Dampak Baik dan Buruk Sit Up untuk Kesehatan Tubuh

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 23 Mei 2020 06:01
Dampak Baik dan Buruk Sit Up untuk Kesehatan Tubuh
Sesuaikan dengan kondisi tubuhmu.

Dream - Jika ingin memiliki perut yang lebih ramping, melakukan gerakan sit up bisa menjadi solusinya. Kamu bisa mengencangkan otot perut dan pinggang jika melakukannya.

Namun, pakar masih mempertanyakan efektivitas dan manfaat sit up terhadap kesehatan. Di samping mengencangkan otot, sit up juga dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan.

Dilansir dari Times of India, berikut manfaat dan efek buruk melakukan sit up.

Mengencangkan Otot Perut

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sit up dapat mengencangkan otot perut. Penelitian membuktikan, wanita berusia lanjut yang bisa melakukan sit up dengan tepat memiliki risiko lebih rendah untuk kehilangan massa otot akibat penuaan.

1 dari 2 halaman

Membuat Tubuh Lebih Lentur

 Sit Up© Shutterstock.com

Sit up membuat tulang belakang dan otot pinggangmu lebih lentur. Ini akan memperlancar peredaran darah dan meredakan stres.

Menyebabkan Cedera

Ketika sit up, kamu harus mendorong tubuh ke depan. Gerakan ini diklaim kurang baik untuk tulang belakangmu karena memberikan tekanan berlebih dan dapat menyebabkan cedera. Jika kamu mendorong tubuh dengan leher, ini dapat menyebabkan cedera leher.

2 dari 2 halaman

Mengalami Peradangan Akibat Gerakan yang Salah

 Sit Up© Shutterstock.com

Kamu harus memerhatikan repetisi saat berolahraga. Namun, hal yang paling utama adalar gerakannya. Lebih baik melakukan gerakan tepat dengan repetisi minim, daripada gerakan yang salah berkali-kali.

Dengan gerakan yang tepat, berolahraga akan lebih efektif. Sedangkan gerakan yang salah akan menyebabkan cedera otot dan peradangan.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar