Inilah Macam-Macam Gaya Renang Lengkap dengan Teknik dan Gambarnya

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 1 Agustus 2019 11:24
Inilah Macam-Macam Gaya Renang Lengkap dengan Teknik dan Gambarnya
Adakah dari kalian yang suka dengan renang? Atau baru mau memulainya? Yuk simak informasi mengenai macam gaya berenang beserta gambarnya berikut ini.

Dream – Siapa yang suka dengan olahraga renang? Selain tak mengeluarkan keringat karena menghabikan waktu di dalam air, berenang membantu kita menjaga kesehatan karena seluruh tubuh kita aktif bergerak.

Olahraga berenang tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa saja. Banyak anak kecil bahkan bayi suka dengan olahraga ini. Tak heran beberapa orang tua banyak yang mendaftarkan anaknya mengikuti kelas berenang.

Selain menyenangkan karena bisa bermain air, aktivitas berenang pada anak bisa memberikan sejumlah manfaat yang sangat bagus untuk pertumbuhan fisik dan motorik mereka.

Sebelum belajar berenang, sebaiknya kalian terlebih dahulu kalian mengenali macam gaya renang. Teknik berenang ini bisa disesuaikan dengan tingkat kemampuan yang dimiliki.

Penasaran kan dengan macam gaya renang apa saja yang ada? Yuk simak informasi yang dream lansir dari Perpustakaan Indonesia berikut ini.

1 dari 5 halaman

Macam Gaya Renang: Gaya Renang Dada

Teknik berenang pertama adalah gaya dada atau biasa disebut dengan gaya katak. Sesuai dengan julukannya, teknik gaya renang dada mirip seperti katak yang sedang berenang.

Kekuatan yang digunakan untuk melakukan gaya dada adalah tangan dan kaki. Dengan dua alat tubuh ini, kamu bisa mendorong tubuh ke depan serta mendorong ke bawah pada saat kepala melakukan pernafasan di atas air.

 Inilah Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya

(Foto: Perpustakaan Indonesia)


Bagi kalian yang menginginkan renang dengan santai, gaya renang dada akan sangat cocok. Kecepatan yang dikeluarkan pada saat melakukan gaya dada lebih rendah daripada menggunakan gaya bebas.

Gaya ini juga sangat cocok untuk diajarkan kepada si kecil di rumah.  

2 dari 5 halaman

Macam Gaya Renang: Gaya Renang Bebas

Macam gaya renang selanjutnya adalah gaya renang bebas. Tentu saja kalian sudah pernah melihat gaya renang ini sebelumnya sebab disetiap perlombaan apapun itu akan menggunakan gaya bebas ini.

Renang gaya bebas merupakan teknik  berenang yang menggunakan kebebasan tangan serta kaki untuk melakukan gerakan. Namun, kebebasan dalam bergerak tersebut harus disertai dengan badan kalian yang bisa meluncur dengan cepat.

 Inilah Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya

(Foto: Perpustakaan Indonesia)


Meskipun menggunakan gerakan bebas, gaya renang bebas punya aturan yang harus diataati para perenang khususnya mereka yang profesional.

Pada saat melakukan gaya renang bebas, posisi badan harus berada di atas permukaan dengan tangan yang mengayuh kedepan serta kaki yang menendang seperti gerakan menggunting.

3 dari 5 halaman

Macam Gaya Renang: Gaya Renang Kupu-Kupu

Bagi para pemula, untuk dapat melakukan gaya renang kupu-kupu akan mengalami kesulitan. Teknik berenang ini membutuhkan perpaduan antara gaya dada dan gaya bebas.

Mirip gerakan lumba-lumba, gaya renang kupu-kupu berada menumpukan kekuatan pada lengan. 

 Inilah Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya

(Foto: Perpustakaan Indonesia)


Di sisi lain, gerakan kaki diharuskan lurus rapat dan ikut bergerak sesuai dengan alur gerakan badan. Jika dipermudah kembali, gerakan kaki pada gaya renang kupu-kupu ini sama seperti gerakan kaki putri duyung atau saat kalian sedang diving dan snorkeling.

Kecepatan yang dihasilkan oleh gaya renang kupu-kupu ini lebih cepat daripada gaya renang bebas.

4 dari 5 halaman

Macam Gaya Renang: Gaya Renang Punggung

Teknik berenang lselanjutnya adalah gaya renang punggung. Dalam melakukan teknik gaya renang punggung ini, kalian diharuskan unutk mengambil posisi terlentang.

Untuk gerakan kaki dan tangan, pada gaya punggung memiliki gerakan yang sama seperti gaya renang bebas. Kelebihan dari gaya renang punggung ini adalah kalian bisa mengambil nafas kapan saja.

 Inilah Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya

(Foto: Perpustakaan Indonesia)


Sebenarnya, posisi ini bisa dilakukan dengan mudah sebab tubuh secara otomatis akan mengambang dengan sendirinya walaupun dengan posisi terlentang. Namun, untuk melakukannya memang sedikit susah bagi para pemula.

Dengan seringnya berlatih, kalian juga pasti akan bisa melakukan gaya renang punggung ini.

5 dari 5 halaman

Macam Gaya Renang: Gaya Renang Anjing dan Gaya Renang Samping

Pasti sebagian besar kalian jarang sekali melihat perenang menggunakan kedua gaya renang ini. Gaya renang anjing dan gaya renang samping memang bukan gaya rennag yang diikutsertakan dalam perlombaan apapun. Namun, jika kalian melatih kedua gaya renang ini akan menambah kemampuan kalian dalam berenang.

Untuk gaya anjing kalian bisa menirukan bagaimana cara anjing berenang dengan kepala berada diatas air serat tangan dan kaki yang melakukan gerakan seperti anjing berenang.

Sedangkan untuk gaya renang samping, kalian bisa menggunakan sisi bagian samping tubuh untuk melakukan aktivitas berenag.

(Sumber: Perpustakaan Indonesia)

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi