8 Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan, Cara Mudah dan Murah Dapatkan Kebugaran Jasmani

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 13 April 2022 16:12
8 Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan, Cara Mudah dan Murah Dapatkan Kebugaran Jasmani
Jalan cepat adalah olahraga yang paling mudah, murah, dan bisa dilakukan di mana saja.

Dream – Untuk menjaga pola hidup yang sehat, selain harus memperhatikan makanan dan waktu istirahat, Sahabat Dream juga jangan lupa melakukan olahraga. Aktivitas ini sangatlah penting untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Meskipun kamu memiliki waktu yang padat, setidaknya usahakan untuk menyisihkan waktu berolahraga. Misalnya di pagi hari, sore hari, atau malam hari.

Salah satu olahraga yang mudah, murah, dan tanpa menggunakan peralatan adalah jalan cepat. Sahabat Dream bisa melakukannya pada pagi hari sembari menghirup udara segar, atau pada sore hari di sekitar komplek rumah.

Ada berbagai manfaat jalan cepat yang bisa sahabat Dream dapatkan jika melakukannya secara rutin. Di mana aktivitas ini akan mempertahankan kecepatan supaya jantung dan paru-paru bisa lebih terlatih dan tertantang.

Setidaknya kamu bisa menyisihkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan jalan cepat. Dan usahakan agar bisa melakukan olahraga tersebut selama 150 menit dalam seminggu.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat jalan cepat sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui bola.com.

1 dari 4 halaman

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan© Freepik.com

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jalan cepat yang pertama adalah menurunkan berat badan. Ini cocok sekali bagi sahabat Dream yang berniat menurunkan berat badan secara mudah dan murah. Jika aktivitas ini kamu lakukan secara rutin, maka seiring berjalannya waktu mampu membakar kalori dalam jumlah yang banyak dan meningkatkan massa otot tanpa lemak.

Di samping melakukan jalan cepat, tetap atur pola makan yang baik ya, sahabat Dream. Agar usaha diet yang kamu lakukan bisa berjalan secara optimal.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat jalan cepat juga bisa untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena dengan jalan cepat bisa membantu untuk memperbaiki sensitivitas insulin di dalam tubuh. Artinya, sel yang ada dalam otot akan lebih mampu untuk menggunakan insulin dalam mengubah glukosa menjadi energi, sebelum atau sesudah melakukan olahraga. Jadi, olahraga yang sederhana ini bisa kamu jadikan sebagai rutinitasmu ya, sahabat Dream.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital yang harus selalu dijaga kesehatannya. Hal ini karena jika jantung mengalami masalah, maka bisa berakibat fatal. Melalui penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa jalan cepat selama lima hari dalam seminggu bisa menurunkan dari risiko penyakit jantung.

Perlu kamu ketahui bahwa olahraga kardio bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah jika pelaksanaannya dilakukan secara rutin. Jadi, usahakan meluangkan waktu untuk melakukan olahraga jalan cepat ini ya, sahabat Dream.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat jalan cepat berikutnya adalah menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi tentu saja berpengaruh pada kesehatan. Kondisi tersebut bisa memicu hadirnya penyakit seperti stroke. Namun jika sahabat Dream melakukan olahraga kardoo secarata rutin, maka bisa menurunkan tekanan darah. Akan lebih maksimal jika kamu juga mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan© Freepik.com

Bisa Dilakukan dengan Aktivitas Lain

Kelebihan dari melakukan olahraga jalan cepat adalah bisa sembari menjalani aktivitas lainnya. Jadi, sahabat Dream bisa melakukannya di mana saja. Sebagai contoh adalah saat kamu hendak pergi ke sekolah atau ke kantor, bisa dengan berjalan menuju halte. Lalu saat belanja ke pasar, bisa dengan jalan kaki juga. Rutinitas jalan kaki seperti sangat baik jika terus dibiasakan, sekaligus menurunkan ketergantungan kita pada kendaraan yang menghasilkan polusi udara.

Bisa Dimodifikasi agar Tidak Bosan

Mungkin jika sahabat Dream melakukan jalan kaki dengan cara seperti itu-itu saja akan membuatmu cepat bosan. Tapi jalan cepat bisa kamu modifikasi lho, sahabat Dream. Misalnya saja dengan menyelingi aktivitas itu dengan jalan kecepatan tinggi dalam waktu lima menit, lalu berjalan biasa selama tiga menit. Setelah itu, ulangi kembali sekitar 30 menit untuk membakar kalori dalam jumlah yang lebih banyak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan

Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan© Freepik.com

Mengurangi Nyeri Sendi

Manfaat jalan cepat yang tak kalah hebat adalah bisa mengurangi nyeri sendi. Terutama yang terjadi di bagian sendi panggul dan lutut. Manfaat tersebut bisa dirasakan jika olahraga jalan cepat dilakukan secara rutin. Di mana ketika melakukan jalan cepat, maka pelumas pada sendi yang diproduksi ketika bergerak bisa membuat otot di sekitar sendi menjadi kuat.

Nah, bagi orang yang menderita arthritis, maka dianjurkan untuk melakukan jalan cepat demi mengurangi rasa nyerinya. Jika aktivitas ini dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu, maka hal tersebut bisa mencegah dari arthritis.

Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat jalan cepat tidak hanya baik bagi kesehatan fisik saja, tetapi juga baik untuk kesehatan mental. Di mana melalui studi yang dilakukan membuktikan bahwa jalan cepat bisa membuat rasa percaya dirimu semakin baik. Selain itu, kualitas tidur dan kekuatan otak juga menjadi lebih baik. Jika kondisinya seperti itu, maka kesehatan mental sahabat Dream pun akan terjaga dengan baik.

Beri Komentar