Piala Dunia U-20 di Indonesia Tetap Digelar Tahun Depan

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 19 September 2020 07:00
Piala Dunia U-20 di Indonesia Tetap Digelar Tahun Depan
Sejauh ini belum ada keputusan dari FIFA untuk perubahan jadwal.

Dream - Event Piala Dunia U-20 di Indonesia yang digelar tahun depan dipastikan masih akan tetap berjalan sesuai rencana. Gelaran olahraga itu dijadwalkan terselenggara pada 20 Mei-21 Juni 2021.

" Kepastian ini merujuk pada keputusan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) yang menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah," ujar Juru Bicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, dikutip dari Liputan6.com.

Angkie mengatakan Indonesia tidak punya kewenangan untuk mengubah agenda penyelenggaraan acara. Perubahan jadwal hanya bisa diputuskan oleh FIFA.

Ke depan, Pemerintah akan terus berkomunikasi dengan FIFA dan memantau perkembangan yang terjadi. Termasuk kemungkinan penyelenggaraan U-20 di tengah pandemi Covid-19.

" Maka, jika tidak ada perubahan jadwal, Pemerintah terus mempersiapkan ajang Piala Dunia secara optimal dengan mengacu pada langkah Presiden yang telah mengeluarkan Keppres Nomor 19 Tahun 2020 sebagai petunjuk susunan kepanitiaan yang terdiri dari panitia pengarah dan panitia pelaksana," kata Angkie.

 

1 dari 2 halaman

Regulasi Sudah Terbit

Keppres tersebut didukung Inpres Nomor 8 Tahun 2020 mengenai pembagian tugas penyelenggaraan mulai kementerian, TNI, Polri, Badan Pemeriksa Keuangan, Jaksa Agung, hingga pemerintah daerah. Dua aturan tersebut sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada Selasa lalu.

" Regulasi ini mendorong jajaran kepanitiaan yang ditunjuk langsung bergerak, terutama mempersiapkan tempat latihan para kontingen dan venue pertandingan," ucap dia.

 

2 dari 2 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Nantinya, kata Angkie, penyelenggaraan event olahraga ini akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

" Disiplin untuk menjamin kenyamanan bagi seluruh kontingen maupun pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung selama perhelatan berlangsung," kata Angkie.

Sumber: Liputan6.com/Delvira Hutabarat.

Beri Komentar