Konten Vlog Dikecam, Ria Ricis Buka Suara

Reporter : Gladys Velonia
Selasa, 2 Januari 2018 12:15
Konten Vlog Dikecam, Ria Ricis Buka Suara
Sebelumnya, konten vlog Ria Ricis dianggap memerikan contoh yang tidak baik kepada anak-anak.

Dream- Ria Ricis akhirnya menanggapi kritikan netizen bernama Wulan Russell atas video blognya tentang squishy. Menurut dara bernama asli Ria Yunita itu, squishy yang dia buang ke laut dan kloset hanya untuk kepentingan video saja. 

" Ini squishy mermaid yang ada di video dibuang ke pantai. Jadi setelah syuting di pantai, setelah dilempar ke laut, diambil lagi,"  tulis Ria Ricis, diakses Dream, Selasa 2 Januari 2017.

Adik Okki Setiana Dewi ini menambahkan, squishy-squishy yang diambil itu dipakai lagi untuk syuting video lain. " Bbrp waktu stlh itu saya pulang ke jkt dan syuting pake squishy mermaid itu dengan video yang berbeda," tambah dia.

ria ricis© ria ricis

Sementara, untuk squishy yang dibuang ke toilet, tidaklah dibuang. " Tentang squishy yang dibung ke toilet, squishy tersebut tidak benar2 diflush (bisa dilihat di videonya)," sambungnya.

Meski demikian, Ria Ricis meminta maaf atas judl video yang menuai kecaman itu. Dia menganggap kritikan itu sebagai masukan yang penting.

" Jika ada kesalahpahaman karena judul dan thumbnail videonya, sya mohon maaf. Perhatikan dari teman2 membuat saya jadi semangat untuk lebih baik lagi dalam membuat video kedepannya wassalam," tulis Ricis.

klarifikasi ria ricis© klarifikasi ria ricis

Ria Ricis mempersilakan netizen untuk bertanya kepada orang terdekatnya soal kebiasaannya yang tidak suka buang sampah sembarangan.

" Silahkan bertanya dengan orang terdekat, apakah saya termasuk tipe orang yg suka buang sampah sembarangan? Tidak. Bahkan saya selalu menyimpan sampah dalam tas saya ketika di tmpt itu tdk ada tempat sampah. Kemudian saya buang di tmpt yang ada tmpt sampahnya," tulis Ria Ricis.

Meski sudah mengkalrifikasi, rupanya masih banyak warganet yang tetap mempertanyakan maksud Ricis membuat konten video yang dianggap memberi contoh tidak baik kepada anak-anak itu. Terlebih saat postingan Ria Ricis tersebut kembali diunggah oleh akun gosip.

" akanya gausah ngelakuin hal ga penting deh mending lu ngevlog hal yg lebih berfaedah sih, udah tua maenan squishy lol," tulis akun @indrianyrizka.

" Yah terserah apa lah penjelasannya, coba dijawab dlu aja mba itu bikin video itu maksudnya untuk apa? Coba jelasin dlu aja maksud dan tujuannya. Lalu kira" manfaatnya itu apa," ujar akun @dinawijaya.

" Tetep ngajari yg gak bener krn yg ditonton bukan klarifikasinya," ucap akun @verohidayat.

1 dari 3 halaman

Ini Vlog Yang Diprotes

Dream - Netizen bernama Wulan Russel memberikan kritik pedas kepada Youtuber Ria Ricis. Dia menganggap konten video blog adik Okki Setiana Dewi itu sangat tidak mendidik.

Wulan mengkritik video Ricis yang berjudul "  BUANG SQUISHY KE CLOSET??? - squishy dare" . Dia menyebut video ini telah memberikan contoh tidak baik karena mengajarkan membuang squishy ke dalam kloset.

Melalui akun Instagram @wulanrussell, Wulan menyebut Youtuber bernama asli Ria Yunita ini hanya mencari sensasi dan menaikkan viewers dengan membuat video itu.

"  PLEASE, mau lu kejar rating atau gelar jadi youtuber terkaya kek di Indonesia, atau terviral kek, terheboh kek, tersquishy kek, gw uda enek ya sama gaya lo," tulis Wulan, di akses Dream pada Kamis 28 Desember 2017.

ria ricis© ria ricis

"  Mungkin gw dan setitik orang-orang di Indonesia yang hanya kurang dari 3% yang enek sama kelakuan lo, sisanya 97% itu doyan ngejilat lo, buang buang kuota mereka buat nonton video2 lo yang ga bermanfaat dan gak mendidik itu, " sambung dia.

Menurut Wulan Russell, tindakan buang squishy ke toilet tidak mendidik. Sebab, tindakan Ricis itu bisa jadi diikuti oleh para pengikutnya. Apalagi, ada di antara subscribers Ricis ada yang masih anak-anak.

"  Di video lo sebelomnya, lo buang2 sampah lo kelaut, ngaku dipungut lagi, tapi ga ada tuh buktinya di pungut lagi, udah gt nenteng2 bintang laut pula! Sekarang bikin2 beginian lagi, elo tau gak, toilet paper aja bisa bikin sampah ngendep di spitank dan mampet, apalagi ginian yg terbuat dari plastik, mau itu uda lu ambil lagi dari toilet tetep aja JUDUL AWALNYA BEGITU NYONTOHIN YG GAK BENER. Apalagi subscribers/followers lo anak2 dibawah umur," tulisnya.

2 dari 3 halaman

Tantang Adu Panco!

Wulan bahkan menantang Youtuber 22 tahun ini untuk adu panco. Bila Ricis kalah, Wulan memintanya menutup akun Youtube.

"  Sini kalo lo punya nyali, gw tantangin lo adu Panco atau Muay Thai diatas ring pas kehamilan gw nginjek 6 bulan (pilih mau Panco atau Muay Thai), kalo lo kalah lo tutup channel," tegasnya.

Wulan Russell ingin Ricis membuat konten yang memberikan contoh baik, bukan justru memberikan contoh buruk ke generasi muda. Dia memberi waktu hingga 31 Desember kepada Ricis untuk menjawab tantangan itu.

3 dari 3 halaman

Mendapat Dukungan

Kecaman Wulan ini menjadi viral. Dan rupanya, warganet mendukungnya. Banyak yang ikut mengutarakan unek-uneknya terhadap konten Ricis selama in.

"  Awalnya sy ga pernah tau dan ga mau tau ini siapa, tp setelah beberapa kali denger ponakan yg msh kls 1 SD mantengin yutub dia, sy jd penasaran dg apa yg dia sampaikan. Ternyata dia adiknya bu ustadzah terkenal yg bkin vlog ttg shitty things yg alay dan bener2 ga penting! Unfaedah bgt!," tulis akun @saokimarzuki.

"  Sesekali liat video2nya @riaricis1795 dan setuju banget kebanyakan lebih ke ga bermanfaat dan ga berfaedahnya. Bukan fan bukan hater ;)," komentar akun @ikanurlita

Beri Komentar