Timnas Indonesia vs Thailand Hari Ini, Fisik Tim Garuda Jadi Sorotan

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 10 September 2019 11:48
Timnas Indonesia vs Thailand Hari Ini, Fisik Tim Garuda Jadi Sorotan
Mampukah Garuda Indonesia mengalahkan Tim Gajah Putih, Thailand?

Dream - Gagal menaklukan timnas Malaysia 2-3 di laga pertama kualifikasi Grup G Piala Dunia menjadi beban tersendiri bagi skuat timnas Indonesia. Hari ini, Timnas Indonesia harus bersiap melawan musuh terkuatnya dari Asia Tenggara, Thailand.

Pelatih Eduard Tjong, kepada Bola.com mengakui banyak faktor bisa jadi beban Timnas Indonesia. Salah satu tugas beratnya adalah memulihkan psikologis pemain usai kalah dari Malaysia.

" Apalagi lawan yang dihadapi, Thailand secara tradisi punya sejarah lebih sulit dikalahkan Indonesia. Pemai harus melupakan kekalahan lalu," kata Eduard.

Untuk diketahui, jadwal Timnas Indonesia vs Thailand akan menjadi laga kedua kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022. Pertandingan akan digelar di Stadiun Utama Gelora Bung Karno, sekitar pukul 10.30 WIB. 

Menurut Eduard, selain kondisi mental pemain, fisik anak asuh Simon McMenemy juga jadi perhatiannya. Dia melihat, saat dikalahkan Malaysia, kondisi fisik pemain rata-rata menurun di babak kedua.

" Ini berbahaya jika Thailand mengajak main cepat yang menguras stamina. Berikutnya, semua tergantung kecerdikan pelatih dan pemain cara memainkan tempo di lapangan," ujar dia.

Meski dibebani sejumlah persoalan, Eduard yakin timnas telah menjalani sejumlah evaluasi dan perbaikan. Beberapa diantaranya mengenai jebakan offside dan komunikasi antarpemain.

" Juga fokus kiper Andritany sebagai orang terakhir dan kapten tim. Saya kira itu semua pasti sudah diperbaiki Simon McMenemy," ujar dia.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand akan ditayangkan secara langsung di TVRI dan Mola TV.(Sah)

1 dari 5 halaman

Paguyuban Suporter Timnas Indonesia Minta Maaf

Dream - Pendukung Tim Nasional Indonesia meminta maaf atas kerusuhan antarsuporter saat laga Indonesia dan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 5 September 2019.

" Meminta maaf sebesar-besarnya kepada suporter Malaysia pada umumnya dan khususnya korban kekerasan yang dilakukan sebagian suporter Timnas Indonesia," tulis Paguyuban Suporter Timnas Indonesia, Jumat, 6 September 2019.

Selain meminta maaf ke pendukung timnas Malaysia, pendukung timnas Indonesia juga meminta maaf ke Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq yang hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Para suporter juga mengajak pemangku kepentingan sepakbola untuk membuat payung hukum bagi pendukung sepakbola. Dengan payung hukum tersebut diharapkan penanganan pendukung sepakbola dapat edukatif dan komprehensif.

Sementara itu, dilaporkan Liputan6.com, pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy menyesalkan keributan antarpendukung. McMenemy mengaku bingung dengan ulah pendukung timnas Indonesia yang melukai pertandingan.

" Suporter Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Akan tetapi, jika ada persoalan mereka bisa menjadi yang terburuk," ujar McMenemy usai laga.

" Sulit untuk membicarakan suporter karena hal tersebut bukan sesuatu yang bisa saya kendalikan. Namun saya tidak bisa menjadikan itu alasan untuk kekalahan ini karena kedua tim terganggu dengan sikap suporter," kata dia.

2 dari 5 halaman

Kontroversi Pendukung Timnas Indonesia Disorot Media Asing

Dream - Indonesia berhadapan dengan Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Indonesia takluk atas Malaysia di pertandingan perdana di grup G ini dengan skor 2-3.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Malaysia membalikkan keadaan. Sempat tertinggal 2-1, Malaysia berhasil menang dramatis di akhir babak kedua.

Tetapi, ada catatan lain dalam pertandingan tersebut. Foxsportasia, menyoroti koreografi di tribun penonton. Tulisan kasar `F word` yang ditujukan ke suporter Malaysia diduga memancing keributan.

Keributan antarsuporter itu memaksa wasit menghentikan pertandingan saat skor masih 2-2. Laga kembali berjalan setelah lima hingga tujuh menit dihentikan.

Di sisa laga itulah Mohammadou Sumareh berhasil mencetak gol kemenangan Malaysia.

 Tifo timnas Indonesia memicu amarah (Foto: Foxsport Asia)

Tifo timnas Indonesia memicu kontroversi (Foto: Foxsport Asia)

3 dari 5 halaman

Suporter Timnas Malaysia Dievakuasi

Dilaporkan Liputan6.com, usai laga, keributan kembali terjadi. Suporter timnas Malaysia terpaksa dievakuasi dari tribun barat SUGBK. Kondisi ini karena hingga pukul 22.30 WIB, pendukung timnas Malaysia belum bisa keluar dari stadion.

Pendukung timnas Malaysia turut menjadi korban perilaku negatif suporter Timnas Indonesia di tribune barat SUGBK. Mereka dilempari botol hingga smoke bomb atau bom asap sehingga harus dievakuasi ke lorong pemain SUGBK.

Di dalam kerumunan suporter Timnas Malaysia, terlihat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman berdiri di tengah-tengah mereka. Menteri berusia 26 itu turut dievakuasi bersama Ultras Malaya.

4 dari 5 halaman

Timnas Indonesia vs Malaysia, Mantan Pelatih Luis Milla Kirimkan Doa

Dream - Mantan pelatih timnas Indonesia, Luis Milla masih memberi perhatian. Jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022, Milla membagikan dukungannya di Twitternya @Luismillacoach.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia malam nanti, pukul 19.30 WIB, akan menghadapi Malaysia. Digelar di Stadion Gelor Bung Karno, pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia akan disiarkan langsung oleh TVRI.

" Aku berharap semoga timnas Indonesia beruntung di laga kualifikasi Piala Dunia Fifa. Ayo Indonesia!" tulis Milla, Kamis, 5 September 2019.

Milla pernah menjadi pelatih timnas Indonesia sejak 2017 hingga 2018. Dia mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2017.

Meski, `baru` meraih prestasi itu, Milla disukai penggemar dan pemain Timnas Indonesia. Alasannya, taktik dan permainan yang disajikan Milla lebih menawan dari pada pelatih-pelatih sebelumnya.

Umpan bola pendek dan panjang, dari kaki ke kaki begitu atraktif. Tapi, permainan dan pendekatan itu tak panjang lantaran kontrak Milla diputus PSSI.

Sontak unggahan ini membuat sejumlah pendukung Indonesia turut berkomentar.

" Coach Milla walaupun sudah gak latih Timnas Indonesia tapi nggak pernah lupain dong, berarti masih ngikuti perkembangan timnas kita, tiap ada turnamen selalu kasih support. Miss you, coach," tulis seorang warganet.

" Terima kasih coach, semoga suatu hari Anda melatih timnas lagi, Amin," kata warganet lainnya.

" Thank you coach, marai (bikin) gagal move on," ujar dia.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia vs Malaysia Hari Ini, Ayo Tim Garuda

Dream - Timnas Indonesia akan menjalani kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2022 Grup E zona Asia. Pada laga awal, tim asuhan Simon McMenemy ini akan menghadapi musuh bebuyutan, Malaysia.

Jadwal pertandingan Timnas yang direncanakan berlangsung di stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, hari ini, Kamis, 5 September 2019  itu diprediksi berlangsung sengit.

Para Garuda Indonesia yang merupakan Timnas Senior ini akan bermain sampai titik darah penghabisan untuk meraih kemenangan.

Selain Malaysia, Timnas Indonesia akan bersaing dengan tim berat seperti, Uni Emirate Arab, Vietnam, dan Thailand.

Pertandingan Timnas Indonesia penuh gengsi itu dapat pula disaksikan di TVRI dan Mola TV.

Pertandingan akan berlangsung pada Kamis, 5 September 2019 pukul 19.30 WIB.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone