan," ujarnya.

Menurut Solmed, apa yang dikatakan Uki soal musik tak harus diperdebatkan secara panjang. Karena hal ini sudah biasa di dunia dakwah.

" Intinya semua pendapat memiliki dasar, memiliki dalil yang bisa dipertanggungjawabkan. Baik yang menyampaikan musik itu boleh maupun musik itu sesuatu yang diharamkan," imbuh dia.

Kendati demikian, Ustaz Solmed mencontohkan bahwa ada sahabat Nabi yang menghalalkan musik.

" Itu semua memiliki dasar dan dalil masing-masing sehingga harus saling menghargai dan menghormati. Bahkan beberapa sahabat Nabi ya banyak menghalalkan musik. Ada Abdullah bin Jafar misalnya," ungkap dia.

1 dari 3 halaman

Tak Bangga Jadi Musisi, Uki Eks Noah Sebut Musik Pintu Kemaksiatan

Dream - Mohammad Kautsar Hikmat atau Uki eks Noah menilai dunia musik menjadi sumber kemaksiatan manusia. Hal itulah yang membuat Uki memutuskan keluar dari band NOAH setelah memutuskan hijrah.

Menurut Uki profesi musisi yang dulu pernah digelutinya buakn sesuatu yang bisa dibanggakan di hadapan Allah SWT.

" Karena bagi saya, saya nggak bisa membanggakan Ya Allah saya dulu menciptakan banyak fans, banyak lagu. Di hadapan Allah pada akhirnya itu ga bisa meningkatkan derajat saya," ujar Uki dikutip Dream dari YouTube Belajar Sunah, Selasa 27 Juli 2021.

Uki eks Noah© Uki eks Noah

Foto : @uki_kautsar

Suami dari Metha Yunatria ini juga menilai musik sebagai salah satu pintu masuknya perbuatan maksiat.

" Jadi untuk dari segi musiknya, karena ketika musik itu ngga kalian lakukan maka otomatis kalian menutup pintu khamr, pintu rokok juga, bercampur dengan wanita," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Menyarankan Industri Musik Ditutup

Alasan itulah yang mendorong Uki menyarankan seseorang sebaiknya menutup pintu untuk masuk ke industri musik karena akan menjadi pilihan terbaik untuk kondisi yang lebih baik.

" Jadi dengan menutup pintu musik dan industri musik kalian menutup banyak hal yang sifatnya mudarat yang mungkin kalian tidak menyadari ya. Mungkin hanya ngedengerin musik aja. Kalau sejuta orang berpikiran seperti itu otomatis sponsor akan masuk, orang penjual khamr juga akan masuk," kata Uki.

Uki eks Noah bicara soal musik© Uki eks Noah bicara soal musik

 

3 dari 3 halaman

Pesan Uki Buat Musisi

Selain musik, Uki juga menyarankan seseorang yang masuk terjun ke industri ini untuk lebih banyak mengedepankan gambaran musisinya, bukan kegiatan maksiatnya. Dengan cara begitu para musisi takkan larut menjadi bagian dari orang yang mengajak masuk ke pintu maksiat.

" Bukan hayuk malam ini kita minum khamr bareng-bareng. Tapi musisi yang akan dikedepankan menjadi pintu pembuka maksiat itu," ucap Uki.

" Jadi saya mengingatkan diri saya sendiri, buat kalian juga, buat para musisi juga, jangan mau menjadi pintu maksiat untuk orang lain memasuki maksiat itu. Jadi tutup setutup erat-eratnya jangan mau kita jadi pintu maksiat," imbuhnya.

Sumber : youtube.com

 

Beri Komentar