Sorotan Gempita Media Asing Sambut Kemenangan Piala Thomas Indonesia

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 18 Oktober 2021 11:00
Sorotan Gempita Media Asing Sambut Kemenangan Piala Thomas Indonesia
Piala Thomas akhirnya bisa dibawa pulang ke Tanah Air setelah 19 tahun lamanya di luar negeri.

Dream - Tim bulu tangkis Indonesia kembali membuat bangga. Setelah banyak menyumbang medali di Olimpiade Tokyo, kali ini para atlet dari cabang olahraga kebanggaan itu membawa pulang Piala Thomas yang telah 19 tahun berkelana di antara negara anggota BWF. 

Kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020 ditentukan oleh empat pebulu tangkas andalan. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, dan Jonathan Christie. Fajar dan Ardianto bermain di cabang beregu.

Anthony dan Jojo berjuang keras mengalahkan lawan masing-masing di babak final Tunggal Putra yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. Demikian pula, Ganda Putra Fajar/Ardianto berhasil menghentikan serangan lawan pada final yang digelar Minggu, 17 Oktober 2021.

Piala Thomas akhirnya dipastikan kembali ke Tanah Air setelah partai ketiga dimenangkan oleh Jonathan Christie yang harus melakoni laga rubber set. Skor 3-0 untuk tim Piala Thomas Indonesia membuat gempita stadion tersebut.

Kesuksesan ini segera menjadi bahan pemberitaan karena masa penantian Indonesia membawa pulang Piala Thomas berakhir sudah.

Bahkan, media asing turut memberitakan kesuksesan Indonesia memulangkan Piala Thomas ke Tanah Air.

1 dari 3 halaman

Straits Times

Media berbasis di Singapura ini memberitakan kemenangan Tim Bulutangkis Indonesia di ajang Piala Thomas 2020 dengan cukup epik.

Straits Times melaporkan rasa sakit dan kesedihan Indonesia selama hampir dua dekade terbayar lunas.

Media itu menuliskan momen Piala Thomas 2020 menjadi momen untuk ke-20 kalinya Indonesia masuk final serta mencatat rekor ke-14 kali menjadi juara ajang bergengsi tersebut.

Kemenangan terakhir Indonesia diraih pada 2002, kemudian kalah dari China pada 2010 dan Denmark pada 2016.

 

2 dari 3 halaman

Sportstar

Sportstar turut mewartakan kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020. Kemenangan tersebut menjadikan Indonesia berhasil meraih gelar juara ke-14 kalinya.

Kemenangan disumbang oleh Anthony di Tunggal Putra. Dia berhasil mengalahkan Lu Guangzu asal China di babak rubber dengan skor akhir 18-21, 21-14, 21-16.

Fajar/Ardianto juga sukses menekuk perlawanan Ganda Putra China, He Jiting/Zhou Haodong. Fajar/Ardianto meraih kemenangan hanya dalam dua set dengan skor akhir 21-12. 21-19.

Posisi kemenangan Indonesia ditegaskan oleh Jojo. Pebulutangkis berbadan atletis ini mampu menghentikan serangan atlet China Li Shifeng pada babak rubber dengan skor akhir 21-14, 18-21, dan 21-14.

 

3 dari 3 halaman

ESPN

ESPN tak mau ketinggalan mengabadikan momen kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020. Sebab, momen ini cukup bersejarah tidak hanya untuk Indonesia namun untuk dunia bulutangkis.

Media olahraga ini melaporkan Indonesia berhasil mengalahkan China dengan skor 3-0 untuk semua partai. Di ajang ini, untuk pertama kalinya sejak 19 tahun lalu Indonesia berhasil menjadi Juara Piala Thomas.

Secara gelar di Piala Thomas, Indonesia dilaporkan masih unggul dari China. Kemenangan di ajang ini merupakan gelar ke-14 Indonesia selama terjun di Piala Thomas sebanyak 20 kali.

Sementara bagi China jika menang, juara di ajang ini menjadi gelar ke-7 selama mengikuti Piala Thomas ke-9 kalinya.

Beri Komentar