5 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Dimana Saja

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 29 Januari 2020 17:48
5 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Dimana Saja
Ide pas buat kamu yang mager kemana-mana

Dream - Aktivitas berolahraga secara rutin tentunya baik untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Meski sudah jadi pengetahuan umum, masih sangat banyak orang yang punya banyak alasan jika harus olah fisik dengan jadwal tetap.

Beberapa alasan sering dipakai oleh mereka yang malas berolahraga adalah sulit bangun pagi atau jadwal kerja yang padat.

Alasan lain yang juga sering kita dengar adalah waktu yang terbatas, tempat berolahraga yang jauh, biaya mahal atau tidak ada teman.

Padahal banyak variasi olahraga yang bisa dilakukan dimana pun dan kapanpun loh. Yang pasti sehat dan tentunya mudah dilakukan.

Sebelum mulai melakukan kamu harus terlebih dahulu menyocokkan jenis olahraga dengan keseharianmu dulu.

Jika memiliki keterbatasan waktu, tempat dan teman berolahraga, berikut beberapa gerakan yang bisa dilakukan dimanapun serta tidak memerlukan alat.

1 dari 5 halaman

Squat

Banyak yang melakukannya dengan kettle ball untuk menambah beban, tapi gerakan squat bisa dilakukan tanpa alat.

 OlahragaOlahraga © dream.co.id

Foto: Shutterstock

Pertama-tama, buka kedua kaki selebar pinggul. Lalu, tekuk sedikit lututmu dan kencangkan otot perut. " Kaki, lutut, pinggul dan bahu menghadap ke depan. Bayangkan di belakang ada kursi, jadi duduk di kursi tersebut. Lalu, lakukan gerakan turun-naik dan rentangan rentangkan ke depan," ujar Owner & Founder Bodyfit, Irfan Muharam dalam acara Shopee 2.2 Men Sale di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu 29 Januari 2020.

 OlahragaOlahraga © dream.co.id

Jika merasa kurang seimbang, aturlah pernafasan dan kencangkan otot perut. " Balance itu tergantung core. Atau bisa jadi, gara-gara mass imbalance. Tapi, fokus ke perut saja dikencangkan. Dan main repetisi atau waktu, 20 menit non stop atau 20 repetisi," imbuhnya.

2 dari 5 halaman

Push Up

Setelah melakukan latihan untuk tubuh bagian bawah, sekarang bagian atas. Lakukan push up untuk melatih otot dada, tricep dan perut.

 OlahragaOlahraga © dream.co.id

Foto: Shutterstock

" Untuk perempuan, boleh pakai lutut. Pertama, berlutut dan jarinya dibuka, nggak boleh rapat. Lalu, telungkup dan gerakkan kepala, bahu dan bokong ke bawah secara berbarengan," katanya.

3 dari 5 halaman

Side Plank

Plank merupakan gerakan yang terbilang cukup sulit dilakukan. Namun, kamu bisa melakukannya dengan cara lebih sederhana.

 OlahragaOlahraga © dream.co.id

Foto: Shutterstock

" Ini adalah latihan perut paling simple dan bisa dilakukan sama partner. Kepalkan tangan ke depan dan luruskan setinggi bahu. Minta teman untuk menahan gerakan ke samping sambil mendorong tanganmu dan lawan gaya tersebut" .

4 dari 5 halaman

Tricep Dip

Gerakan ini sangat cocok jika kamu menginginkan bentuk lengan lebih ramping. Kamu hanya membutuhkan kursi. Hadapkan telapak tangan ke belakang dan bertumpulah pada ujung kursi.

 OlahragaOlahraga © dream.co.id

Foto: Shutterstock

Tekuk lutut sebesar 90 derajat dan sejajarkan punggung dengan ujung kursi. Lalu, angkat serta turunkan badan ke atas dan bawah. " Taruh beban di lengan belakang dan lakukan sebanyak 10 kali," tuturnya.

5 dari 5 halaman

Stretching

" Pemanasan dan pendinginan itu penting. Walaupun berolahraga di kantor, rumah atau tempat lainnya," ungkap Gilang Reza, Sport Enthusiast.

 OlahragaOlahraga © dream.co.id

Foto: Shutterstock

Gerakannya pun cukup mudah. Duduk bersila dan bertumpulah dengan tangan kiri. Lalu, tari tangan kanan ke arah kiri, luruskan dan dorong hingga maksimal.

" Tangannya di flex dan tarik ke samping. Push sampai maksimal dan balik lagi ke posisi semula. Habis itu bikin rotation, kembali lagi dan lakukan ke arah sebaliknya," tutup Gilang.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak