Janji Venna Melinda Jika Jadi Orang Tua Sah Putri Asuhnya

Reporter : Gladys Velonia
Selasa, 20 Juni 2017 05:02
Janji Venna Melinda Jika Jadi Orang Tua Sah Putri Asuhnya
Venna mengungkap dirinya harus diakui secara sah oleh hukum sebagai orangtua Vania.

Dream - Venna Melinda saat ini sedang menjalani proses hukum untuk menjadi orangtua dari putri asuhnya, Vania Athabina, secara legal. Namun Venna berjanji takkan mempersulit jika suatu hari datang orangtua kandung dari putrinya itu. 

" Dari sisi hukum ada KUHP-nya, ada hukum pidana tentang orang tua yang menelantarkan anak. Tapi dari sisi kemanusiaan, ibu Venna sudah sangat komit, tidak akan memutus tali silaturahmi anak dan orangtua," ucap Novio Manurung, kuasa hukum Venna yang turut serta mendampinginya di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin, 17 Juni 2017.

Artis yang tenar di era 90an itu menjelaskan kalau dirinya ingin memuliakan seorang anak seperti Vania. Namun untuk sepenuhnya memberikan yang terbaik untuk Vania, Venna mengungkap harus diakui secara sah oleh hukum sebagai orangtua Vania.

" Saya harus punya legalitas atas Vania. Kalau saya nggak punya legalitas, misalnya saya mau Vania punya paspor, buat sekolah juga gimana kalau nggak ada akte kelahiran, saya mau asuransi pendidikan dia juga bingung. Ini semua mengikuti regulasi negara dan kepentingan Vania karena dia warga indonesia. Jadi saya ikuti semua peraturannya," ujarnya.

Selama ini Venna mengurus administrasi Vania dengan menggunakan akte sementara. Jika proses legal selesai, akte kelahiran Vania dapat dibuat dengan tanggal lahir ditetapkan pada 16 September 2016, ketika ia pertama kali ditemukan.

" Sampai saat ini, akte masih sementara, karena belum disertakan nama orangtuanya. Nanti tanggal lahirnya disesuaikan saat dia ditemukan. Dari sisi medis diasumsikan 16 september 2016 karena saat ditemukan pada tanggal tersebut, masih ada tali pusarnya, masih nempel, masih ada darah," ungkap Novio.

Venna Melinda mengangkat Vania sebagai anak awalnya karena ramai pemberitaan pada 17 September 2016 lalu. Saat itu publik dibuat geger lantaran berita penemuan bayi perempuan dengan kondisi ari-ari masih menempel di depan masjid Universitas Negeri Islam (UIN).

Bayi tersebut berjenis kelamin perempuan dengan berat hanya 1,7 kilogram. Kisah bayi mungil itu membuat Venna tersentuh dan langsung memutuskan mengadopsinya serta memberi nama yang indah, yakni Vania Athabina yang berarti perempuan pintar titipan Allah untuk dirinya.(Sah)

 

Beri Komentar