Anak Malas Olahraga? Buat Lebih Menyenangkan dengan Cara lni

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 29 Juli 2021 16:45
Anak Malas Olahraga? Buat Lebih Menyenangkan dengan Cara lni
Olahraga punya segudang manfaat, namun mengajak anak untuk melakukan kegiatan fisik ini pasti gampang-gampang sulit

Dream - Pada masa pertumbuhan, anak perlu dibiasakan untuk berolahraga. Tulang dan otot tubuhnya perlu dilatih agar berkembang dengan maksimal. Selain itu olahraga juga melancarkan pencernaan anak, mencegah penambahan berat badan yang berlebih, mengurangi risiko diabetes, hingga kanker pada anak. 

Olahraga juga tak hanya bermanfaat secara fisik saja. Seorang anak yang rutin melakukan olah fisik dengan beolahraga bisa terjaga kesehatan mentalnya sekaligus membantu membangun karakternya.

Milo© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Saat tulang dan ototnya bertumbuh, maka anak harus bergerak secara terukur dan teratur. Jadi tinggi badannya akan maksimal, apalagi kalau kalsiumnya baik. Selain itu olahraga juga meningkatkan hormon endorphin yang mempengaruhi mood anak lebih bahagia,” jelas Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, Rita Sports Nutritionist pada konferensi virtual Milo Activ Academy, 28 Juli 2021.

Hampir semua orang tua pasti sudah menyadari pentingnya berolahraga. Namun masalah yang rutin mereka hadapi adalah mengajak anak-anak untuk bersama-sama berolahraga di tengah serbuan gawai ataupun tontonan televisi dan platform video lainnya. 

Namun seberapa pun sulitnya hal tersebut, Sahabat Dream tak bisa membiarkan kemalasan itu tetap muncul. Mungkin kamu hanya butuh sedikit kreativitas untuk membuat aktivitas olahraga menjadi menyenangkan.

Sahabat Dream bisa melakukan ide-ide berikut ini untuk memotivasi anak lebih semangat berolahraga.

1 dari 4 halaman

1. Jangan Lelah Jelaskan Manfaat Olahraga

Awali dengan memberikan pengertian soal manfaat olahraga kepada anak agar mereka mempunyai pengetahuan tentang manfaat yang akan didapatkan tubuhnya.

Milo© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Biar anak mau olahraga, beritahu anak manfaat olahraga. Karena mereka juga butuh alasan untuk memahami pentingnya olahraga. Dengan mengerti manfaatnya anak akan lebih semangat.” jelas Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, Rita Sports Nutritionist pada konferensi virtual Milo Activ Academy.

Hal yang satu ini barangkali cukup sulit dilakukan. Apalagi jika anak masih berada di usia yang kecil dan belum dapat menerima informasi dengan mudah. Namun penjelasan ini dapat dilakukan berulang oleh Ibu dan jadikan olahraga ini menjadi kebiasaan.

2 dari 4 halaman

2. Jadikan Kebiasaan yang Menyenangkan

Shutterstock© Shutterstock

Menjadikan olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama dapat membuat anak gemar berolahraga.

Sahabat Dream bisa membantu anak dengan membuat jadwal rutin untuk berolahraga bersama keluarga agar tidak merasa sendirian ketika berolahraga. Seperti misalnya bermain bola bersama anak atau aerobik dengan lagu kesukaannya.

“ Dan buat olahraga jadi rutinitas kegiatan keluarga. Orangtua harus siapkan waktu untuk anak dan berolahraga bersama. Buat olahraga jadi fun, contohnya pakai musik dan ajak gerak sama-sama,” jelas Mirna Tri Handayani, Business Executive Officer Beverages Business Unit PT Nestlé Indonesia pada kesempatan yang sama.

3 dari 4 halaman

3. Fasilitasi Olahraga yang Disukai

Beberapa cabang olahraga membutuhkan peralatan khusus. Jika minat anak sudah terbentuk, beri fasilitas pendukung, misalnya raket untuk anak yang sedang suka main bulu tangkis.

Milo© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Berikan fasilitas, misal berikan ruangan kosong supaya dia bisa aerobik atau berikan bola dan sepakati kalau anak harus olahraga di jam berapa agar orangtua bisa mendampingi,” jelas Eka Herdiana, Nutrisionis Nestlé Indonesia pada kesempatan yang sama.

Kesediaan orangtua meluangkan waktu menemani anaknya atau menjadi partner olahraga adalah pendorong terkuat untuk meningkatkan percaya diri dan suasana hatinya. Motivasi postif yang didapatkan anak memungkinkan baginya untuk berprestasi dalam olahraga yang diminatinya.

4 dari 4 halaman

4. Lakukan Variasi Olahraga

Perkenalkan anak pada bermacam-macam olahraga agar ia tidak bosan. Di zaman serba digital ini, Sahabat Dream dapat dengan mudah mencari variasi olahraga untuk anak.
Melalui platform edukasi olahraga online salah satunya.

Seperti Milo Activ Academy yang menghadirkan beragam rekomendasi kegiatan pendukung olahraga yang bisa dilakukan di rumah saja, mulai dari aerobik, bulu tangkis, lari, sepak bola, basket hingga renang yang bisa diakses melalui situs www.milo.co.id/activ-academy.

Setiap video tutorial pada masing-masing cabang olahraga dibuat sesuai dengan modul pelatihan MILO ACTIV Indonesia yang disusun oleh para ahli. Modul ini merupakan hasil kerja sama MILO dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

“ Olahraga merupakan guru terbaik bagi anak untuk dapat belajar mengenai nilai-nilai kehidupan seperti percaya diri, pantang menyerah, sportivitas, dan kerja sama tim, sehingga membantu membentuk karakter tangguh anak. Saya berharap MILO ACTIV Academy memotivasi anak menjalankan gaya hidup sehat dan aktif meskipun hanya di rumah saja,” tambah Mirna Tri Handayani.

Ibu dan presenter, Nadia Mulya juga mendukung kehadiran platform MILO ACTIV Academy ini menjadi salah satu solusi membuat variasi olahraga dan memotivasi sang buah hati.

Milo© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Beragam video latihan yang dihadirkan, sangat mudah untuk diikuti sehingga membantu anak saya dapat berlatih olahraga favoritnya dengan benar dari rumah,” jelas Nadia pada kesempatan yang sama.

Beri Komentar